Sejarah Singkat “Universitas Negeri Medan”

Ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi? Dan kebetulan Anda tinggal di Medan? Jangan khawatir, Universitas Negeri Medan bisa menjadi pilihan favorit untuk Anda sekalian. Banyak alasan mengapa harus memilih Universitas Negeri Medan ini, seperti sudah terakreditasi A, terdapat banyak juruan non pendidikan, biaya kuliahnya sangat terjangkau dan banyak alasan lainnya. Selain berbagai alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas Negeri Medan” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas Negeri Medan”

  • Singkatan/sebutan: Unimed
  • Status: Negeri
  • Alamat: Jalan Willem Iskandar, Pasar V, PO. Box 1589, Medan Estate, Medan 20221, Sumatera Utara
  • Telepon: (061) 6636730, 6613276, 6618754, 6613365

Sejarah “Universitas Negeri Medan”

Sejarah Singkat “Universitas Negeri Medan”
Universitas Negeri Medan (Foto: perkuliahankaryawan.com)

  • Didirikan: Tahun 1955.
  • Pendiri: Prof. Ani Abbas Manoppo S.H., G. Sianipar, dan R.M Simanjuntak (Yayasan Universitas Sumatera Utara).

Pada tahun 1955 didirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang dipelopori Prof. Ani Abbas Manoppo SH., G. Sianipar, dan RM Simanjuntak (Yayasan Universitas Sumatera Utara), yang bertujuan mendidik calon guru SMP dan SMA. 

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Medan Area”.

Pada awalnya PTPG membuka jurusan: Bahasa Inggris, Ilmu Pendidikan, Ilmu Pengetahuan Masyarakat/Civic Hukum, dan Pendidikan Jasmani.

Tahun 1957, PTPG bersama Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pertanian bergabung membentuk sebuah perguruan tingi negeri, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU). Sejak itu pula PTPG-USU dipindahkan menjadi FKIP USU.

Pada tahun 1964, FKIP-USU dipindahkan dari USU menjadi IKIP Jakarta Cabang Medan, dengan mengasuh 4 fakultas: Ilmu Pendidikan, Keguruan Sastra Seni, Keguruan Sosial, Keguruan Ilmu Eksakta. 

Pada tahun 1965 dengan Keputusan Presiden RI No.276/1965 tanggal 15 Maret 1965 IKIP Jakarta Cabang Medan resmi berdiri sendiri dengan nama IKIP Medan, dan tahun 1998 berubah menjadi Universitas Negeri Medan.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Negeri Medan”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Negeri Medan”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Negeri Medan”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel