Sejarah Singkat “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”

Memilih kampus perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tidaklah mudah, bahkan salah pilih jurusan atau kampus, malah bisa-bisa tidak betah dan malas-malasan saat kuliah. Nah, kali ini ada perguruan tinggi swasta yang harus Anda pilih, yaitu Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), memang kampus ini identik dengan Senayan dan juga musik, karena banyaknya band-band yang sering diundang bermain di kampus tersebut. Terlepas dari suasana kampus tersebut yang menyenangkan, tidak ada salahnya kali ini disampaikan tentang sejarah singkat “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi ini.

Informasi tentang “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”

  • Singkatan/Sebutan: UPDM (B)
  • Status : Swasta
  • Alamat : Jl. Hang Lekir I / 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Telepon : (021) 7220269
  • Website : https://www.moestopo.ac.id

Sejarah “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”

Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo tak lepas dari pendirinya yaitu Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo dan Ny. R.A. Soepartin Moestopo, yang merintis mulai dari Kursus Tukang Gigi “Dr. Moestopo”, kini Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dengan mengelola empat Fakultas dan satu Program Pascasarjana beserta Koordinatorat Lembaga-lembaga Pengabdian Yayasan Universitas Prof. Dr.Moetopo kepada Pemerintah R.l lengkap dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

Sejarah Singkat “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) (Foto: ayokuliah.id)

Kronologis berdirinya yayasan: pada tahun 1950 Kolonel drg. R. Moestopo yang menjabat Kepala Bagian Bedah Rahang RSPAD - mendirikan Kursus Tukang Gigi. Pada tahun 1952 lahir Kursus Kesehatan Gigi “Dr. Moestopo” di rumah pribadi sebagai sebuah lembaga pendidikan (sekolah). 

Tahun 1957, kursus dikembangkan menjadi Kursus Tukang Gigi Intelek “Dr. Moestopo” dan muridnya harus lulus SMP dan menjalani pendidikan minimal satu tahun. Tahun 1958 dikembangkan menjadi Dental College “Dr. Moestopo” dengan dua jurusan yaitu : Sekolah Dentis, dan Sekolah Tukang Gigi Menengah.

Baca juga: Sejarah Singkat “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas”.

Tahun 1959 dikembangkan menjadi Akademi Perawat Gigi “Dr. Moestopo” Perguruan Tinggi Swasta beserta Dental College “Dr. Moestopo” pada tahun 1960 ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran Gigi.

Bersamaan dengaan adanya status Lembaga Perguruan Tinggi ini kehadiran FKG adalah merupakan embrio Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Pada tahun-tahun selanjutnya didirikan dan dikembangkan pula Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Sosial dan Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Pertanian, Fakultas Ushuludin dan Fakultas Publistik. Kampus terletak di Jalan Hang Lekir I No.8 Kebayoran Baru. 

Pada tahun 1961 Dr. Moestopo mendapat gelar akademis Profesor beserta Dr. Ouw Eng Liang dari Universitas Indonesia. Pada 15 Pebruari 1962 resmi Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo didirikan berdasarkan Akte Notaris R. Kadiman No. 62 sebagai Badan Sosial yang bertujuan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui bidang Pendidikan, Kesehatan, agama, riset ilmiah, pertanian, penerangan, teknologi, pembangunan masyarakat desa, hubungan luar negeri, bimbingan dan penyuluhan mental (reclasering).

Yayasan UPDM yang mengelola Universitas Prof. Dr. Moestopo menambahkan kata (Beragama) dibelakangya pada tahun 1966 yang intinya merupakan pengejawantahan sila pertama dari Falsafah negara kita Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, yang selanjutnya oleh Prof. Dr. Moestopo dinamakan Kampus Merah Putih pada tahun 1970. Fakuktas Kedokteran, Fakultas Teknik Pertanian, dan Fakultas Ushluhudin dibekukan kegiatannya mengingat keşulitan sarana dan prasarana beserta SDM profesional yang memadai.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel