Investasi Emas

Jaman semakin berkembang, begitu pula dengan dunia investasi. Banyak sekali pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya dengan memilih investasi emas. Sejak jaman dahulu kala sampai saat ini emas sudah menjadi salah satu instrumen investasi aset riil yang menjadi pilihan banyak kalangan, khususnya kaum wanita.

investasi-emas
Ilustrasi investasi emas (Gambar: writersevoke.com)

Di samping sebagai sarana investasi, ternyata emas juga bisa dipergunakan seagai perhiasan dan juga sebagai sarana pamer untuk menunjukkan tingkat sosial individu di lingkugan sekitar dimana seseorang itu tinggal.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Untuk Berinvestasi Emas

Bila Anda ingin menjadi seorang investor jangka panjang, maka bisa dikatakan emas menjadi pilihan instrumen investasi yang menjanjikan. 

Selain itu, berinvestasi dalam bentuk emas juga relatif lebih aman dari peluang dipermainkan oleh investor besar atau para spekulan.

Baca juga: Mewujudkan Kebebasan Finansial dengan Investasi Saham,

Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga emas, antara lain:

  • Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat 

Perubahan harga emas di Indonesia sangat berhubungan dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini disebabkan, harga emas dinyatakan dalam satuan dolar AS berdasarkan harga pasaran emas dunia yang berpusat di London Metal Exchange.

Jadi bisa dikatakan harga emas dan kurs dolar AS berbanding terbalik, artinya jika kurs dolar melemah maka harga emas akan naik, sebaliknya jika kurs dolar naik, maka harga emas akan turun.

  • Tingkat Inflasi

Harga emas juga sangat dipengaruhi oleh tingkat inflasi. Semakin tinggi tingat inflasi, maka biasanya semakin tinggi pula kenaikan harga emas.

Jadi bisa dikatakan bahwa emas merupakan instrumen investasi yang anti atau tahan inflasi. Maka banyak investor yang menempatkan emas dalam komposisi portofolionya sebagai sarana lindung nilai (hedging) khususnya terhadap inflasi.

  • Kondisi Perekonomian

Peluang untuk berinvestasi di emas dapat menjadi alternatif pilihan bila tingkat stabilitas perekonomian suatu negara yang belum stabil seperti di Indonesia.

Masih ingat saat Indonesia mengalami krisis sekitar tahun 1997/1998 yang lalu, saat itu justru melakukan investasi di emas menjadi beruntung, bahkan investor emss bisa meraup keuntungan yang menggiurkan.

Investasi Emas Terbaik

Semakin menarik untuk menjatuhkan pilihan investasi pada instrumen seperti emas ini. Banyak sekali jenis-jenis emas yang bisa menjadi pilihan.

Terdapat beberapa jenis investasi dalam bentuk emas, antara lain:

  • Emas Perhiasan.

Investasi dalam bentuk emas perhiasan banyak sekali dilakukan oleh semua kalangan sejak jaman dahulu, khususnya oleh para ibu-ibu baik di desa mau pun di kota.

Bagi mereka yang menanamkan uangnya di emas, maka di samping sebagai sarana investasi juga menjadi perhiasan untuk dipakai.

Salah satu kelemahan dalam investasi pada emas perhiasan adalah selisih harga beli dengan harga jual yang sangat besar dimana jika membeli emas, harga belinya memasukkan ongkos pembuatan perhiasan tersebut, namun saat dijual lagi, ongkos pembuatan emas tersebut tidak diperhitungkan.

Selain itu, tingkat kemurnian emas juga sering berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain sehingga sering merugikan pembelinya.

Sebagai saran, belilah emas pada toko-toko yang bergaransi dan bersedia membelinya kembali dengan tingkat harga yang sama.

  • Koin Emas.

Koin emas adalah jenis investasi dalam bentuk emas yang bisa terhitung masih baru. Investasi pada koin emas juga bisa dihubungkan dengan koleksi barang-barang antik atau collectible items.

Investasi dalam koin emas antik dilihat bukan hanya dari kadar kemurniannya saja, akan tetapi lebih kepada nilai seni dan kelangkaan koin emas jenis tersebut. Harga yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga koin emas biasa yang hanya dinilai berdasarkan tingkat kemurniannya atau karatnya.

Bagi investor yang memiliki dana yang melimpah dan mengenal seluk beluk barang antik, maka investasi ini bisa menjadi alternatif pilihan menarik untuk jangka panjang.

  • Emas Batangan.

Bila dibandingkan dengan emas perhiasan, maka investasi emas batangan akan memberikan keuntungan yang lebih besar, selain itu juga tidak mengenal ongkos pembuatan, juga lebih aman dalam tingkat kemurniaan karena akan diberikan sertifikat keaslian tingkat kadar emasnya.

Investasi pada emas batangan ini sangat cocok untuk investor yang memiliki dana lebih besar, karena ukurannya jauh lebih besar bila dibandingkan dengan kon emas.

Itu dia sedikit informasi tentang investasi emas. Semoga bermanfaat, khususnya Anda yang ingin menjatuhkan pilihan investasinya pada emas.

Belum ada Komentar untuk "Investasi Emas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel