Jeruk Limau dan Manfaatnya

Anda pecinta siomay dan batagor? Kalau suka pada makanan khas Bandung ini, pasti sering melihat jeruk yang satu ini. Jeruk ini sering disajikan dan diletakkan di meja saji sebagai pelengkap bumbu kacang dan memiliki cita rasa yang asam dan sedikit pahit namun memiliki aroma segar yang menggoda. Dan akhirnya kali ini, yang dibahas adalah jeruk limau dan manfaatnya yang membuat Anda tidak menyia-nyiakan jeruk tersebut.

jeruk-limau-dan-manfaatnya
Jeruk limau

Jeruk limau memang sangat mudah didapat, apalagi di pasar harganya pun murah meriah. Dengan ciri khasnya yang unik, tentu saja jeruk limau sangat mudah dibedakan bila dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, seperi jeruk nipis dan jeruk bali.

Jeruk Limau adalah Jeruk yang Memiliki Kandungan Vitamin C Berlimpah

Sebagai pecinta kuliner tentu Anda sekalian sangat memahami tentang kenikmatan dan kesegaran jeruk limau. Maka tidak salah bila jeruk limau menjadi salah satu buah citrus yang sering digunakan sebagai penambah rasa dalam sajian makanan.

Tahukah Anda bila jeruk limau ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat berlimpah. Dari catatan yang terdapat dalam hellosehat.com, ternyata satu jeruk limau ini dengan diameter 5 cm sudah memenuhi kadar 32% kebutuhan vitamin C harian Anda.

Baca juga: Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Terdapat manfaat jeruk limau untuk kesehatan, antara lain:

1. Bisa untuk meremajakan kulit.

Berbagai masalah kulit yang sering dialami seseorang ternyata bisa diatasi dengan kandungan vitamin C dan flavonoid pada jeruk limau ini, seperti masalah radikal bebas dan juga mengurangi bekas kerutan yang ada di wajah. Selain itu, juga membantu memproduksi kolagen agar kulit menjadi lembut dan kenyal.

Yang menjadi catatan disini adalah jangan pernah mengoleskan jeruk limau langsung  ke kulit karena bisa mengakibatkan iritasi, apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

2. Bisa melancarkan pencernaan.

Jeruk limau yang mengandung flavonoid juga bisa meningkatkan produksi enzim yang sangat dibutuhkan untuk mengurai makanan dalam tubuh, yang menjadikan tubuh tidak memerlukan timbunan banyak sisa racun dan juga makanan.

Sifat asam yang dimiliki jeruk limau juga baik untuk Anda yang memiliki penyakit sembelit atau kontipasi, karena kondisi asam ini bisa meningkatkan sekresi air liur untuk memecah makanan sehingga bisa dicerna dengan baik oleh sistem pecernaan.

3. Bisa membantu menurunkan berat badan.

Diantara berbagai manfaat jeruk limau yang paling menarik adalah fungsinya yang menjadikan jeruk limau ini menjadi favorit dan paling dicari, yaitu fungsinya yang bisa mebantu untuk menurunkan berat badan.

Dengan kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk ini, ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menyimpan sedikit lemak dan juga membakar lebih banyak kalori.

4. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Jeruk limau dan juga buah citrus lainnya ternyata salah satu dari beberapa buah yang mengandung vitamin C yang tinggi yang bisa membantu sistem imun tubuh untuk melawan kuman penyebab flu.

5. Menjaga kesehatan jantung.

Siapa yang mengira buah kecil yang sering disepelekan ini ternyata memiliki kandungan mineral magnesium dan kalium yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Bahkan kalium adalah mineral yang bisa menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan sirkulasi darah, dan juga mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke.

6. Mencegah kanker.

Rutin mengonsumsi air limau ini ternyata bisa mengurangi risiko terkena kanker, kandungan antioksidan yang terkandung dalam jeruk limau ini bisa meningkatkan tumbuhnya sel sehat dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel kanker.

Semoga informasi kesehatan tentang “jeruk limau dan manfaatnya” ini bermanfaat dan menjadi referensi kesehatan untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Jeruk Limau dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel