Kisah Sukses Husnu M Ozyegin Berbisnis Keuangan

Kisah sukses yang satu ini, adalah kisah yang menarik, yang merupakan anak seorang dokter yang memiliki passion berbeda. Husnu M Ozyegin, sebelumnya bekerja di salah satu bank di Turki. Kisah sukses Husnu M Ozyegin berbisnis keuangan memang menarik, karena ia sukses mengembangkan bisnis keuangan dan perbankannya sendiri.

Kisah Sukses Pengusaha “Husnu M Ozyegin” Membangun Bisnis Impiannya

Husnu M Ozyegin lahir di Izmir,Turki pada tahun 1944. Ozyegin adalah nama panggilannya, setelah menyelesaikan sekolahnya di Sekolah Menengah Umum Amerika Serikat Robert College di Istambul, Ozyegin kemudian melanjutkan studinya ke Oregon State University Amerika Serikat di bidang teknik sipil, dengan biaya sendiri.

Tertarik dengan bidang keuangan, maka Ozyegin kemudian berkuliah di Universitas Harvard, maka tidak heran kemudian saat kembali ke Turki, Ozyegin memiliki 2 gelar sarjana.

Kisah Sukses Husnu M Ozyegin Berbisnis Keuangan
Husnu M Ozyegin (Foto: forbes.com)

Sepulangnya dari Amerika, Ozyegin kemudian ditawari sahabatnya untuk bekerja di sebuah bank, yaitu Pamukbank. Di bank ini, Ozyegin menunjukkan semangat kerjanya, dan tidak segan pula untuk memberikan ide-idenya demi kemajuan Pamukbank.

Atas prestasinya tersebut, Ozyegin kemudian dipromosikan sebagai general manajer. Tujuh tahun bekerja di Pamukbank, Ozyegin kemudian memutuskan pindah ke bank Yapi ve Kredi Bank, di bank ini Ozyegin memberikan kinerja yang sangat membanggakan. Dan dalam waktu singkat Ozyegin diangkat sebagai general maamjer.

Tiga tahun kemudian, Ozyegin kemudian melepas jabatannya dan beralih menjadi seorang pengusaha, yang kemudian mendirikan bank sendiri dengan nama ‘Finansbank’, dengan modal dari uang pinjaman dan hasil penjualan rumahnya.

Meski saat itu tengah terjadi krisis, namun Ozyegin tetap mempertahankan usahanya, berbagai strategi diterapkan, seperti melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga. Bahkan dengan kelihaiannya bisa menggaet salah satu bank besar di Prancis, yaitu BNP Paribas, yang mengantarkan Finansbank sukses mengelola aset miliaran dolar.

Dari bisnis perbankan, Ozyegin semakin memperluas gurita bisnisnya, yang dimulai dari pendirian Fiba Group, yaitu usaha yang bergerak di bidang penyediaan berbagai jasa keuangan, termasuk perbankan korporasi sampai memasuki bisnis ritel dengan membeli supermarket Gima, Endi, Spar dan Greens.

Tidak lama kemudian, Ozyegin mengakuisisi perusahaan Inggris, Marks & Spencer, dan juga membeli Bank Sakura. Tidak hanya itu, pada tahun 2005, Ozyegin juga membeli hotel bintang lima Swissotel di Istambul.

Hal mengagetkan terjadi sekitar April 2006, saat Ozyegin memutuskan menjual 46% saham Finasbank senilai USD 2,777 miliar pada salah satu bank tertua di Yunani. Meskipun begitu, lompatan bisnis Ozyegin masih tetap mengungguli, terbukti Finansbank semakin berkembang lebih dari 100 cabang yang tersebar di Turki dan negara-negara Eropa. Selain itu, Fiba Group mampu memayungi lebih dari 5 ribu karyawan dan juga berinvestasi di 20 negara.

Maka tidak mengherankan bila Ozyegin dinobatkan sebagai Businessman of the Year oleh Ekonomist, salah satu majalah Turki pada tahun 2000.

Tips Sukses Husnu M Ozyegin

Mengetahui kebiasaan orang sukses akan membuat kita berupaya agar bisa menjadi sukses. Di bawah ini terdapat beberapa tips sukses Husnu M Ozyegin, sebagai berikut:

1. Memiliki loyalitas dan totalitas dalam bekerja.

Semakin loyal seseorang dalam mengerjakan pekerjaan, maka akan semakin total dalam bekerja. Hal ini tercermin pula dengan Husnu M Ozyegin, kecintaannya dalam bekerja adalah hasil kerja keras sehingga bisa meniti keberhasilan.

2. Bisa bekerjasama dengan orang lain.

Dalam dunia entrepreneur, maka semakin banyak relasi yang dimiliki, semakin mudah kesuksesan tersebut dicapai.

Karakter ini ditunjukkan Ozyegin dalam membangun usahanya. Terbukti dengan kelihaiannya dalam menjalin kerjasama kepada siapa pun, membuatnya sukses membesarkan bisnis keuangan dan perbankannya.

3. Terus menerus memperluas jaringan usaha.

Saat perusahaan Anda mengalami pertumbuan yang signifikan, maka itu adalah waktu yang tepat untuk memperluas jaringan bisnis. Begitu pula dengan Ozyegin, saat ia berada di posisi puncak kesuksesan, secepatnya ia melakukan pembelian dan akuisisi perusahaan, yang membuat bisnisnya semakin besar.

4. Tetap sederhana, rendah hati dan peduli.

Tidak berubah sikap, meskipun sudah menjadi kaya adalah kunci seorang pengusaha untuk menjadi sukses. Hal ini pula yang dilakukan Ozyegin, meskipun menjadi seorang yang sukses dan kaya di Turki, namun Ozyegin tetap sederhana dan rendah hati.

Saya adalah orang kaya dari generasi pertama di keluarga, itu adalah sebuah kepuasan tersendiri. Menjadi orang yang sukses tidaklah mudah. Bertahan menjadi orang kaya yang mendapatkan kebahagiaan juga tidak mudah.” Husnu M Ozyegin.

Semoga informasi dan kisah sukses Husnu M Ozyegin berbisnis keuangan ini bermanfaat dan juga menjadi inspirasi bagi kita untuk meraih mimpi dan kesuksesan.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Husnu M Ozyegin Berbisnis Keuangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel