Getuk Pisang, Harum Gurih Makanan Khas Kediri

Kuliner  memang masih menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang menyukai kuliner. Begitu banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba, tidak hanya dicoba, namun mengeksplore-nya dengan berbagai tulisan dan video memang menjadi hal yang menyenangkan. Begitu pula kali ini, salah satu tulisan kuliner kali ini pun berjudul “getuk pisang, harum gurih makanan khas Kediri”. Mengapa Kediri? Karena getuk pisang ini merupakan makanan khas atau oleh oleh dari Kediri.

getuk-pisang-harum-gurih-makanan-khas-kediri
Getuk pisang khas Kediri (Dokumentasi pribadi)

Berbeda dengan makanan getuk lainnya yang biasanya dibuat dari singkong  atau ubi. Getuk pisang ini sesuai namanya maka terbuat dari pisang. Anda pasti sangat mudah menjumpai kuliner getuk yang satu ini bila akan melewati daerah Jombang, Pare atau daerah asalnya di Kediri. Rasanya yang lezat, ditambah bungkus daun pisangnya yang rapi dan bersih akan membuat Anda tertarik untuk mencoba dan membelinya. 

Sejarah Getuk Pisang Kediri

Banyak cerita menarik tentang getuk pisang ini. Sampai saat ini pun asal mula getuk pisang khas Kediri belum diketahui dengan pasti. Namun dari berbagai sumber dapat diketahui bahwa getuk pisang ini sudah ada sejak dulu kala. Bahkan tradisi dalam proses pembuatan dan proses pengolahan getuk pisang ini sudah berlangsung secara turun temurun.

Bahkan ceritanya, getuk pisang ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Kadiri dan menjadi kesukaan Dewi Sekartaji, yaitu putri dari kerajaan Jenggala  yang merupakan pecahan dari Kerajaan Kadiri. Bahkan ada mitos yang menyebutkan bahwa saking lezatnya getuk pisang ini yang membuat para dewa di kahyangan sampai rela turun ke bumi untuk mencicipi kenikmatan getuk pisang.

sejarah-getuk-pisang-kediri
Outlet penjualan getuk pisang khas Kediri (Dokumentasi pribadi)

Namun, selain informasi asal muasal tersebut di atas, ada juga yang menyebutkan bahwa kemunculan getuk pisang ini karena kisah kelam saat pendudukan Jepang. Saat itu, masyarakat Kediri diterpa kesulitan ekonomi yang membuat bahan makanan menjadi sulit ditemukan atau bisa dikatakan masyarakat Kediri mengalami krisis pangan, dari sinilah timbul ide untuk menjadikan olahan pisang menjadi getuk untuk bisa menyambung hidup.

Baca juga: Tahu Takwa, Tahu Kuning Asli Kediri.

Menurut Novi Bahrul Munib, yang saat itu menjadi Ketua Komunitas Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri, menjelaskan bahwa pada saat era penjajahan Jepang, di bantaran Sungai Brantas banyak tumbuh pohon pisang raja nangka. Dengan ukuran buahnya yang besar kemudian buah pisang ini diolah menjadi getuk untuk dikonsumsi.

Bahan Membuat Getuk Pisang 

Membahas tentang kuliner yang satu ini memang menarik, apalagi rasanya yang enak. Untuk membuat getuk pisang ini pun bahan yang digunakan tidak dari pisang sembarang pisang, namun dari jenis pisang raja nangka karena memiliki cita rasa yang khas  dengan rasa yang berbeda dengan pisang pada umumnya.

Getuk pisang dari bahan raja nangka ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, tentunya dengan tekstur yang agak keras yang membuat pisang ini tidak menjadi lembek saat dikukus.

Itu dia sedikit informasi tentang “getuk pisang, harum gurih makanan khas Kediri”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Getuk Pisang, Harum Gurih Makanan Khas Kediri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel