Jenis Plastik Tempat Minuman

Siapa yang tidak kenal dengan botol plastik yang sering dipakai sebagai wadah minuman. Pasti semua orang sering menggunakan botol tersebut, bahkan sering juga menggunakan kembali botol tersebut dengan mengisi ulang botol yang sudah dipakai dengan air putih. Rasanya saat ini kita masih belum bisa lepas dari yang namanya botol plastik wadah minuman. Namun terlepas sering digunakannya botol plastik dalam kehidupan sehari-hari, sepertinya kita pun harus mengenal tentang jenis plastik tempat minuman tersebut.

Botol plastik wadah minuman
 Botol plastik wadah minuman (Foto: images.lifealth.com)

Tidak jarang bahkan sering kita merasa sayang dan tergoda untuk memakai kembali botol plastik bekas wadah air minum yang sudah habis isinya, apalagi kalau botol-bogol tersebut masih terlihat bersih dan bagus. Namun sebenarnya terlepas penggunaannya dan masih tampak bersih, sangat disarankan untuk tidak memakainya kembali.

Mengenal Jenis Plastik Wadah Minuman

Bila diperhatikan, pada setiap AMDK (air minum dalam kemasan) terdapat tanda daur ulang berbentuk segitiga, juga terdapat angka di dalam segitiga dan kode huruf di bawahnya. Hal tersebut tanda bahwa kemasan dapat didaur ulang, sehingga tidak menjadi sampah plastik. Bahkan nantinya hasil daur ulang bisa menjadi benda lain yang bermanfaat, namun tidak untuk kemasan makanan.

Baca juga: Daur Ulang Sampah Anorganik.

The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat, membagi kode kemasan plastik menjadi enam jenis material, sebagai berikut:

  1. Jenis 1: PET/PETE (Poly Ethylene Terephathalate).
  2. Jenis 2: HDPE ( High Density Poly Ethylene).
  3. Jenis 3: PVC ( Poly Vinyl Chloride).
  4. Jenis 4: LDPE (Low Density Poly Ethylene).
  5. Jenis 5: Poly Propylene.
  6. Jenis 6: Poly Styrene.
  7. Jenis 7: Other (Yaitu jenis plastik lain selain ke 6 jenis plastik tersebut di atas).

Wadah AMDK yang beredar di masyarakat terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Kemasan sekali pakai. Misalnya wadah AMDK berbentuk gelas 240 ml, botol ukuran 330 ml dan botol ukuran 1500 ml. Wadah berbentuk gelas terbuat dari Poly Prophylene (PP), sedangkan yang botol terbuat dari Poly Ethylene (PET). Kedua jenis wadah minum dari plastik tersebut sudah memenuhi persyaratan peraturan pangan di Indonesia dan juga aman digunakan.
  2. Kemasan yang bisa dipakai ulang. Kemasan ini biasanya berbentuk galon dan botol gelas 380 ml. Botol galon terbuat dari plastik jenis Poly Carbonate (masuk jenis 7 atau Other). Kemasan tersebut dikembalikan untuk melewati proses pembersihan dan sanitasi untuk memastikan kebersihannya. Dan penggunaan botol galon tersebut juga ada batasannya yaitu 30 kali pemakaian saja.

Itu dia, sedikit informasi tentang jenis plastik tempat minuman. Semoga bermanfaat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Plastik Tempat Minuman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel