Tips Menghadapi Musim Pancaroba

Kalau dikatakan sudah mulai musim pancaroba, sepertinya sudah terjadi saat ini. Bagaimana tidak, cuaca yang cerah tiba-tiba turun hujan dengan sangat deras, apalagi ditambah dengan angin yang sangat kencang, setelah hujan baru terang kembali dan hujan lagi. Masa pergantian musim yang dikenal  dengan musim pancaroba memang sering mengkhawatirkan kita semua karena kerap mendatagkan berbagai penyakit. Maka tidak salah kalau kali ini disampaikan tips menghadapi musim pancaroba sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan di musim pancaroba.

Tips Menghadapi Musim Pancaroba
Menghadapi musim pancaroba (Foto: parenting.firstcry)

Pada umumnya musim pancaroba ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak menentu ditambah dengan berbagai penyakit yang muncul. Keluhan yang sering disampaikan adalah batuk pilek, influenza, demam, diare bahkan bisa muncul cacar air dan campak. Padahal penyakit seperti ini umumnya disebabkan bakteri atau virus yang sifatnya mudah menular. Dan membuat serangan penyakit semakin meluas di masyarakat.

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Saat Musim Pancaroba

Banyaknya serangan penyakit tersebut karena disebabkan alam telah memberi kondisi ideal bagi bakteri dan virus untuk berkembang biak, terutama bagi kita yang tinggal di daerah tropis, dimana suhu udara berkisar antara 30 sampai 34 derajat Celsius dan juga kelembaban udara yang mencapai 80%, begitu pula dengan hujan dan panas yang bisa datang silih berganti dalam satu hari.

Di sisi lain, cuaca yang tidak menentu bisa membuat tubuh tidak dalam kondisi prima. Daya tahan tubuh menurun drastis sehingga tidak mampu menangkal serangan penyakit. Masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan akan semakin rentan terhadap berbagai gangguan cuaca, apalagi pola hidup dan kondisi lingkungan yang tidak sehat.

Baca juga: Tips Mengatasi Flu di Masa Pancaroba.

Untuk menghadapi pergantian musim, maka mempersiapkan tubuh untuk menghadapi serangan berbagai penyakit bisa dilakukan dengan cara, antara lain:

  • Membiasakan untuk tetap hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan seluruh tubuh dan juga menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi sebagai asupan sehat bagi tubuh.
  • Tetap berolahraga. Saat hujan turun atau cuaca yang tidak mendukung, olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan.
  • Apabila tubuh terserang penyakit ringan, seperti batuk pilek, segera mengonsumsi obat-obatan yang aman. Obat batuk berbahan herbal terbukti efektif dan relatif aman untuk tubuh.

Semoga informasi dan tips menghadapi musim pancaroba tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda dalam menjaga kesehatan diri dan seluruh anggota keluarga.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghadapi Musim Pancaroba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel