Sukses Bisnis Putri Tanjung menjadi Entrepreneur Muda

Siapa menyangka sukses dalam bisnis bisa diraih dalam umur yang masih muda?. Banyak sekali anak muda yang bisa sukses di usia muda, namun jarang bisa terekspos media, hanya beberapa saja yang bisa diliput oleh media. Bisnis adalah suatu proses dan hanya orang tertentu saja yang bisa masuk dan membangun bisnis. Selain dibutuhkan kerja keras dan kesabaran dalam membangun bisnis. Proses yang panjang dan kesabaran menjadikan orang-orang lebih memilih menjadi karyawan untuk berada di zona nyaman. Kali ini kisah sukses bisnis anak muda, yaitu sukses bisnis Putri Tanjung menjadi entrepreneur muda, semoga bisa menginspirasi anak muda yang ingin membangun bisnis sesuai hobi dan passion yang dimilikinya.

Putri Tanjung, yang memiliki nama lengkap Putri Indahsari Tanjung, adalah Founder dan juga CEO dari Creativepreneur. Putri Tanjung adalah anak pertama dari dua bersaudara, putri dari pengusaha besar dan konglomerat Indonesia, Chairul Tanjung dan Anita Tanjung. Anak muda kelahiran Jakarta 22 September 1996 ini sudah dididik menjadi anak yang mandiri sejak kecil oeh orang tuanya, sehingga wajar meskipun orang tuanya konglomerat, Putri sudah terbiasa mandiri.

Berada di lingkungan keluarga konglomerat dan mendapatkan didikan menjadi seorang entrepreneur sejak kecil, menjadikan Putri Tanjung memiliki jiwa entrepreneur yang besar. Bahkan usaha atau bisnis yang dijalaninya tidak semudah dilalui, seperti kelihatannya, kegagalan juga pernah dihadapi anak pertama pasangan Chairul Tanjung dan Anita Tanjung.

Sukses Bisnis Putri Tanjung menjadi Entrepreneur Muda
Sumber gambar: Instagram @putri_tanjung

1. Sukses di Usia Muda

Bakat bisnis dari sang ayah yang merupakan pengusaha dan konglomerat Indonesia menurun pada gadis muda ini. Sejak usia 15 tahun, Putri Tanjung sudah memulai usaha kecil-kecilan dengan membuka sebuah bisnis EO (Event Organizer) bersama temannya. Bisnis yang dibukanya saat itu sebenarnya hanya sebagai ajang pembuktian bahwa dia bisa sukses tanpa menggunakan nama besar ayahnya.

Untuk mewujudkannya, pada tahun 2014, Putri sudah mengadakan berbagai event dengan mendatangkan tokoh bisnis, namun yang terjadi seminar yang diadakan menjadi kurang menarik, hal ini menjadikan Putri membuat Event Organizer sendiri, khusus untuk kewirausahaan untuk anak muda.

Dan pada umur 17 tahun, Putri sudah berani membangun bisnis EO dan sebuah agensi dengan nama “Creativepreneur Event Creator”.

2. Sukses adalah Mimpi Bisnis yang Harus Diraih

Begitu pula dengan Putri Tanjung, mimipinya untuk membangun sukses sendiri menjadikan anak muda ini berani menghadapi tantangan dan proses yang harus dilewati. Bahkan di salah satu event yang diadakannya pernah tidak mendapatkan sponsor dari perusahaan yang diajaknya. Creativepreneur menjadi sebuah mimpi Putri untuk membangun sebuah konsep bisnis yang difokuskan untuk anak muda, karena anak muda ini membutuhkan bisnis dengan banyak ide kreatif.
Baca Juga:
Saat ini untuk lebih mengembangkan Creativepreneur sebagai sebuah Event Organizer yang khusus mengemas acara untuk entrepreneur muda, maka acara yang diadakannya lebih menggunakan sebuah konsep yang inspiratif dan entertainment.

3. Cara Sukses Bisnis ala Putri Tanjung

Setiap pebisnis pasti memiliki cara tersendiri untuk sukses, dan setiap orang berbeda-beda. Begitu pula dengan Putri Tanjung sebagai anak muda yang memilih menjadi entrepreneur pasti mengalami jatuh bangunnya bisnis, dan proses yang harus dihadapinya. Terdapat tips sukses Putri Tanjung yang sempat dibagikannya dalam sebuah acara, antara lain:
  • Mengubah mindset hidup, dan kuncinya adalah creativity, innovation dan juga collaboration.
  • Memiliki 6 inovasi dan pola pikir, yaitu improve (semangat untuk memperbaiki), ignite (bisa selalu untuk memulai), identify (kemampuan untuk mengidentifikasi), invest (kemampuan berinvestasi dengan dana yang dimiliki), investigate (bisa memeriksa hasil) dan juga implement (melaksanakan inovasi) untuk mencapai sebuah tujuan.
  • Untuk sukses juga harus menjauhi 6 pola pikir negatif, yaitu hero mindset (pola pikir untuk bekerja sendiri tanpa memikirkan orang lain), role identification mindset (bekerja untuk memperlihatkan pencapaian mereka sendiri), order take mindeset (orang yang bisa bekerja hanya berdasarkan arahan atau petunjuk saja dan tidak memiiki inovasi), waterfall mindset (menyerah duluan sebelum memulai), quick & dirty mindset (hanya memikirkan hasil akhir dan bukan proses) dan component mindset (hanya fokus pada pekerjaan yang dipegang, saat itu tanpa melihat orang lain).
Selain ketiga hal penting di atas terdapat hal penting yaitu keahlian utama yang dibutuhkan pada tahun 2020 ini, yaitu:
  • Emotional inteligence.
  • Complex problem-solving.
  • Creativity.
  • Critical thinking.
  • Coordinating with others.
  • People management.
  • Service orientation.
  • Negotiation.
  • Judgment and decision making.
  • Cognitive flexibility.
Semoga sukses bisnis Putri Tanjung menjadi entreprenuer muda ini bisa menginspirasi anak muda masa kini, dan selalu tetap berkarya dan bersemangat dalam menghadapi proses bisnis.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel