Ide Kreatif Mengubah Pelepah Pinang Menjadi Piring Nasi

Bukan orang Indonesia kalau tidak memiliki ide kreatif. Ide kreatif muncul sehubungan dengan adanya gagasan, ide atau pun pemikiran yang berbeda dibanding orang lain. Bahkan di dunia bisnis pun dibutuhkan sebuah ide yang bisa membuat dan menghasilkan produk terbaik. Hal ini berlaku pula dengan warga di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, karena banyaknya bahan dan jumlah pohon pinang yang begitu banyak, sehingga muncul ide kreatif mengubah pelepah pinang menjadi piring nasi dan dan juga kotak nasi. Hal ini sengaja dilakukan untuk menjaga kelestarian alam dan juga untuk mengurangi penggunaan plastik dalam rumah tangga.

Banyak sekali hal yang bisa digunakan untuk memunculkan jiwa entreprenuer dan tujuan akhirnya memberikan kemakmuran bagi masyarakat sekitar. Munculnya ide dan gagasan untuk memanfaatkan bahan alami tersebut menjadi hal yang menarik. Kunci dalam hal ini, yang utama adalah peka terhadap masalah yang dialami bersama dan juga mencari solusi, selain itu peka terhadap lingkungan sekitar.

Ide Kreatif Mengubah Pelepah Pinang Menjadi Piring Nasi
Sumber gambar: detik.com

1. Ide Kreatif Usaha Pelepah Pinang

Berbicara tentang bisnis berarti berbicara tentang ide dan juga hal apa yang bisa dilakukan agar apa yang dilakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Hal inilah yang dilakukan warga di Musi, Banyuasin, yang mengubah pelepah pinang hingga dibuat menjadi barang yang berguna, yaitu piring nasi. Pohon pinang memang memiliki banyak kegunaan, mulai dari daun, batang sampai buah, seperti pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat. Selain lebih alami, juga bisa digunakan sebagai pengganti plastik.

Kalau dahulu, pelepah pohon pinang yang tidak terpakai ini akan langsung dibakkar oleh para petani, namun ide kreatif tersebut memberikan solusi yang menarik, sehingga pelepah pinang bisa dimanfaatkan warga untuk bahan kerajinan yang memiliki nilai jual.

2. Cara Ide Kreatif Mengubah Pelepah Pinang Menjadi Piring Nasi  

Setelah muncul ide, maka ide tersebut kemudian diaplikasikan dalam bentuk sebuah action dengan cara memulai memproduksi barang. Hal ini juga dilakukan warga Musi Banyuasin. Setelah memiliki ide untuk mengolah barang yang tidak terpakai, khususnya pelepah pinang, maka langkah selajutnya adalah mencari alat dan bahan pendukung sehingga produksi bisa dilakukan.

Baca Juga: Youtuber sukses yang berkarya dengan adobe.

Cara membuat piring dan kotak nasi dari pelepah pinang, antara lain:
  • Cuci sampai bersih pelepah pinang yang akan diolah.
  • Setelah itu pelepah yang sudah dicuci, kemudian dikeringkan.
  • Setelah kering, sebelum dicetak atau dipress, pelepah dibasahi terlebih dahulu agar tidak mudah robek.
  • Kemudian dipress selama tiga menit dengan suhu 130 derajat, dengan menggunakan mesin press untuk mengepres pelepah pinang seseuai dengan ukuran yang diinginkan
Piring nasi dan kotak nasi setelah diproduksi bisa langsung digunakan, yang menarik, produksi piring dan kotak nasi ini tidak diberikan warna tambahan, sehingga merupakan warna alami dari pelepah pinang. Untuk bahan pelepah pinang per lembar ukuran 25 cm dibeli dari petani dengan harga Rp 300 sampai Rp. 400 per lembar. Sedangkan piring dan kotak nasi yang sudah jadi, dijual dengan harga Rp. 1.500 sampai dengan Rp. 1.800 per biji.

Tidak mudah untuk memulai bisnis, namun dengan melihat peluang dan memiliki ide kreatif akan menjadikan peluang bisnis yang bisa memberikan kemanfaatan untuk diri sendiri dan juga masyarakat, begitu pula dengan ide kreatif mengubah pelepah pinang menjadi piring nasi dan juga kotak nasi. Semoga memberi manfaat sehingga bisa menginspirasi untuk memanfaatkan bahan dari alam yang bisa didapatkan di sekitar kita.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel