BERBISNIS HOBI, SEBUAH AKTIVITAS MENYENANGKAN DAN MENGUNTUNGKAN

Artikel kali ini tidak saya masukkan pada kategori tips bisnis atau pun hanya sekedar informasi, namun langsung saya masukkan pada kategori “opini”, karena banyak diantara kata-kata di bawah ini yang merupakan uneg-uneg saya atau pemikiran yang ingin disampaikan yang lama saya simpan, tentang berbisnis hobi, yaitu sebuah aktivitas menyenangkan dan menguntungkan. Memiliki bisnis sendiri memang sebuah harapan dan keinginan siapa pun, apalagi mereka yang pernah menjadi seorang karyawan. Namun banyak diantaranya yang terjun ke bisnis yang seadanya dan tanpa persiapan, sehingga pada ujung-ujungnya menyesal mengapa bisa masuk pada sebuah bisnis atau berusaha sendiri.

Memang saya sangat sepakat, kalau untuk memulai sebuah bisnis, mulailah dari hobi atau aktivitas yang menyenangkan, dan hal ini pula yang mendasari banyak mantan karyawan yang menjadikan sebuah hobi sebagai bisnis yang bisa mengumpulkan pundi-pundi uang. Begitu pula dengan anak muda saat ini, yang lebih memilih membuka usaha dengan hobi yang disukainya. Bahkan tidak hanya menjadi hobi, namun alasan passion juga menjadikan mereka lebih menyukai membuka usaha sendiri daripada menjadi seorang karyawan.

BERBISNIS HOBI, SEBUAH AKTIVITAS MENYENANGKAN DAN MENGUNTUNGKAN
Pertemuan para pecinta musang di sebuah kota

1. Berbisnis Sesuai Hobi

Memiliki sebuah hobi, apalagi hobi tersebut bisa menghasilkan tentu menyenangkan. Terdapat syarat yang harus dimiliki bagi seseorang yang ingin menjadikan hobi sebagai bisnis, anda harus memiliki sifat tekun dan harus mau mendalami hobi yang disukainya. Dan juga pilihlah satu hobi untuk keperluan usaha, hal ini dengan tujuan agar lebih fokus dan terarah.

Orang yang menjalani dan melakukan sebuah hobi, akan selalu menyukai apa yang dilakukannya, bahkan waktu berjam-jam tidak akan dirasakan, karena melakukan hal yang sangat disukai. Menjalani sebuah bisnis sesuai dengan passion akan menjadikan sebuah semangat untuk menikmatinya dan bisa memberikan hasil terbaik, namun menjadikan sebuah bisnis dari hobi dibutuhkan sebuah ilmu agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berbisnis Hobi 

Mengelola dan melakukan sebuah bisnis dari hobi pasti harapan setiap orang. Semua orang pasti manganggap bahwa bisnis dari hobi sangat menyenangkan, namun sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan.
Baca Juga: Food Truck, Sebuah Ide Joko Waluyo Berbisnis Kuliner.
Terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, saat anda ingin memulai bisnis dari hobi, baik dari sisi kelebihan atau pun kekurangannya, antara lain:

Kelebihan melakukan sebuah bisnis dari hobi, antara lain:
  • Karena berbisnisnya didasarkan dari sebuah hobi otomatis lebih menikmati. Apalagi hobi tersebut bisa memberikan keuntungan dari sisi finansial, akan menjadi lebih mencintai bisnis tersebut.
  • Lebih memahami pekerjaan, karena sudah dijalankan sejak dari hobi.
  • Memiliki keinginan tinggi untuk berkembang.
Selain kelebihan di atas terdapat kekurangan saat menjalankan bisnis dari hobi, antara lain:
  • Membuat kita terlena, karena keasyikan dan senangnya pada hobi tersebut menjadikan terlena dan tidak fokus pada bisnis yang sedang dibangunnya.
  • Kesulitan dalam melakukan pemasaran. 
  • Hobi yang anda jalani tidak laku untuk dijual.
Sedikit kelebihan dan kekurangan tersebut, bisa menjadikan pertimbangan bagi anda untuk masuk pada bissis yang berbasis pada hobi. Dan beberapa pertimbangan di bawah ini juga bisa memberikan anda pertimbangan, apabila masuk pada bisnis yang anda inginkan.

3. Berbisnis Dengan Hobi dan Contoh Berbisnis Hobi Yang Perlu Diperhatikan

Banyak sekali aktivitas dan juga hobi yang bisa memberikan hasil menguntungkan bagi yang melakukannya. Kebetulan dilingkungan sekitar saya juga banyak yang melakukan hobi ini sebagai sebuah aktivitas yang bisa menghasilkan pendapatan. Namun dalam memilih berbisnis dari hobi, pilihlah hobi yang benar-benar bisa menghasilkan secara “long  time period”, karena saya melihat banyak hobi yang pasang surut, sebentar ramai, kemudian tidak berapa lama sepi.

Salah satu contoh hobi yang pernah menghasilkan uang dalam jumlah besar dan saat itu banyak sekali peminatnya adalah “akik”. Masih ingatkah anda bahwa sekitar awal tahun 2015  batu akik ini banyak diburu orang, bahkan masyarakat yang tidak paham tentang akik turut berburu dan menjadikan kolesi. Namun, tidak seberapa lama booming akik ini pun surut dan pasar akik jenuh, sehingga banyak perajin dan para pedagang akik kesulitan mencari pembeli. Salah satunya bila mendengar keluh kesah pedagang akik di Pasar Bangil Kabupaten Pasuruan, banyak sekali perajin dan pedagang akik yang sudah berjualan berpuluh tahun dan juga menggantungkan hidup dari berjualan akik. Saat ini sangat sepi bahkan tidak ada pembeli, sejak imbas booming akik tahun 2015, para pedagang juga terkena efek negatif. Efek terlalu booming akik menjadikan titik jenuh yang mengakibatkan penggemar asli menjadi ikut bosan.  Sehingga harga akik menjadi hancur.

Contoh yang lain yaitu saat booming love bird. Saat pertama kali muncul love bird begitu menggema, bayak sekali orang yang ingin membeli love bird dengan harga gila-gilaan bahkan sampai puluhan juta per ekor, namun saat ini harganya sangat anjlok atau turun bebas yang dulunya harga per ekor bisa mencapai Rp. 15 juta bisa turun sampai hanya ratusan ribu saja.

Menurut saya, hal yang wajar sangat menyukai hobi apalagi hobi tersebut bisa digunakan untuk berbisnis. Namun sebelum memulai bisnis, apalagi yang mendasari bisnis dari sebuah hobi, pilihlah bisnis yang bisa memberikan pendapatan secara ever green (dalam waktu terus menerus), baru kemudian anda membuat bisnis dari hobi. Kalau hanya mendasari bisnis dari hobi saja, dikhawatirkan apabila terjadi penurunan secara drastis yang berakibat mengganggu keuangan rumah tangga anda. Jadi anda harus memiliki pendapatan utama untuk kelangsungan keluarga, dari bisnis lain, baru kemudian bisnis dari hobi, jadi saat bisnis hobi sudah tidak bisa diharapkan hasilnya, anda masih mendapatkan pendapatan dari bisnis utama anda.

Itu sedikit pemikiran saya tentang berbisnis dari hobi, meskipun berbisnis hobi, sebuah aktivitas menyenangkan dan menguntungkan,namun sebelum masuk, anda perlu mempertimbangkan banyak hal agar anda bisa mempersiapkan segalanya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel