TIPS MEMBUAT ES KOPI DENGAN CEPAT

Menikmati sajian kopi adalah hal yang menyenangkan, apalagi menikmatinya di kala sedang santai sambil mengerjakan hobi yang disukai. Namun tatkala suasana sedang panas terik, menikmati kopi panas rasanya kurang tepat, untuk itu diperlukan minuman dingin yang mampu mendinginkan suasana, meskipun itu adalah sebuah minuman kopi. Maka, segelas es kopi manis dengan sentuhan rasa pahit, bisa jadi menjadi teman yang sempurna di kala panas terik. Untuk itu diperlukan cara dan tips membuat es kopi dengan cepat, agar bisa mebuat es kopi sendiri tanpa pergi ke gerai kopi.

Untuk mendapatkannya, sekarang anda bisa membuat sendiri es kopi nikmat, tanpa membelinya ke cafe atau gerai minuman kopi langganan anda. Bahkan, anda bisa membuat sebuah cold brew coffee, yaitu minuman kopi dengan sensasi dingin yang telah diseduh selama semalam dengan air dingin.

Cara Tercepat Membuat Es Kopi

Minuman kopi yang semakin beragam, menjadikan sebuah gerai kopi membuat diversifikasi produk yang berbeda dengan tujuan, agar para pecinta kopi dapat menikmati kopi yang dijualnya, selain kopi panas. Banyak sekali olahan es kopi yang ditawarkan, es kopi yang dibuat dan disajikan dengan warna yang menarik dan bentuk yang berbeda, akan mengundang selera para pecinta kopi. Minuman es kopi yang merupakan pengembangan dan diversifikasi kopi ini, sekarang dapat ditemui di gerai kopi yang ada di kota-kota yang menjual kopi dengan kelebihannya masing-masing.

Es Kopi
Terkadang, karena malas untuk keluar rumah, atau ingin menikmati membuat kopi sendiri, akan muncul ide baru atau keinginan untuk membuat es kopi sendiri. Maka cara tercepat untuk menikmati es kopi, seperti es kopi yang dijual di gerai kopi, adalah dengan membuat sendiri es kopi yang anda inginkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kopi ini sebenarnya sangat sederhana, hanya membutuhkan bubuk kopi (yang akan ditambahkan seseuai selera), es batu, susu, gula serta gelas untuk menyajikan kopi. Namun jika anda menginginkan untuk membuat iced frappe, terdapat peralatan tambahan yang digunakan, yaitu blender, dan beberapa bahan rasa, misalnya karamel atau vanili.

Baca Juga: Eggnog Coffee Creamer.

Bahkan ada cara tercepat lagi agar anda bisa menikmati es kopi, yaitu menggunakan kopi instan, dengan catatan, bubuk kopi instan tersebut sudah dicairkan terlebih dahulu secara merata. Memang untuk mendapatkan hasil sempurna dan untuk mendapatkan es kopi yang terbaik adalah dengan mengunakan kopi bubuk, namun apabila anda menginginkan minuman dingin yang segera bisa dinikmati dan bisa diolah dengan praktis, maka kopi instanlah yang bisa digunakan secara cepat.

Bagaimana Membuat Es Kopi Dengan Cepat

Membuat es kopi secara cepat di rumah adalah solusi tepat apabila anda malas keluar untuk menikmati kopi di cafe atau gerai kopi langganana anda. Banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membuat es kopi nikmat, menambahkan es batu dalam kopi bisa menyebabkan kopi yang anda inginkan memiliki rasa yang hambar dan kurang nikmat. Maka anda bisa meniru langkah yang dilakukan kedai kopi, yang biasanya menggunakan teknik cold brew, dikarenakan teknik ini bisa mempertahankan rasa dan aroma kopi, dan menjaga es kopi tetap dingin tanpa menggunakan es batu.

Teknik cold brew, adalah teknik yang digunakan oleh gerai kopi dan kedai kopi, juga merupakan teknik terbaik untuk mempertahankan aroma dan cita rasa es kopi. Dengan teknik ini, maka dalam membuat es kopi tidak diperlukan untuk menambah es batu atau mendinginkan es kopi di dalam kulkas, yang dapat merusak rasa dari kopi tersebut. Dengan menggunakan teknik ini, kadar asam juga lebih rendah daripada kopi biasa, sehingga cocok untuk dinikmati penderita asam lambung.

Untuk membuat es kopi dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat (cara tradisional), antara lain sebagai berikut:
  1. Seduh kopi panas, kemudian bauatlah dengan jumlah yang banyak karena akan diencerkan dengan es dan susu.
  2. Tambah sedikit gula sebelum kopi menjadi dingin.
  3. Kemudian pindah kopi kedalam wadah yang terbuat dari kaca untuk mendinginkan (lebih kurang satu jam).
  4. Langkah terakhir, sajikan dengan gelas yang tinggi, tambah es batu dan susu atau bila suka tambah dengan krim, kemudian aduk rata. Jadilah es kopi nikmat yang anda inginkan.
Catatan: 
  • Jika anda ingin segera menikmati es kopi, jangan menggunakan teknik cold brew.
  • Proses perendaman lama, akan membuat kadar kafein dalam cold brew menjadi lebih tinggi dari kopi biasa.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel