TAKOYAKI - CEMILAN ALA JEPANG

Berbicara tentang kuliner memang sangat menarik, banyak sekali sajian kuliner nikmat yang selalu bisa diperbincangkan. Bahkan meskipun anda hanya hanyalah seorang yang hanya coba-coba untuk menikmati, pasti memiliki kuliner idola yang selalu anda nikmati. Salah satu kuliner yang saat ini mulai booming dalam bisnis kuliner dan dunia kuliner adalah sajian kuliner yang berasal dari Korea dan Jepang. Kuliner ini banyak sekali bermunculan di foodcourt-foodcourt di mall dan acara-acara dalam kehidupan masyarakat, misalnya acara car free day atau bahkan dalam acara pergantian tahun baru. Namun yang lebih sering, jajanan ini juga dijual di gerai-gerai depan supermarket.

Sebut saja “takoyaki”, jajanan atau cemilan dari Negara Jepang ini sepintas seperti bakso ikan tengiri, berwarna putih dan diberikan bumbu. Namun secara konsep sangat berbeda jauh. Jajanan ini sangat digemari oleh anak-anak bahkan anak-anak muda, sebagai cemilan yang menemani acara nongkrong.

TAKOYAKI - CEMILAN ALA JEPANG
Takoyaki

Cemilan Khas Osaka Jepang

Sebagai makanan khas Jepang, Takoyaki saat ini telah membius kuliner dengan kelezatannya, Takoyaki berasal dari kata “tako”, yang berarti gurita, dan “yaki” yang berarti digoreng atau dipanggang. Namun saat ini, takoyaki mengalami perkembangan tidak lagi berisi gurita, namun bisa berisi keju, ayam, daging sapi dan sebagainya.

Cemilan Khas Osaka Jepang
Gerai Takoyaki
Yang menarik disini, ternyata takoyaki merupakan jajanan khas dari Osaka, meskipun sebenarnya merupakan makanan dari perpaduan antara budaya dari Jepang dengan budaya Eropa, takoyaki tetap dinobatkan sebagai makan khas dari Osaka. Pada awalnya, takoyaki terinspirasi dari kue khas Eropa, yaitu pancake, saat itu bahan untuk membuat pancake sangatlah sulit didapatkan, sehingga para warga berkreasi dengan bahan yang ada, sehingga muncullah jajanan takoyaki ini.

Baca Juga: Gurihnya Sempol.

Cemilan Khas Osaka Jepang
Memasak takoyaki

Kuliner Jepang Yang Gurih

Sebagai sajian khas Jepang yang menarik, takoyaki pernah menjadi makanan yang difavoritkan masyarakat Jepang sekitar tahun 1923, saat itu terjadi gempa dahsyat yang melanda Jepang, dipilihnya takoyaki, dikarenakan cara membuatnya yang mudah dan makanan ini membuat kenyang.

Kuliner Jepang Yang Gurih
Takoyaki
Gerai pertama takoyaki didirikan pertama kali sekitar tahun 1935, dengan nama “Tomekichi Endo”, bahkan digerai ini para pecinta kuliner bisa menikmati choboyaki, yang merupakan jenis takoyaki tertua yang ada di Jepang.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel