KULINER NUSANTARA: “GURIHNYA GATOT”

Senangnya bisa menikmati sajian kuliner nusantara yang begitu banyak dan khas. Sajian kuliner ini tidak hanya makanan pokok yang selalu dinikmati dengan lauk pauk lengkap, namun juga berbagai jajanan yang ada di Indonesia dengan segala kenikmatannya. Dari ujung Sabang sampai Merauke terdapat jajanan kuliner yang menarik untuk dicoba. Bahkan diantara penikmat kuliner di Indoensia pasti memiliki jajanan favorit yang selalu dikangeni saat berkunjung atau berwisata ke suatu daerah.

Salah satu sajian kuliner yang menarik untuk dicoba dan dinikmati adalah “gatot”. Awalnya mungkin tidak mau mencoba jenis kuliner khas Jawa ini, membaca saja belum pernah apalagi mencoba. Namun terdapat momen, dimana lapar sedang melanda, namun hanya ada sajian makanan jenis ini dan yang ada hanya, beberapa makanan dari singkong. Sehingga membuat kami harus mencoba. Dan rasanya enak, apalagi dinikmati saat lapar.

Kuliner Jajanan Nusantara – Enaknya Makanan Khas Gunung Kidul

Mencoba makanan “Gatot”, memiliki rasa yang agak aneh karena belum pernah menikmati mencoba makanan seperti ini. Dan akhirnya, sedikit demi sedikit menjadi keterusan untuk menikmati makanan ini.

KULINER NUSANTARA: “GURIHNYA GATOT”
Kuliner Gatot
Gatot adalah makanan tradisional khas Jawa tepatnya berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan ini biasa dinikmati sebagai pengganti nasi, dan dimakan bersamaan dengan sayuran. Gatot, ternyata merupakan sebuah singkatan yang merupakan kepanjangan kata dari “Gagal Total”, karena saat itu sangat sulit menghasilkan panen padi, dan makanan ini sengaja dibuat untuk menggantikan beras, yang merupakan makanan berbahan dasar gaplek (yaitu ketela yang telah dikeringkan).

Baca Juga: Gudeg Yogyakarta.

Kuliner Lezat Nusantara – Jajanan Lezat Yang Disuka

Siapa menyangka makanan ini juga menjadi makanan favorit yang disukai selain masyarakat Gunung Kidul, karena rasanya yang manis, gurih dan juga lezat. Saat ini, dengan adanya kampanye yang menggalakkan makanan pokok selain nasi, makanan gatot telah mengisi hati masyarakat, sehingga masyarakat pun bisa melestarikan makanan warisan leluhur dan menjadi sumber kekayaan kuliner nusantara.

Kuliner Lezat Nusantara – Jajanan Lezat Yang Disuka
Nikmatnya gatot
Makanan gatot, juga memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Sebagai bahan pangan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, maka serat tersebut dapat menyerap kolesterol yang ada pada tubuh, dan juga dengan serat tersebut mampu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya ke luar tubuh.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel