KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA KULINER TRADISIONAL”

Sajian kuliner Indonesia adalah sajian nikmat yang perlu dicoba. Kali ini tulisan kuliner akan membahas dua sajian kuliner Indonesia yang menjadi favorit, khususnya bagi masyarakat Jawa Timur.  Kuliner ini sudah menjadi makanan sehari-hari bahkan menjadi makanan unggulan di waktu acara-acara penting dan hajatan. Terdapat dua jenis kuliner yang akan kita bicarakan disini, yaitu “Lontong Soto Ayam”  dan “Lontong Lodeh”.

KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA KULINER TRADISIONAL”
Lontong Soto Ayam

“Lontong Soto Ayam”

Soto Ayam, siapa yang tidak tahu tentang makanan enak ini. Soto ayam ini adalah makanan khas dari Indonesia, makanan ini hampir sama dengan sup ayam dan berwarnan kekuningan. Warna kuning ini disebabkan adanya rempah yaitu kunyit. Bahan utama soto ayam bisa menggunakan tambahan bahan lain, antara lain: kentang yang diiris tipis, daun seledri, telur rebus, dan bawang goreng. Menikmati soto ayam bisa menggunakan nasi atau pun lontong, namun saya lebih senang menggunakan lontong.

“Lontong Soto Ayam”
Nikmatnya lontong soto ayam
Banyak sekali jenis soto ayam yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, saya ambil contoh misalnya “Soto Lamongan”, soto ini dalam penyajiannya menggunakan koya yang merupakan ciri khas dari Soto Lamongan. Kenikmatan Soto Lamongan juga diDapatkan dari penggunanan ayam kampung sebagai bahan soto ayam.

Baca Juga : Nikmatnya Rujak Soto.

Koya pada Soto Ayam Lamongan, memiliki asal usul yang belum bisa diketahui secara pasti, namun koya dibuat dari kerupuk udang, udang dan bawang yang sebelumnya digoreng terlebih dahulu, baru kemudian dihaluskan.

Untuk penyajian Lontong Soto Ayam ini sangat sederhana, irisan lontong di taruh di mangkok ditambah dengan kuah soto, baru kemudian ditambahkan pelengkapnya antara ain, irisan daging ayam, koya, perasan air jeruk, ditambah dengan sambal.

“Lontong Lodeh”

Setelah menikmati seporsi lontong soto ayam yang nikmat, maka di bagian ini kita akan membicarakan kenikmatan lontong lodeh yang nikmat. Lodeh atau bisa disebut sayur lodeh memakai nangka muda sebagai bahan dasar utamanya. Lodeh adalah sayuran yang menggunakan nangka muda sebagai bahan bakunya yang kemudian ditambahkan santan dengan bumbu khusus yang gurih.

“Lontong Lodeh”
Lezatnya lontong lodeh
Rahasia kenikmatan lodeh ini terletak pada cara memasak nangka muda ini, agar tidak kaku, nangka muda ini harus direbus sampai dengan mendidih, yang nantinya sayur nangka ini menjadi empuk. Selain menggunakan nangka muda, kawan-kwan pecinta kuliner bisa menggunakan bahan lainnya, misalnya sayur daun singkong, sayur terong atau pun sayur lainnya sesuai dengan selera.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel