TAK SENGAJA KE SURABAYA

Sebenarnya hari Minggu, 25 Desember 2016 kemarin adalah hari libur yang kami rencanakan untuk ke tempat wisata di Kota Malang, sesuai dengan permintaan anak-anak. Namun apa daya, rencana untuk ke Malang hari Minggu menjadi batal, yang dikarenakan jalan menuju Malang “macet”. Untungnya masih belum sampai jauh dari rumah, berkat informasi dari teman dan informasi dari media sosial, akhirnya kami putar haluan menuju ke Surabaya.

Belum terlalu siang, namun lumayan bisa jalan-jalan dan kuliner bersama anak-anak, kalau sekarang memang temanya adalah “daughter time”. Selain memang mereka menagih karena raport yang lumayan bagus dan liburan, selain itu juga refreshing untuk kami berdua yang mungkin untuk menghilangkan kejenuhan dengan aktivitas harian.

Karena memang hari itu adalah hari untuk anak gadis kami, maka liburannya pun semuanya bertemakan perempuan, beberapa tempat tujuan di Surabaya yang diminta anak-anak adalah sebagai berikut:
  1. Makan siangnya sesuai permintaan anak-anak, just ke “Mc Donalds”, dan cuma makan ayam goreng doang.
  2. Beli buku khas anak cewek, dimana lagi kalau nggak di Gramedia.
  3. Kalau yang ini kuliner untuk mamanya anak-anak tersayang, ke Bakso Daging Sapi Asli Depan Bonet Manyar.
  4. Setelah itu, akhirnya diputuskan ke tempat wisata yang anak-anak pun belum pernah datang, ya sekalian lihat kapal yang bersandar, kemana lagi kalau nggak ke “Surabaya North Quay”.
  5. Yang ini masih kuliner karena penasaran dengan salah satu kuliner di Sidoarjo, kita coba ketan di daerah Gading Fajar, “Kedai Ketan Nyaktus”.

Perjalanan Menuju Surabaya

Menuju Kota Surabaya saat pagi setengah siang pada hari Minggu kemarin memang mengasyikkan, anak-anak sangat antusias, apalagi saat melewati tol Gempol yang kebetulan sepi. Tidak banyak yang bisa diceritakan, tetapi intinya “Ciptakan bahagia dengan caramu sendiri”. Yes, buat kami anak-anak senang dan gembira, itu sudah merupakan rezeki yang tiada terhingga.

Perjalanan menuju Surabaya, hari Minggu kemarin adalah perjalanan tercepat yang selama ini kami lakukan. Dengan londisi jalanan yang sepi, rasanya seperti jalanan ini milik kita sendiri.

Makan Siang di Mc Donalds

Setelah lama kami tdak menikmati fast food, dan memang kami berinisiatif untuk menghindari makanan fast food. Baru kali ini kami menikmati makanan sejenis fast food ini. Ini pun karena permintaan anak-anak, apalagi memang sekarang waktu untuk mereka, menyenangkan mereka setelah berlelah-lelah belajar menghadapi ujian.

Baca Juga:
Mereka pun memilih ayam goreng “Mc Donalds”. Kebetulan sekalian kami belanja titipan saudara di daerah Surabaya Pusat, kami pun mampir di McD Basra.

McDonalds Jl. Basuki Rahmat Surabaya
Tidak banyak sebenarnya yang kami beli hanya sekedar ayam goreng dan beberapa makanan untuk pengganjal perut yang lapar siang itu.

Ini pesanan anak cewek yang paling gedhe Paket Nasi Medium dan 1 gelas milo.

Paket Nasi Medium

Untuk adek cewek yang nggemesin, dia minta Happy Meal Mc Nuggets dan tambahan hadiah untuk anak cewek.

Untuk mamanya hanya memesan menu diet, chicken snack wrap, yang saya sendiri pun tidak pernah menikmati makanan ini.

Chicken snack wrap
Kalau saya hanya memesan segelas cappuchino karena kebetulan saya pun tidak terlalu lapar. Menurut saya luar biasa konsep yang dibuat untuk “coffee bar” ini. Dengan konsep take away, pesan langsung bayar, cukup menarik untuk ditiru konsep warung atau cafe seperti ini.

Mc Cafe
Setelah menikmati makanan dan menghabiskan segelas cappuchino, kami pun melanjutkan perjalanan ke toko buku sesuai permintaan anak gadis kami.

Menikmati Siang di Gramedia Toko Buku

Setelah menikmati makan siang, kami pun melanjutkan perjalanan ke toko buku Gramedia. Sebenarnya tujuan utama ke Gramedia Expo di Jl. Basuki Rahmat Surabaya, namun karena parkir penuh karena ada event, akhirnya kami memilih ke Grameida yang ada di Jl. Manyar. Sebenarnya agak jauh sih, padahal ada yang lebih dekat yaitu Gramedia di Tunjungan Plaza. Namun sama, antrian untuk masuk ke mall itu pun juga panjang. Dan kasihan juga buat anak gadis kami, biar mereka senang dan cepat memilih buku kesayangan mereka.

Toko Buku Gramedia Manyar Kertoarjo Surabaya
Sebenarnya sederhana permintaan anak-anak, beli 1 buku kesenangan mereka, selesai sudah jalan-jalan ke Surabaya ini. Dan buku yang mereka beli pun masing-masing hanya “Ten-ten Komik” komik motivasi untuk anak gadis dan Fun Cican untuk anak gadis kami yang nomor dua.

Bakso Daging Sapi Asli Depan Bonet

Setelah berlelah-lelah menikmati kumpulan buku, akhirnya sekarang saatnya menikmati kuliner lagi. Akhirnya kuliner yang kami tuju pun tidak jauh-jauh juga dari Gramedia Mayar, tepat nya di daerah Bonet. Ya, kuliner yang kami tuju adalah kuliner andalan yang enak banget “Bakso Daging Sapi Asli” Depan Bonnet. Lokasi tepatnya berada di Jalan Manyar Kertoarjo V No. 39 Surabaya.

“Bakso Daging Sapi Asli” Depan Bonnet
Pada saat kami datang tempat duduk sudah sangat penuh, untungnya kami dapat tempat duduk walaupun hampir berdempetan dengan pembeli yang lain. Memang rasanya yang luar biasa membuat kami selelau menyempatkan kemari kalau kami menuju daerah Surabaya Timur ini.

Bakso Daging Sapi Asli Depan Bonet
Daftar Harga “Bakso Daging Sapi Asli” Depan Bonnet
Untuk masalah harga sesuai dengan kenikmatannya, meskipun kami makan bakso yang isi pentol basonya hanya 2 biji, namun kenyang banget sauadara. Untuk kenikmatannya jangan diragukan, bakso daging sapi depan bonnet ini pantas sebagai rujukan bila kuliner di Surabaya.

Surabaya North Quay

Waktu masih belum sore dan masih ada kesempatan jalan-jalan. Sebenarnya bingung juga untuk menghabiskan waktu, mau ke mall, ujung-ujungnya juga ke tempat permainan. Akhirnya kami sepakat dengan 2 gadis kecil kami, karena mereka ini belum pernah melihat kapal laut bersandar dan melihat keindahan laut dari atas dermaga maka kami memutuskan untuk ke “Surabaya North Quay”. Suatu tujuan wisata baru yanga baru dibuka tahun ini di daerah Pelabuhan Tanjung Perak.

North Quay ini dibuka pada Akhir Bulan Februari tahun 2016 ini, tepatnya pada tanggal 27 Februari 2016. Surabaya North Quay ini berada di Lantai 2 dan Lantai 3 Terminal Gapura Surya.

Sangat mudah untuk menuju North Quay ini dari Jalan Perak Barat jalan terus menuju dermaga dan sampai dengan pintu gerbang pelabuhan, anda cukup membayar Rp. 7.500 untuk parkir, dan bisa langsung masuk menuju North Quay.

Kedai Ketan Nyaktus

Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata dan tempat kuliner, maka terakhir sebealum pulang ke rumah, kami mengunjungi tempat kuliner yang sekarang lagi ngehits di Sidoarjo. Tempat ini adalah “Kedai Ketan Nyaktus”, kedai ketan ini berada di Perumahan Gading Fajar 2 Blok D 03 No. 7 (Sebelah Selatan Lesehan CJDW).

Tempatnya nyaman dan bersih, enak banget dibuat nongkrong, apalagi ditambah dengan fasiltas free wifi, lumayan buat nongkrong bersama teman dan keluarga.

Ketan Oreo
Untuk makanan selain ketan juga ada snack dan minuman yang cocok sebagai teman nongkrong. Pada saat disini kami memesan berbagai macam ketan, selain ketan durian yang selalu laris, kami juga memesan ketan oreo yang rasanya enak banget.

Yang enak lagi, apabila tidak bisa mampir di kedai ini, kawan-kawan bisa lho minta DO (Delivery Order). Jadi tidak ada alasan lho utnuk tidak mencoba kenikamatan ketan di Kedai Ketan ini.

TRAVELLING AND CULLINARY SUMMARY

McDonald’s Basuki Rahmat
  • Safe Budget: Rp. 20.000 – Rp. 30.000/ person.
  • Parking : ada
  • Wifi : disediakan
  • Cara pembayaran : Cash Only
  • Alamat : Jalan Basuki Rahmat Depan Tunjungan Plaza, Surabaya.
Toko Buku “Gramedia” Manyar Kertoarjo
  • Safe Budget : Rp. 20.000 – Rp. 50.000/ person.
  • Parking : ada
  • Wifi: tidak ada
  • Cara pembayaran: Cash atau Kartu Kredit
  • Alamat : Jalan Manyar Kertoarjo, Depan Samsat Manyar, Surabaya.
Bakso Daging Sapi Asli Depan Bonet Surabaya
  • Safe Budget : Rp. 20.000 – Rp. 30.000/ person.
  • Parking: ya
  • Wifi : tidak
  • Cara pembayaran: Cash Only
  • Alamat: Jalan Manyar Kertoarjo V No. 39, Surabaya.
  • Contact Person: 081 332 857 228
Surabaya North Quay
  • Safe Budget : --/ person.
  • Parking : ya
  • Wifi: tidak
  • Cara pembayaran: Cash Only
  • Alamat: Jalan Perak Barat, Surabaya.
Kedai Ketan “Nyaktus”
  • Safe Budget: Rp. 5.000 – Rp. 15.000/ person.
  • Parking : ya
  • Wifi: ya
  • Cara pembayaran: Cash Only
  • Alamat: Perumahan Gading Fajar 2 Blok D 03 No. 7 (Sebelah Selatan Lesehan CJDW).