KULINER PROBOLINGGO: “LONTONG KUPANG CAK NO”

Menikmati perjalanan kuliner di sebuah kota memang sangat meNyenangkan, karena hal ini memberikan pengalaman tentang kondisi dan perkembangan kuliner di empat yang kita singgahi. Banyak sekali kuliner yang hadir dan ada disekitar kita, apalagi dengan rasanya yang enak dan lezat, dan pastinya tidak kalah dengan kuliner dengan merek besar saat ini. Salah satunya adalah Kuliner Probolinggo, banyak sekali kuliner kaki lima, bahkan kuliner rumahan yang ada dengan rasa yang enak.

Kali ini pun, saya mencoba menikmati kuliner yang biasanya dijajakan berkeliling di desa-desa. Dan kebetulan saya singgah di sebuah daerah, yaitu sebuah kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Dengan menu sederhana, penjual ini menawarkan sajian kulinernya, yaitu “Lontong Kupang”.

KULINER PROBOLINGGO: “LONTONG KUPANG CAK NO”
Lontong kupang Cak No


Kuliner Unik Di Probolinggo

Awalnya agak ragu juga saat akan menikmati kuliner ini, karena biasanya lontong kupang yang biasa kami nikmati, dijajakan di depot-depot, rumah makan atau tempat permanen. Namun kali ini saya mencoba kuliner yang dijajakan ke rumah-rumah di daerah Tongas, Probolinggo. Saya memanggilnya “Lontong Kupang Cak No”, dengan motor bututnya Cak No menjajakan dagangannya dari rumah ke rumah di daerah Tongas. Apalagi, “Lontong Kupang” adalah salah satu favorit saya, jadi saya tahu karena pernah dan sering merasakan kenikmatan kuliner ini di Sidoarjo, Pasuruan atau pun di Kota Probolinggo.

Kuliner Unik Di Probolinggo
Kupang Cak No
Kuliner ini termasuk unik, karena kuliner ini biasanya hanya ada di daerah pesisir pantai, terutama di pesisir Pantai Utara Jawa Timur ini. Menurut saya lontong kupang yang dijajakan Cak No ini juga enak dan tidak kalah dengan lontong kupang yang dijual dirumah makan di Probolinggo.

Baca Juga:

Kuliner Murah Di Probolinggo

Sebenarnya makanan apa sih lontong kupang ini? Kupang adalah makanan yang berasal dari hewan laut yang berbentuk kecil-kecil dan terdapat tanda bulatan hitam ditengahnya. Kenikmatan lontong kupang ini berasal dari rebusan kupang, rahasianya terletak pada daun bawang yang direbus dengan kupang, bersama daun bawang putih sampai matang. Pada saat direbus, cangkang kupang ini akan terlepas, baru kemudian daging kupang dipisah dari cangkangnya. Rahasia kenikmatan kupang juga terletak pada jenis petisnya, petis yang paling enak berasal dari udang yang dipanasi sampai kental.

Kuliner Murah Di Probolinggo
Kupang Lontong
Menimati lontong kupang belum lengkap rasanya kalau belum ditambah dengan “lentho”, lentho ini berasal dari singkong yang dicampur dengan kepala yang diparut, ditambah dengan kacang kedelai yang diberi bumbu berupa bawang putih, garam dan gula.

Kuliner Murah Di Probolinggo
Proses menyajikan lontong kupang
Karena target pasar yang dituju adalah warga di sekitar atau didekat tempat tinggal Cak No, yaitu didaerah Tongas, maka lontong kupang enak ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp. 8.000,- per porsi. Namun meskipun harganya murah, kualitas rasa tetap dijaga, apalagi dengan sajian lontongnya yang banyak, menyebabkan rasa kenyang setelah menikmati lontong kupang ini.

Kuliner Murah Di Probolinggo
Cak No Lontong Kupang
Bahkan menurut Cak No, beliau sering juga melayani pesanan kalau ada yang memesannya, misalnya untuk hajatan pengajian, pertemuan kampung atau sekedar diborong oleh warga sekitar. Anda tertarik, anda tinggal menghubungi nomor handphone yang ada di gerobak motor milik Cak No ini.

SUMMARY REVIEW

  • Budget : Rp. 5.000 – Rp. 10.000/ orang.
  • Parkir Kendaraan : tidak ada (dijajakan secara keliling)
  • Wi-Fi : tidak ada
  • Cara pembayaran : Cash Only
  • Alamat : Jalan Raya Tongas, Probolinggo, Jawa Timur.
  • No. Telepon : 082 – 301 -334 - 429

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel