Sejarah Singkat “Universitas Wijaya Kusuma Surabaya”

Satu lagi perguruan tinggi di Kota Surabaya yang bisa menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan, yaitu “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”. Nama kampus Wijaya Kusuma ternyata diambil dari nama raja pertama dan juga pendiri Kerajaan Majapahit. Wijaya Kusuma sendiri diartikan sebagai anak keuturunan Raden Wijaya. Terdapat banyak alasan mengapa memilih perguruan tinggi ini sebagai tujuan tempat kuliah, seperti kampus swasta ini masuk dalam deretan universitas terbaik di Indonesia, reputasi kampus yang bagus, dan masih banyak alasan lainnya mengapa harus memilih perguruan tinggi ini. Selain alasan untuk melanjutkan pendidikan ke kampus ini, maka mengetahui sejarah singkat “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya” bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda tentang perguruan tinggi negeri ini.

Informasi tentang “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”

  • Singkatan/Sebutan: UWKS.
  • Status : Swasta.
  • Alamat : Jalan Dukuh Kupang XXV/54, Surabaya 60225, Jawa Timur.
  • Telepon (031) 5677577, 5689738-40
  • Website : https://www.wijayakusumasby.ac.id

Sejarah “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”

Sejarah Singkat “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”
Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya (Foto: edumor.com)

  • Didirikan : 19 Juni 1981
  • Pendiri : Tokoh mantan anggota Brawijaya (Yayasan Wijaya Kusuma)
  • Pengelola : Universitas/Perguruan Tinggi.

Berawal dari cita-cita untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan Nasional yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, pada tahun 1980 tiga orang tokoh mantan anggota Brawijaya, yaitu H. Soenandar Priyo Soedarmo (Alm.) Ketua Dewan Pertimbangan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Golkar Tingkat I Jawa Timur, Blegoh Soemarto (Alm.) anggota Dewan Pertimbangan DPD Golkar Daerah Tingkat I Jawa Timur, dan H. Moch. Said (Alm.) Ketua DPD Golkar Daerah Tingkat I Jawa Timur, mendirikan Yayasan Wijaya Kusuma pada tahun 1980. 

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Surabaya”.

Nama “Wijaya Kusuma” dipilih karena mengandung arti “anak keturunan Raden Wijaya&” seorang tokoh pendiri dan Raja Pertama kerajaan Majapahit.

Dalam perkembangannya Yayasan Wijaya Kusuma pada tanggal 19 Juni 1981 mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Swasta, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, di Jalan Dukuh Kupang XXV/54 Surabaya, yang digambarkan dalam lambang Candi Penataran, berlatar belakang warna kuning emas dalam bingkai segi lima dengan landasan pita bertuliskan sesanti “Anggung Wimbuh Linuwih” yang mengandung arti “senantiasa berkembang dan meningkat guna menggapai puncak kemajuan” yang menggambarkan bahwa pengejahwantahan tekad dalam pengelolaan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya selalu mengikuti semangat dinamika pembangunan.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi di “Universitas  Wijaya Kusuma Surabaya”.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Wijaya Kusuma Surabaya”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel