TEMPAT MAKAN ENAK DI JOMBANG: “SOTO DAGING PAK KARMAN”

Posted on

Tempat Makan Enak Di Jombang – Memiliki hobi dan kesenangan menikmati kuliner adalah suatu anugrah, karena dengan memiliki hobi menikmati makanan enak berarti anda bisa saja mengembangkan hobi anda menjadi kesenangan yang menarik, misalnya menjadi seorang chef, food blogger atau menjadi food vlogger. Apalagi di era milenial seperti sekarang ini. Pilihan seperti tersebut tidak sulit untuk dilakukan.

TEMPAT MAKAN ENAK DI JOMBANG: “SOTO DAGING PAK KARMAN”
Soto Daging Pak Karman

Dalam episode kali ini, saya ingin mengulas kenikmatan kuliner di sebuah kota, yang bisa dikatakan, kotanya tidak terlalu ramai dan tidak terlalu sepi, namun memiliki berbagai macam tempat kuliner yang legendaris. Dan salah satu tempat kuliner legendaris ini yang akan kita ulas adalah sebuat tempat makan yang menyediakan menu makanan berkuah dan nikmat yaitu, “Soto Daging”.

Tempat Makan di Kota Jombang

Tempat makan enak ini, sudah lama ada sejak saya masih kecil, dan bisa dikatakan merupakan langganan kami semua saat kami singgah di Kota Jombang. “Soto Daging Pak Karman”, berlokasi di Jl. Siliwangi No.11 (Dulunya adalah Jalan Pahlawan), Desa Kepanjen, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419.

Tempat Makan di Kota Jombang
Soto Daging Pak Karman

Banyak sebutan untuk memanggil soto daging ini, ada yang menyebutnya dengan “Soto Pahlawan”, karena lokasinya yang dulu ada di Jalan Pahlawan, atau ada juga yang menyebutnya dengan “Soto Tugu”, karena lokasinya sebelum perempatan lampu merah Tugu Jombang, atau ada juga yang menyebutnya dengan “Soto Dok Tugu”, karena penjualnya saat menuang kecap sambil menggebrak botol kecap ke meja sampai berbunyi “dok”.

Tempat Makan Yang Enak Di Jombang

Soto Daging Pak karman ini memang menarik, dengan kuahnya yang segar dan ditambah daging dengan ukuran yang besar dan empuk, menjadikan soto daging ini memiliki kekhasan tersendiri. Selain itu, menu makanan soto daging yang sudah turun temurun ini sudah sangat terkenal atas kenikmatan dan kelezatannya. Kenikmatannya terletak pada campuran rempah-rempah asli Jawa Indonesia dan menggunakan kaldu asli daging sapi.

Tempat Makan Yang Enak Di Jombang
Soto Daging Pak Karman

Seperti soto daging lainnya, “Soto Daging Pak Karman” ini kaya dengan bumbu dan rempah, banyak sekali bumbu khas dari Indonesia yang dipakai yaitu batang serai, daun jeruk purut, daun salam, bawang prei, seledri, bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, jinten, paladin, jahe, hingga kunyit harus ada untuk menimbulkan rasa nikmat dalam soto daging ini.

Selain itu, aroma kenikmatan soto akan tercium saat anda masuk ke tempat makan ini. Aromanya yang menggugah selera dan beberapa potongan daging diatasnya, sungguh nikmat rasanya. Selain itu juga disediakan lauk berupa berbagai macam daging dan jeroan goreng antara lain usus sapi, hati sapi, babat, paru, perkedel ketang dan lain-lain, yang disajikan terpisah dengan nasi soto daging ini.

Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jombang – Uniknya Soto Daging Pak Karman

Unik, ya bisa dikatakan unik, karena meskipun telah dipasang banner didepan warung soto daging ini, bertuliskan “Soto Daging Pak Karman”, masyarakat Jombang tetap memanggil warung ini dengan Soto Dok Tugu. Yang menjadi pertanyaan mengapa masyarakat Jombang sampai memberi nama soto ini dengan “Soto Dok”?.

Ini yang menarik, jawabannya masih simpang siur, namun yang pasti disebut Soto Dok, karena pada saat akan menyajikan soto daging, penjualnya akan menambahkan kecap asin dari sebuah botol berukuran besar, setelah penjual menuang kecap untuk soto dari botol kecap ke mangkuk, cara meletakkan botol kecap tersebut dengan menggebrak botol ke meja sampai menimbulkan bunyi yang keras. Sehingga timbul suara “dok” yang keras. Sehingga dikenal juga dengan Soto dok atau di Jakarta disebut juga dengan soto gebrak. Jadi jangan kaget bila mendengar suara keras ini.

Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jombang – Uniknya Soto Daging Pak Karman
Soto Daging Pak Karman

Keunikan lainnya dari Soto Daging Pak Karman ini adalah selain lauk daging dalam satu porsinya juga ada irisan jeroan sapi dan ditambah siraman kuahnya yang segar, dan juga disediakan lauk tambahan berupa dendeng daging sapi ataupun sajian kuliner jerohan sapi misalnya, babat sapi, hati sapi dan paru.

Rumah Makan di Jombang Jawa Timur

Banyak sekali kuliner soto di Kota Jombang ini, namun bisa saja karena soto daging ini yang pertama kali menjual sotonya sehingga menjadi legendaris. Dengan kuah khasnya yang berwarna kuning kental ditambah lagi dengan taoge kacang hijau, membuat soto daging ini menjadi lebih spesial.

Rumah Makan di Jombang Jawa Timur
Soto Daging Pak Karman

Sebenarnya apa sih soto itu?. Soto adalah makanan khas dari Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging sapi ditambah dengan sayuran. Namun karena saat ini kita membahas tentang soto daging sapi, maka kaldu yang digunakan adalah kaldu dari daging sapi. Cara penyajian soto ini berbeda-beda pada setiap daerah, dan bisa dihidangkan dengan nasi, lontong (nasi yang telah dipadatkan, biasanya dibungkus dengan daun, baru pada saat penyajian, dipotong kecil-kecl), dan ditambah lagi dengan berbagai macam lauk.

Akhir tulisan. Jadi, belum lengkap rasanya saat singgah di Kota Jombang, belum mampir ke tempat makan enak di Jombang ini, “Soto Daging Pak Karman”. Rasa nikmat akan membuat teman-teman sekalian ketagihan.

CULLINARY SUMMARY

  • Budget Aman : Rp. 15.000 – Rp. 25.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya di sepanjang Jalan Silwangi)
  • Wifi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat : Jl. Siliwangi No.11 (Dulunya adalah Jalan Pahlawan), Desa Kepanjen, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
  • Jam buka : Pukul 06.00 sampai dengan 21.00 WIB
  • Contact Person : 0857-3232-3231.
Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *