SWEET CREAM COFFEE CREAMER

Posted on

Menikmati kopi sudah menjadi hal yang biasa dilakukan dan menjadi kebiasaan sehari-hari sebelum melakukan aktivitas. Saat ini meminum kopi sudah merupakan rutinitas yang harus dilakukan. Dengan banyaknya produksi kopi yang ada, ditambah lagi dengan mulai bermunculannya tempat kopi, hal ini membuka peluang adanya kreasi minuman dengan bahan dasar kopi. Bahkan sekarang mulai bermunculan bahan pembantu yang bisa dicampur pada kopi, untuk anda pecinta kopi yang tidak kuat dengan rasa asam kopi. Terdapat jenis varian bahan yang bisa ditambah pada minuman kopi yaitu creamer, yang terbagi menjadi coffee creamer dan whippered cream. Dua jenis bahan tersebut akan membuat kopi yang ingin anda nikmati menjadi lebih nikmat dan mempercantuk tampilan kopi. Selain itu juga, pabrikan kopi juga banyak yang memperkenalkan creamer dengan jenis “sweet cream coffee creamer”.

Creamer dalam bentuk bubuk  atau disebut dengan non dairy creamer, adalah suatu produk pengganti susu, yang berarti bukanlah susu dalam arti sebenarnya. Saat ini creamer banyak dikonsumsi di seluruh dunia untuk menggantikan susu, dan sebagai campuran kopi, yang memiliki berbagai macam merk dan jenis creamer. Creamer memiliki dua bentuk, yaitu dalam bentuk bubuk dan cair. Yang menarik disini, adalah krimer adalah bahan yang bukan susu sehingga bahan ini tidak mengandung laktosa, oleh karena itu krimer bisa dikonsumsi oleh siapa pun termasuk orang yang mengidap Laktose Intolerance.

Kalori Untuk Sweet Cream Coffee Creamer

Bagi anda yang menyukai kopi, namun tidak kuat dengan kuatnya asam yang terkandung pada kopi, anda bisa menambahkan krimer. Dengan harga krimer yang lebih murah dibanding susu sapi, hal ini menjadikan kopi dengan campuran memiliki harga yang lebih murah dibanding kopi dengn campuran susu sapi asli. Namun demikian, didalam kehidupan sehari-hari kopi krimer oleh masyarakat umum dalam kemasannya disebut juga dengan kopi susu.

SWEET CREAM COFFEE CREAMER
Cream Coffee Creamer (Sumber Gambar: Internet)

Creamer memiliki tipe kandungan lemak yang berbeda-beda, berkisar antara 28% sampai dengan 35 %. Kandungan lemak yang ada dalam krimer menimbulkan rasa gurih, semakin tinggi kandungan lemak, menyebabkan semakin gurih rasa krimernya.

Cara Membuat Sendiri Sweet Cream Coffee Creamer

Membuat creamer sendiri menjadi tantangan tersendiri, apalagi bagi anda yang menyukai kopi dengan campuran creamer. Creamer nabati dalam membuatnya ada juga yang menggunakan coconut oil dan ada juga yang memakai minyak dari kelapa sawit. Yang pasti penggunaan kedua minyak tersebut, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, hal ini terletak pada rasa gurih, bau yang ditimbulkan, dan masa expired dalam pemakaian.

Kreamer yang menggunakan minyak dari kelapa sawit biasanya lebih tahan lama, dan tidak muncul bau dalam jangka waktu yang lama. Terdapat cara yang sederhana dalam membuat creamer. Bahan yang digunakan pun sederhana, yaitu hanya 14 ons susu kental manis dan 1 ¾ cangkir susu cair.

Langkah proses membuat creamer, antara lain:

  • Campur kedua bahan (susu kental manis dan susu cair) sampai rata.
  • Langkah yang kedua, bahan tersebut dimasukkan ke dalam toples dan haRus ditutup dengan rapat.
  • Kemudian campur kedua bahan tersebut dan kocok, berikutnya hasil olahan susu yang menjadi creamer siap ditambahkan pada minuman kopi anda.

Untuk menambah kelezatan, creamer bisa dilakukan kombinasi dengan bahan-bahan lain, misalnya vanila, sirup coklat atau pun bahan lainnya untuk menambah variasi dari creamer tersebut. Agar bisa digunakan dilain waktu, anda bisa mengunakan cara, memasukkan creamer tersebut kedalam cetakan es batu, kemudian creamer cair tersebut dibekukan dan disimpan ke dalam kantong plastik, dan disimpan ke dalam freezer. Baru saat dibutuhkan untuk segera menikmati kopi, creamer ini dikeluarkan dari freezer.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *