TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “SOTO AYAM LAMONGAN BAROKAH”

Posted on

Menikmati kuliner di Kota Surabaya sudah menjadi bagian dari wisata kuliner yang menyenangkan di kota ini. Banyak sekali tempat makan enak di Surabaya yang bisa menjadi tujuan wisata. Tidak lagi titik–titik kuliner yang sangat banyak, namun semua pilihan kuliner ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang membuat kita tertarik untuk mencobanya.

TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “SOTO AYAM LAMONGAN BAROKAH”
Soto Ayam Biasa

Salah satu tempat kuliner enak yang bisa dicoba adalah sebuah tempat makan di Surabaya Selatan, yang kebetulan dekat dengan Masjid Agung Surabaya, yaitu “Soto Ayam Lamongan Barokah”, soto ayam ini berlokasi di Jalan Menanggal Utara No. 18, Menanggal, Gayungan, Surabaya atau di seberang SMAN 15 Surabaya. Buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB.

Tempat Makan Enak Di Surabaya Selatan

Soto ini memang legenda di Menanggal ini, karena sejak saya dan kelurga pernah tinggal di Menanggal, Soto Barokah selalu menjadi langganan. Dan tempat makan ini tidak pernah sepi dari pelanggan. Rasanya yang enak dan nikmat, ditambah lagi dengan kuahnya yang segar selalu menjadi pilihan penikmat kuliner. Ada beberapa jenis soto yang kami pesan, ada soto ayam biasa dan soto ayam telur daleman ayam pakai kulit ayam.

Tempat Makan Enak Di Surabaya Selatan
Tempat makan enak di Menanggal
Tempat Makan Enak Di Surabaya Selatan
Gerobak Soto
Tempat Makan Enak Di Surabaya Selatan
Tempat makan

Kenikmatan soto ayam ini semakin bertambah nikmat dengan adanya campuran koya khas soto ayam Lamongan. Koya ini berasal dari  krupuk udang goreng yang ditambah dengan bawang putih yang digoreng baru kemudian ditumbuk menjadi satu. Dalam penyajiannya, koya akan ditaburkan di atas soto ayam yang siap untuk dihidangkan. Karena gurihnya, kita diperkenankan untuk meminta koya lagi apabila menginginkannya.

Tempat Makan Enak Di Surabaya Selatan
Soto dengan telur daleman

Referensi Tempat Makan Enak Di Surabaya

Satu lagi, kenapa warna soto ayam ini berwarna kuning, hal ini dikarenakan adanya bumbu dari rempah-rempah (kunyit) untuk menambah aroma kesegaran kuah soto. Untuk harga soto ayam ini terbilang murah per porsi hanya sebesar Rp. 10.000,-, belum termasuk minuman, harga tersebut cukup murah untuk makanan di Kota Surabaya. Kita pun bisa membungkus soto lengkap untuk di makan di rumah, bisa dengan atau tanpa nasi.

Referensi Tempat Makan Enak Di Surabaya
Referensi makan soto ayam di Menanggal

Tempatnya lumayan lapang, disediakan empat meja panjang, dan per meja bisa menampung sekitar 10 orang. Namun saat makan siang, kita harus bergantian karena banyaknya yang ingin menikmati soto ini.

Jadi, tidak salah kalau kita mau jalan-jalan ke Masjid Agung Surabaya, kita bisa mampir di soto ini, karena lokasinya yang dekat.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

One thought on “TEMPAT MAKAN ENAK DI SURABAYA: “SOTO AYAM LAMONGAN BAROKAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *