KULINER SURABAYA: “SERABI SOLO ASLI”

Posted on

Menikmati beragam kuliner Surabaya memang menarik dan membuat penasaran. Banyak sekali jenis kuliner yang ada di Surabaya, tidak hanya sajian kuliner  namun juga bermacam-macam jenis kue yang menjadikan kita ingin menikmatinya. Salah satunya adalah jenis kuliner yang akan kita bahas. Awalnya karena ingin menmcoba, akhirnya setiap berkunjung dan datang kle swalayan perkakas dan alat rumnah tangga di Surabaya ini, selalu membeli dengan berbagai macam jenis pilihan kuenya.

KULINER SURABAYA: “SERABI SOLO ASLI”
Serabi Solo

Siapa yang mengira makanan tradisional Jawa ini yang rasanya enak dan memiliki bentuk hampir serupa dengan kue apem namun agak lebar dan tipis, memiliki banyak penggemar. “Serabi Solo“ adalah makan ringan khas Kota Solo Jawa Tengah yang terbuat dari tepung beras dan pencampuran dengan santan yang kemudian digoreng di atas arang, serupa dengan kue khas Belanda pannen koek.

Kuliner Surabaya Enak

Saya menemukan kuliner Surabaya enak ini didepan Toeng Market Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 31 Surabaya. Saya sendiri pun tidak begitu paham dalam masak memasak kue Serabi Solo ini, namun terdapat beberapa hal yang menarik tentang Seabi Solo ini.

Kuliner Surabaya Enak
Serabi Solo Depang Toeng Market

Asal Mula Kue Serabi Solo – Pada awalnya kue serabi dari Solo lebih dikenal dengan Serabi Notosunan yang dirintis oleh suami istri Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan sekitar tahun 1923. Awalnya karena sering kali menerima poesan kue apem dari para tetangganya, kemudian pasangan suami istri ini mulai mengembangkan kue serabi ini.

Dari serabi tradisional itulah merupakan awal mula Srabi Notosunan yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Solo. Dimana Serabi Notosunan diambil dari Jalan Notosunan, yang saat ini berganti nama dengan jalan Muh. Yamin.

Kuliner Surabaya Kaki Lima
Arang untuk Memasak Serabi

Kuliner Surabaya Kaki Lima

Perkembangan saat ini – Dengan berkembangnya waktu, kue serabi menjadi tidak hanya dijual di Solo saja namun berkembang dan di jual di kota-kota lain dengan konsep berbeda. Misalnya gerai kue Serabi Solo yang berada di depan Toeng Market. Berkembang tidak menggunakan Serabi Notosunan namun menjadi Serabi Solo Asli. Rasanya pun enak dengan variasi serabi yang beraneka ragam. Dengan piliohan rasa original, rasa nangka, rasa coklat, rasa campur, rasa keju dan rasa special, yang bisa dipilih sesuai selera kawan-kawan.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *