KULINER PROBOLINGGO: “RUJAK CINGUR – WARUNG SUYOSO“

Posted on

Kota Probolinggo, adalah sebuah kota yang memiliki beragam sajian kuliner, banyak sekali sajian kuliner yang ada, dan terus mengalami perkembangan, apalagi dengan hadirnya pendatang dari luar kota yang membawa serta sajian khas dari daerahnya. Hal ini mengakibatkan kuliner Probolinggo semakin kaya akan jenis kuliner. Tidak hanya kuliner yang sudah ada, namun banyak sekali kuliner baru yang memberi warna pada kekayaan kuliner Kota Probolinggo.

KULINER PROBOLINGGO: “RUJAK CINGUR – WARUNG SUYOSO“
Rujak Cingur Suyoso

Salah satu jenis kuliner yang merupakan kuliner Jawa Timur yang berasal dari Surabaya, yang juga disukai warga Probolinggo adalah kuliner rujak cingur”. Sebagai kuliner khas Jawa Timur, kuliner ini sangat disukai, bahkan bisa dikatakan sebagai salad tradisional, apalagi dengan bumbu hitamnya yang manis dan legit. Tidak banyak yang bisa dikatakan, kecuali nikmatnya menikmati sajian kuliner rujak cingur ini.

Tempat Kuliner Probolinggo – Warung Rujak di Kota Probolinggo

Banyak sekali tempat makan enak yang menjual jenis kuliner rujak cingur, khususnya di Kota Probolinggo. Salah satu tempat makan yang menjual rujak cingur ini, yaitu “Warung Suyoso”, tempat makan ini berlokasi di Jalan Suyoso No. 104, Sukabumi, Mayangan Kota Probolinggo, dan buka mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 16.00.

Tempat Kuliner Probolinggo – Warung Rujak di Kota Probolinggo
Warung Suyoso Probolinggo

Sebenarnya untuk rujak cingur yang dijual Warung Suyoso sudah dikelola oleh generasi kedua. Awalnya rujak cingur ini dijual dibelakang dari Warung Suyoso, yang merupakan ibu dari pemilik dari Warung Suyoso. Warung rujak cingur ini sudah ada sejak tahun 1988.

Selain rujak cingur, Warung Suyoso juga menyediakan sajian kuliner lainnya, yaitu nasi pecel dan nasi campur. Namun yang terkenal di Warung Suyoso adalah Rujak Cingur yang dijual sebesar Rp. 10.000 per porsi. Dengan banyaknya rumah singgah atau home stay disekitar warung ini, menjadikan warung ini sering menjadi tujuan untuk mencari makan, apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau.

Tempat Kuliner Probolinggo – Warung Rujak di Kota Probolinggo
Proses Pembuatan Rujak

Wisata Kuliner Probolinggo – Menikmati Sajian Kulier Rujak Cingur

Rujak Cingur menjadi salah satu dari sekian banyak jenis kuliner yang menjadi favorit para pecinta kuliner. Dalam bahasa Jawa, kata “cingur”, berarti mulut. Pada intinya rujak cingur, merupakan sajian kuliner yang menyajikan irisan mulut atau moncong sapi yang telah direbus. Selain sajian cingur sapi, dalam satu porsi rujak cingur juga terdapat mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, tahu, tempe, lontong, sayur kangkung, dan kerahi (sejenis mentimun yang sudah direbus).

Wisata Kuliner Probolinggo – Menikmati Sajian Kulier Rujak Cingur
Rujak Cingur Matengan – Warung Suyoso

Selain itu, rujak cingur juga disebut juga dengan rujak ulek, hal ini disebabkan saat membuat bumbu rujak yang berisi bawang goreng, petis udang, gula merah, kacang tanah, cabai, dicampur menjadi satu dan diulek.

Pada penyajian rujak cingur, biasanya disajikan dalam dua macam sajian, yaitu dalam bentuk rujak cingur biasa dan rujak cigur matengan. Untuk rujak cingur biasa, artinya dalam satu porsi, semua bahan yang disampaikan di atas (mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, tahu, tempe, lontong, sayur kangkung, dan kerahi ), disajikan semuanya. Dan untuk rujak matengan, berarti hanya bahan yang sudah matang saja, yaitu lontong, tahu goreng, tempe goreng dan sayur yang sudah direbus yang disajikan, dengan bumbu yang sama menggunakan petis udang.

CULLINARY SUMMARY

  • Budget Aman : Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Di sepanjang Jalan Suyoso)
  • Wi-Fi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat : Jalan Suyoso No. 104, Sukabumi, Mayangan Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  • Jam buka : Pukul 06.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.
  • Contact Person: 0821 4152 9717
Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *