KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA ROTI BAKAR KHAS BANDUNG

Posted on

Menikmati kuliner masih menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi kuliner tersebut adalah kuliner yang kita senangi. Kali ini kita tidak akan membahas kuliner berat, namun akan membicarakan sekilas, tentang kuliner yang bisa juga disebut dengan jajanan. Sebagai bagian dari Kuliner Probolinggo, kuliner roti bakar menjadi salah satu jajanan yang jarang kita jumpai di Kota Probolinggo. Hanya terdapat beberapa gerai yang bisa ditemui.

KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA ROTI BAKAR KHAS BANDUNG
Roti Bakar Khas Bandung

Roti bakar atau bisa juga disebut dengan roti panggang, sebenarnya adalah roti yang dibakar dengan menggunakan alat melalui proses radiasi thermal, yang akan mengakibatkan roti menjadi berwana kecoklatan. Roti panggang di Indonesia, biasanya dinikmati dengan mengoleskan terlebih dahulu dengan mentega atau margarin, dan ditambah juga dengan bahan olesan dengan rasa yang manis, misalnya selai.

Sejarah roti bakar diawali saat zaman Romawi kuno, yang mengetahui bahwa roti yang tidak sempat dinikmati, akan menjadi lebih lezat kalau dibakar terlebih dahulu, sehingga hal ini yang menyebabkan roti tersebut disebut roti bakar (toates bread). Toast berasal dari kata “tostum” yang dalam bahasa latin berarti scorching atau disebut juga dengan “burning”. Sehingga meskipun roti masih segar, roti juga dibakar dikarenakan rasanya yang enak.

Pada awalnya, roti bakar ada di Indonesia sekitar abad ke 20 yang dibawa oleh orang Belanda dan membawa pengaruh kulinernya ke Indonesia, termasuk roti. Pada saat itu, roti yang digunakan sebagai roti bakar adalah roti yang sudah lagi tidak segar, karena khawatir tidak bisa digunakan, maka orang Eropa memanggang roti tersebut agar bisa dimakan. Di Inodenesia sendiri, roti bakar berkembang cukup pesat sekitar tahun 1950, dengan potongan coklat kecil yang ditabur di atasnya, dan pada akhirnya roti bakar telah menyebar di seluruh penjuru Indonesia dengan munculnya gerai roti bakar dengan variasi menu.

KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA ROTI BAKAR KHAS BANDUNG
Roti sedang dibakar

Kuliner Di Probolinggo

Di Kota Probolinggo, roti bakar yang terkenal adalah roti bakar khas Bandung, yang biasanya terdapat di daerah Tenesan, di area ruko di depan Istana Optik, di Jalan Panglima Sudirman. Terdapat beberapa penjual roti bakar, yang memberikan pilihan roti bakar dengan berbagai rasa.

Kuliner Di Probolinggo
Gerai Roti Bakar Khas Bandung

Saat mendengar sajian roti bakar, anda bisa membayangkan berbagai pilihan isi yang bisa dioleskan di dalam roti bakar, mulai dari keju, coklat, kacang, susu kental manis. Roti bakar saat ini memang lebih enak dibanding roti bakar yang dijual jaman dahulu. Saat ini roti bakar yang dijual lebih empuk dan lebih enak.

Kuliner Malam Probolinggo

Sebagai bagian dari kuliner yang ada di Kota Probolinggo, keberadaan roti bakar telah menjadi referensi kuliner di kota ini, tidak hanya roti yang dijual di toko roti namun roti bakar ini menjadi roti khas tradisional yang bisa dinikmati. Di Kota Probolinggo sendiri, roti bakar buka mulai puluk 16.30 sampai dengan larut mlam, sehingga bisa disebut sebagai kuliner malam.

Kuliner Malam Probolinggo
Roti Bakar

Selain bisa dinikmati saat malam, sebagai teman nongkrong sambil menikmati kopi dirumah, ternyata roti bakar juga bisa dimasukkan sebagai menu diet, atau sebagai menu sarapan pengganti nasi. Apalagi saat ini, roti bakar disajikan dengan berbagai piliha rasa yang menggoda, misalnya campuran bluebery dan nanas, atau campuran durian nanas. Seperti di gerai Roti bakar khas Bandung di tenesan Probolinggo, terdapat pilihan rasa dengan jumlah 31 pilihan rasa yang bisa dicoba.

Kuliner Malam Probolinggo
Menu Pilihan Roti Bakar

Sebenarnya membeli di gerai roti bakar, adalah cara cepat yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan roti bakar lezat, namun bisa saja anda mencoba berbagai cara atau melakukan percobaan dengan berbagai banyak rasa. Dengan begitu, anda bisa lebih tahu cara sederhana membuat roti bakar.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *