RESEP MASAKAN JAWA TIMUR SEHARI-HARI: NASI JAMUR

Posted on

Resep Masakan Jawa Timur Sehari-hari – Sebenarnya menikmati nasi dengan jamur ini, baru pertama kali kami rasakan. Yang kami tahu, biasanya jamur yang diperjualbelikan di pasar adalah jamur kancing. Terdapat sebuah gerai makanan di sebuah kota di Jawa Timur yang menjual nasi bungkus dengan pembungkus daun dengan berbagai macam nasi beserta makanan pelengkapnya. Kebetulan nasi jamur ini menjadi salah satu nasi yang dijual. Dengan nasi berada di bawah dan jamur berada di atas dengan daun pisang sebagai pembatasnya. Sungguh sangat alami.

RESEP MASAKAN JAWA TIMUR SEHARI-HARI: NASI JAMUR
Nasi Jamur

Setelah berbincang-bincang dengan pemilik gerai makanan tersebut, kebetulan beliau mau menjelaskan sedikit tentang nasi dengan jamur ini. Jamur yang digunakan adalah jamur tiram. Setelah mencari informasi melalui google, baru saya menemukan dengan detail tentang jamur tiram ini.

Jamur Tiram atau bahasa latinnya “Pleurotus Ostreatus” merupakan salah satu bagian dari kelompok jamur pangan (Kelompok Basidiomycota) dan termasuk kelas Homobasidiomycetes, dengan ciri umum yang mudah dilihat, tubuh buahnya berwarna putih dan kepala atau tudungnya berbentuk setengah lingkaran yang mirip dengan cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Sebenarnya di alam bebas, jamur tiram ini bisa ditemui hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan di daerah yang sejuk. Namun saat ini, karena jamur ini tidak berbahaya dan termasuk golongan jamur yang bisa dimakan, maka mulai banyak petani jamur yang membudidayakan, dengan media umum yang dipakai untuk membiakkannya adalah serbuk kayu yag merupakan limbah dari penggergajian kayu.

Kumpulan Resep Masakan Sehari-hari Khas Jawa Timur

Berbekal informasi dari pemilik gerai makanan tersebut, menggugah keingintahuan saya untuk mencari resep yang sesuai dengan selera kami, termasuk kecocokan dengan lidah anak-anak. Apalagi masakan yang sesuai dengan selera khas Jawa Timur. Kebetulan juga jamur tiram ni merupakan salah satu bahan pangan yang selain rasanya juga nikmat juga bisa dikreasikan dengan berbagai macam bentuk masakan.

Kumpulan Resep Masakan Sehari-hari Khas Jawa Timur
Nasi Jamur

Saat weekend dan kebetulan tidak acara diluar kota, sebenarnya sangat cocok untuk mencoba resep masakan sehari-hari yang dibuat dengan selera khas Jawa Timur ini. Dengan rasanya yang enak, dan teringat dengan rasa jamur tiram yang diolah di gerai makanan tersebut, akhirnya  saya mencoba menjadikan jamur tiram ini sebagai makanan favorit.

Dari berbagai kumpulan resep masakan khas Jawa, memang jamur tiram bisa dikreasikan sebagai makanan dan masakan sehari-hari, antara lain menjadi jamur tiram bumbu kuning, tumis jamur tiram, jamur tiram yang dikukus, sup jamur tiram, sate jamur tiram dan banyak sekali kreasi masakan dengan bahan dasar jamur tiram.

Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Tiram

Siapa yang mengira kalau jamur tiram ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Jamur tiram adalah bahan makanan yang mengandung nutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidarat, lemak dan kalori. Hal ini juga diperkuat penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical, Universitas Chulangkorn, yang menyebutkan bahwa jamur tiram ini mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamn B2 dan vitamin C. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Jamur_tiram).

Satu lagi, ternyata lemak yang terkandung dalam jamur tiram merupakan asam lemak tak jenuh sehingga aman dan baik untuk dikonsumsi oleh yang menderita kolesterol (hiperkolesterol) maupun yang mengalami gangguan metabolisme lipid lainnya. Jamur tiram juga memiliki kandungan vitamin yang cukup penting, khususnya vitamin B, vitamin C dan vitamin D. Selain itu mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur tiram memiliki kandungan yang rendah, sehingga jamur ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Kandungan Gizi dan Manfaat Jamur Tiram
Nasi Jamur

Berbicara tentang manfaat, maka mengkonsumsi jamur tiram memiliki manfaat selain sebagai bahan makanan, yaitu menurunkan kolesterol dalam tubuh, sebagai antibakteri dan antitumor. Selain itu jamur tiram juga dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi dan juga memiliki manfaat untuk membunuh nematoda.

Secara kesehatan, jamur tiram memiliki manfaat yang cukup bagus, yatu dapat mengurangi kolesterol dan mengurangi jantung lemah, dan dipercaya juga memiliki khasiat sebagai obat, misalnya untuk penyakit lever, diabetes, anemia, juga berfungsi sebagai antiviral dan antikanker dan menurunkan kadar kolesterol.

Sebenarnya saya sendiri sangat kaget dengan kandungan dan manfaat jamur tiram yang begitu banyak. Hal ini juga didukung oleh penelitian USDA (United States Drugs Administration) yang melakukan penelitian terhadap tikus yang menunjukkan bahwa tikus yang diberikan menu makanan jamur tiram ini dengan kurun waktu selama 3 minggu, ternyata menunjukkan penurunan kadar kolesterol hingga 40% dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makanan yang mengandung jamur tiram ini. Dan mereka memiliki kesimpulan bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol.

Satu lagi, bagi anda yang menjalani diet, jamur tiram ini baik untuk anda, karena jamur tiram mampu membantu menurunkan berat badan karena jamur tiram memiliki serat yang tinggi dan membantu pencernaan. Ditambah lagi, jamur tiram memiliki kandungan plovastin, yang dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (yang komponen aktifnya merupakan statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol didalam tubuh.

Resep Masakan Sehari-hari Khas Jawa Timur: Nasi Jamur

Setelah berbicara tentang kandungan gizi dan manfaat jamur tiram, maka kali ini kita akan mencoba mengulas sedikit tentang resep dan cara memasak masakan sehari-hari untuk masakan khas Jawa Timur yang tentunya disuka juga oleh anak-anak. Dan untuk rasa, yang saya ingin adalah membuat nasi jamur yang dibungkus dengan daun pisang agar lebih alami.

Kali ini kami akan membagi beberapa resep, yang mungkin bisa dipakai untuk masakan di rumah. Masakan ini sangat disuka anak-anak dan sering dijual di sekolah. Nasi Jamur, kami pilih untuk membagi resepnya karena bahannya yang mudah dan cara pembuatannya yang sederhana.

Saat ini Nasi Jamur menjadi jajanan yang menjadi kesenangan anak-anak terutama di sekolah. Harganya pun murah. Namun alangkah senangnya bila kita bisa membuat sendiri untuk anak-anak kita. Bahkan sekarang banyak sekali gerai nasi jamur mulai muncul, contohnya “Sego Njamoer”.

Resep Masakan Sehari-hari Khas Jawa Timur: Nasi Jamur
“Sego Njamoer”

Atau sebut saja “Sego Kucing Jamur” maksudnya nasi dengan lauk tumis jamur yang juga dijual oleh salah satu angkringan. Di resep ini kita akan membuat “Sego Jamur Bungkus Daun Pisang” atau istilahnya Sego Kucing Jamur.

Oke, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

  • 200 gram jamur tiram, jangan lupa untuk dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil.
  • 3 sendok makan tepung maizena.
  • Nasi putih, untuk bahan sego bungkus daun cukup 1 ½ sendok nasi matang.
  • 1 sendok teh garam.
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk.
  • 2 sendok makan minyak (untuk tumis jamur).    
  • ½ sendok teh gula.
  • ½ sendok teh merica

Cara membuat sego jamur:

  • Jamur tiram yang sudah dicuci dan dipotong kecil diasinkan dengan garam, gula, ketumbar bubuk, dan merica kemudian diaduk rata. Lalu ditambahkan tepung maizena. Setelah itu di aduk secara merata.
  • Langkah berikutnya, minyak dipanaskan di permukaan wajan atau teflon, setelah panas, baru dimasukkan jamur yang sudah diberi bumbu. Kemudian ditumis hingga jamur lembut.
  • Karena menu adalah sego jamur yang disajikan dengan daun pisang maka, nasi diletaakan/dibungkus di daun pisang kemudian diberikan pembatas daun pisang, baru kemudian ditambahkan 1 sendok makan jamur yang sudah ditumis. Baru kemudan dibungkus dengan daun pisang lagi.
  • Langkah terakhir, sego jamur bungkus daun pisang ini bisa segera disajikan.
sego jamur bungkus daun pisang
Sego jamur bungkus daun pisang

Cukup mudah bukan. Sepertinya memang harus dicoba ya, apalagi caranya yang sederhana dan bahannya yang murah.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *