OLEH-OLEH KHAS JOGJA: “BAKPIAPIA”, PIA JOGJA MODERN

Posted on

Setelah menikmati indahnya Kota Jogjakarta, dan berbagai tempat wisata dan wisata kuliner. Kali ini kita berdiskusi tentang apa yang akan kita bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman bahkan saudara di rumah. Banyak sekali kue, makanan atau pun sajian kuliner khas Jogjakarta yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Namun kebanyakan yang dibawa adalah kue khas Jogjakarta, hal ini dikarenakan selain lebih tahan lama, juga bisa dimakan bersama-sama.

OLEH-OLEH KHAS JOGJA: “BAKPIAPIA”, PIA JOGJA MODERN
Bakpiapia

Melihat banyaknya sajian kuliner yang ingin dibawa pulang, pasti membuat bingung. Namun dari sekian kue ataupun sajian kuliner yang ada. Kami memilih kue khas Jogjakarta yaitu “bakpia”. kue bakpia khas jogjakarta memang berbeda, rasanya lebih enak dengan tampilan yang unik.

Oleh-oleh Khas Jogja Bakpia

Sangat menarik memang mencari informasi tenjang jenis kue bakpia ini. Sebenarnya bakpia adalah sejenis makanan yang dibuat dari campuran kacang hijau dengan gula, baru kemudian dibungkus dengan tepung, dan dipanggang. Sebutan “bakpia” berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata “bak” yang memiliki arti daging babi, dan kata “pia” yang berarti kue. Sehingga bakpia dari asal katanya berarti sebuah roti yang berisi daging. Dengan berjalannya waktu, di Indonesia disebut dengan nama “pia” atau “kue pia”.

Oleh-oleh Khas Jogja Bakpia
Bakpiapia

Berbicara tentang bakpia di Kota Jogjakarta, sebenarnya saya sudah mengenal bakpia ini sejak lama. Yang terkenal, yang biasanya saya nikmati adalah Bakpia Pathuk. Namun setelah sekian lama, dan berdasarkan informasi, Pathuk atau Pathok adalah nama suatu daerah di Jogjakarta, yang merupakan asal bakpia Jogjakarta. Dikarenakan masyarakat Jogjakarta banyak yang beragama Islam, maka pada akhirnya isi bakpia yang semula daging babi diubah menjadi kacang hijau. Dan di Kampung Pathuk sebagai kampung pembuat bakpia inilah merek bakpia berbentuk nomor, disesuaikan dengan nomor rumah produsen, misal Bakpia 25, Bakpia 75 dan banyak lagi lainnya. Namun pada perkembangannya merek Bakpia sudah bukan berdasarkan nomor rumah, namun berkembang menjadi merek lainnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bakpia)

Oleh-oleh Khas Jogja Hits

Karena kelezatan bakpia ini, menjadikan kue ini sebagai favorit dan pilihan untuk oleh-oleh. Sangat banyak merek bakpia yang tersebar di Kota Jogjakarta, terdapat lebih dari 100 merek bapkia dikota ini. Namun terdapat beberapa bakpia yang sering dicari wisatawan dan para pengunjung kota wisata ini, antara lain Bakpia 25, Bakpia Kurniasari, Bakpia Djava, Bakpia Kencana, Bakpia 75, Bakpia 145 dan Snack It Pia 100.

Terdapat hal yang menarik saat menikmati kunjungan ke Jogjakarta bersama keluarga kemarin yang kebetulan saat itu kami menginap disebuah penginapan di Jalan Dagen (sebuah jalan di area Kompleks Malioboro Jogjakarta). Pada saat akan menuju Jalan Malioboro terdapat sebuah gerai yang kebetulan menjual bakpia. Sempat tidak terpikir untuk masuk digerai ini, “bakpiapia”.

Oleh-oleh Khas Jogja Hits
Bakpiapia – Outlet Jalan Dagen Malioboro

Penasaran?. Pasti… Itu yang terbersit dengan nama jenis oleh-oleh bakpia ini. Karena namanya yang cenderung berbeda dan menarik. Setelah browsing diinternet tentang kenikmatan bakpia buatan bakpiapia ini barulah saya kemudian ingin mencoba membeli dan menikmati sajian pia dari bakpiapia ini.

Dari informasi yang ada, awalnya Bakpia ini merupakan bakpia yang diproduksi rumahan atau bisa disebut industri rumah tangga yang telah berdiri sejak Juni 2004 di Jalan Sosro Meduran Yogyakarta. Baru pada September 2004 setelah industri ini berkembang, manajemen Bakpiapia ini mengontrak gerai kecil di Jalan Dagen No. 7 (Depan Hotel Whiz), Sosromenduran, Gang Jalan Malioboro.

Oleh-oleh Khas Jogja Hits
Bakpiapia – Outlet Jalan Dagen Malioboro

Satu hal lagi, ada yang membuat berbeda dari bakpia yang ada selama ini, bila selama ini bakpia di kemas dengan kotak bersimbol angka. Maka di Bakpiapia ini disuguhkan dengan kemasan yang lumayan unik. Terdapat beberapa jenis yang ditawarkan yaitu bakpia single, blasteran dan ampyang kepyar. Dari sekian jenis bakpiapia ini jenis bakpia blasteran sepertinya paling dicari dan menjadi hits disini, dikarenakan jenis pia buatan Bakpiapia ini dibuat dengan memadukan rasa barat dan taste Jawa. Bentuk dan ukuran agak besar bila dibandingkan dengan jenis bakpia yang lain, dengan isi cappucino, durian, blueberry cheese, pisang keju, coklat dan nanas. Sepertinya menjadi pilihan alternatif pilihan untuk oleh-oleh selain bakpia yang selama ini ada.

Oleh-oleh Khas Jogja Hits
Bakpiapia

Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian

Berbicara tentang kuliner kekinian atau oleh-oleh kekinian, ternyata inilah “Bakpia Kekinian”, yang bisa menjadi alternatif bakpia di Jogjakarta, dengan berbagai rasa dan pilihan. Apalagi packagingnya yang unik dengan warna yang serasi dan dengan model yang eksklusif, menjadikan ciri khas dari packaging pia yang dipakai oleh bakpiapia.

Oleh-oleh Khas Jogja Kekinian
Bakpia Kekinian

Untuk mendapatkan bakpia kekinian ini, sekaranglah sangat mudah, apalagi bakpiapia sudah menggunakan kekuatan pemasaran melalui media sosial. Ditambah lagi dengan masuknya bakpiapia di aplikasi jasa pemesanan makanan misalnya gofood dari gojek atau pun grabfood dari grab, bahkan aplikasi jasa antar lokal, menambah mempermudah konsumen bakpiapia untuk mendapatkan kue kekinian ini. Atau apabila anda ingin mencari varian sesuai keinginan bisa dibuka di website resmi bakpiapia di www.bakpiapia.com.

Namun tidak menjadi masalah apabila anda ingin mengunjungi outlet atau cabang bakpiapia yang tersebar di Jogjakarta. Terdapat 7 (tujuh) cabang yang bisa anda kunjungi:

  1. Jalan Dagen No. 7 Jogjakarta (depan hotel Whiz).
  2. Ambarukmo Plaza Jogjakarta depan Carrefour.
  3. Jalan Kaliurang Km. 5,2 Jogjakrta.
  4. Ruko Bayeman Permai No. 4 Jalan Wates Km. 3 Jogjakarta.
  5. Sevensoule De Arcade, Jalan Cendrawasih Komplek Kolombo No. 4 Jogjakarta.
  6. Jalan Mataram Jogjakarta (diseberang Popeye Music).
  7. Toko Batik “Teratai Indah”, Jalan Malioboro Jogjakarta.

Jadi, untuk oleh-oleh khas Jogja khususnya bakpia, bakpia dari Bakpiapia saat ini juga menjadi salah satu pilihan bagi kami. Apalagi sekarang gerai dan outletnya sudah semakin banyak sehingga kami tidak bingung untuk membelinya.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *