MENYUSURI TOL TRANS-JAWA DARI TONGAS KE JOMBANG

Posted on

Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi Umat Islam di dunia, setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada Bulan Ramadhan. Begitu pula di Indonesia, sebagai hari raya keagamaan yang sangat dihormati, maka Idul Fitri juga menjadi tradisi yang sangat penting dan unik yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesa, yaitu dengan adanya tradisi mudik. Dengan adanya tradisi untuk pulang kampung menjadikan jalanan ramai dengan banyaknya kendaraan yang memadati jalan untuk mudik. Begitu pula saya, denga adanya tol baru, membuat saya bisa mencoba untuk menyusuri tol Trans-Jawa dari Tongas ke Jombang.

Sebenarnya mudik, sudah ada sejak lama, mudik merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh para perantau, untuk kembali ke kampung halaman. Mudik ini dilakukan menjelang hari raya keagamaan, biasanya saat Hari Raya Idul Fitri. Berbicara tentang mudik, maka hal ini berkaitan dengan sarana transportasi dan infrastruktur yang mendukung terlaksananya mudik tersebut, khususnyan jala darat. Dengan gencarnya pembangunan yang dilakukan, khususnya pembangunan jalan tol, hal ini mempermudah proses perjalanan antar kota. Kalau biasanya di jalan raya antar kota, sering terjadi kemacetan, maka dengan adanya pembangunan tol yang menghubungkan antar kota di Pulau Jawa diharapkan bisa mengurangi kemacetan.

Tol Trans-Jawa, Menikmati Sebagian Rute Tol Arah Tongas sampai Tol Jombang

Tradisi mudik, menjadikan kami sekeluarga ingin bersilaturahmi dengan keluarga, teman, dan handai taulan, kebetulan kami sampai di Tongas (pintu tol Tongas ini ternyata sudah bisa dilewati H-7 lebaran). Tongas, adalah sebuah kecamatan yang masuk di wilayah Kabupaten Probolinggo. Di Tongas memang sangat terkenal dengan pilihan tempat kulinernya. Banyak sekali tempat kuliner enak yang bisa menjadi persinggahan sementara, apalagi terdapat pintu tol yag memungkinkan anda untuk turun sebentar dan kemudian melanjutkan perjalanan dan masuk ke pintu tol Tongas.

MENYUSURI TOL TRANS-JAWA DARI TONGAS KE JOMBANG
Masuk Jalan Tol

Melewati perjalanan darat antar kota di jalan raya sudah menjadi hal biasa, dan kami pun ingin mencoba menikmati jalan tol melalui pintu tol Tongas, dan tujua akhir di pintu tol Jombang, meskipun kami juga tertarik untuk melanjutkan perjalanan ke Solo melalui jalan tol. Proyek tol Tongas, adalah bagian dari jalan tol Trans-Jawa, yang menghubungkan seluruh kota di Pulau Jawa, yang menghubungkan dua kota terbesar yaitu Jakarta dan Surabaya. Tol Trans-Jawa memliki panjang + 1000 kilometer.

Tol Trans-Jawa, Menikmati Sebagian Rute Tol Arah Tongas sampai Tol Jombang
Gerbang Tol Jombang

Setelah menikmati kuliner di Tongas, kami pun melanjutkan perjalanan melalui pintu tol Tongas. Tongas adalah salah satu kecamatan yang juga masuk pada proyek Tol Pas-Pro atau Jalan Tol Pasuruan Probolinggo, yang meghubungkan antara Pasuruan dengan Probolinggo sepanjang 45 kilometer, selain itu, jalan tol ini juga menghubungkan antara Surabaya dan Banyuwangi dan juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Jalan tol ini dibangun sekitar tahun 2016 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 10 April 2019.

Menarik sekali mencoba perjalanan melalui jalan tol ini, kebetula saya juga mencatat hisori perjalanan untruk mengetahui kilometer perjalana sampai tujuan di Kota Jombang, yaitu sebagai berkut:

Perjalanan dari Tol Tongas menuju Jombang melalui jala tol

No Km Kendaraan Masuk Tol Pukul Harga Rp. Keterangan
1 110.948 Tongas 08.00   Masuk Pintu Tol
2 111.008 Kejapaan 08.25 47.500 Tongas s/d. Kejapanan
3 111.034 Waru Gunung 08.59 4.500 Kejapanan-Wr Gunung
4 111.097 Jombang 10.16 65.000  

Jarak tempuh total dari Masuk pintu Tol Tongas sampai dengan pintu tol Jombang + 149 km, dengan waktu 2 jam 16 menit dan total biaya tol Rp. 117.000,-.

Perjalanan sebaliknya dari Pintu Tol Jombang ke Tongas (pada hari berikutnya), sebagai berikut:

No Km Kendaraan Masuk Tol Pukul Harga Rp. Keterangan
1 111.150 Jombang 14.22    
2 111.209 Waru Gunung 15.49 65.000  
3 111.226 Sidoarjo      
4 111.240 Kejapanan 15.49 4.500  
5 111.297 Tongas 16.50 47.500  
  • Istirahat di Rest Area tol Surabaya Mojokerto dikilometer 725, sekitar 40 menit.
  • Km Kendaraan menggunakan mobil pribadi.
  • Jarak tempuh total dari Masuk pintu Tol Jombag  sampai dengan pintu tol Tongas + 147 km, dengan waktu 2 jam 30 menit dan total biaya tol Rp. 117.000,-.

Wisata Kuliner Jombang, Nikmatnya Sajian Kuliner di Kota Jombang

Setelah menikmati perjalanan melalui jalan tol, saatnya menikmati kuliner di Kota Jombang. Jombang menjadi kota tujuan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara dan teman, selain itu juga ingin menikmati kuliner di kota ini. Untuk menginap, kami memilih Hotel Fatma yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo No. 22-24, Tugu, Jombang, Jawa Timur, karena sudah menjadi langganan menginap di hotel ini. Namun sayang, karena kamar sudah banyak yang dipesan sejak sebelum bulan puasa, maka kami hanya mendapat kamar Utama dengan 2 tempat tidur seharga Rp. 325.000,-, biasanya kami mendapatkan kamar dengan tipe Supra Tama dengan 2 bed  (besar dan kecil). Untuk tempat menginap, menurut kami tidak menjadi maslaah karena kami hanya menginap hanya semalam, selanjutnya kami akan melanjutkan perjalanan kembali.

Berbincang tentang kuliner terdapat dua jenis kuliner yang selalu menarik untuk didatangi, karena diantara berbagai pilihan kuliner dan tempat makan enak di Jombang, hanya dua tempat ini yang menjadi idola anak-anak, yaitu:

1.Soto Daging Cak No.  Tempat makan enak ini berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa, Depan Taman Makam Pahlawan Kota Jombang, buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00. Selain soto daging, tempat ini juga menyediakan soto dengan jerohan sapi, favorit saya adalah sajian soto dengan babat sapi dan usus sapi. Untuk harga, saya tidak terlalu bertanya karena rasanya yang enak, namun menurut saya sangat murah, dengan 3 porsi soto jerohan sapi, ditambah 3 minuman (2 es teh dan 1 jeruk nipis) hanya sebesar Rp. 50.000,-.

Wisata Kuliner Jombang, Nikmatnya Sajian Kuliner di Kota Jombang
Soto Daging Cak No (Dengan Babat dan Usus Sapi)

2. Ayam Geprek Bensu. Tempat makan ini menjadi idola anak-anak, karena rasanya yang enak dan sensasi pedasnya yang lezat. Geprek Bensu ini berlokasi di Jalan KH. Hasyim Asyari No. 15,  Jombang, buka mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00. Terdapat beberapa pilihan menu bahkan ada menu baru yang bisa dipesan, namun saya mencoba paket geprek bensu sambal matah, karena penasaran. Pesanan lainnya, antara lain :

Wisata Kuliner Jombang, Nikmatnya Sajian Kuliner di Kota Jombang
Paket geprek bensu sambal matah
No Jenis Paket Harga Rp.
1 Paket Geprek Bensu Sambal Matah (1) 15.000
2 Paket Geprek Bensu Level 5 (1) 15.000
3 Paket Geprek Bensu Level 2 (1) 15.000
4 Paket Geprek Bensu Leleh (1) 25.000
5 Fruit Tea (2) 15.000
  Total 93.500

Sebenarnya banyak sekali pilihan kuliner di Kota Jombang, namun karena waktu yang terbatas dan juga menyesuaikan dengan selera anak-anak, maka kami memilih kuliner yang bisa dinikmati anak-anak.

Cold Brew, Pilihan Kopi Saat  Mudik di Indomaret Rest Area

Cold Brew, Pilihan Kopi Saat  Mudik di Indomaret Rest Area
Cold Brew Original

Ngantuk saat nyetir?. Mungkin pilihan kopi bisa menjadi pilihan untuk mengurangi rasa kantuk saat nyetir. Selama perjalanan, karena kebutuhan harus ke toilet dan ingin membeli makanan ringan, akhirnya kami berhenti di Rest Area Km 725 di Tol SUMO (Surabaya- Mojokerto). Untuk kopi, dari sekian pilihan kopi, akhirnya saya memilih sajian kopi cold brew. Cold brew adalah teknik menyeduh kopi dengan bahan bubuk kopi menggunakan air dingin dan didiamkan selama 12 sampai dengan 24 jam untuk mendapatkan rasa yang optimal. Tentunya rasanya pahit, namun menyegarkan.

Cold Brew, Pilihan Kopi Saat  Mudik di Indomaret Rest Area
Cold Brew Original dan Palm Sugar

Cold Brew ini bisa didapatkan di Point Cafe Indomaret, dengan harga Rp. 20.000 per botol, agar lebih murah saya membeli  2 botol dengan harga Rp. 30.000 untuk 2 botol dengan rasa original dan palm sugar. Cold brew memang berbeda, teknik ini akan menghasilkan kopi dengan konsentrat kopi yang lebih pekat. Dan kelebihan menikmati kopi dengan cold brew ini, kopi bisa segar sampai dua minggu jika disimpan di lemari es.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

One thought on “MENYUSURI TOL TRANS-JAWA DARI TONGAS KE JOMBANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *