LIBURAN KE SURABAYA: INDAHNYA “MASJID AL AKBAR SURABAYA”

Posted on

Menikmati wisata ke Surabaya, bisa jadi menjadi salah satu pilihan kalau anda ingin menikmati wisata murah di Jawa Timur. Karena di Kota Surabaya, masih banyak tempat wisata yang tidak berbayar, dengan kata lain gratis, atau meskipun berbayar tapi sangat terjangkau. Atau anda memiliki cara lain yang bisa anda lakukan, misalnya jalan-jalannya ke mall, tetapi menikmati kulinernya di luar mall. Kalau hal ini dianggap ribet, sebenarnya tidak menjadi masalah yang penting liburan ke Surabaya-nya murah dan anak-anak senang.

LIBURAN KE SURABAYA: INDAHNYA “MASJID AL AKBAR SURABAYA”
Masjid Nasional Al Akbar

Berbicara tentang traveling, maka traveling adalah aktivitas yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun aktivitas traveling tidak sejauh yang anak-anak kami perkirakan, biasanya kalau saat liburan, kami selalu mengajak ke Yogyakarta atau suasana pegunungan seperti di Batu Malang. Traveling atau jalan-jalan kali ini hanya saya ajak untuk menikmati Kota Surabaya yang kebetulan saat itu bertepatan dengan suasana Hari Raya Idul Adha.

Liburan Ke Kota Surabaya

Cerita liburan ke Masjid Agung ini sebenarnya cerita tahun kemarin saat menikmati jalan-jalan ke Kota Surabaya. Perjalanan awal kami pilih ke Masjid Al Akbar Surabaya, masjid ini biasa terkenal dengan Masjid Agung Surabaya. Meskipun dulu, saya sempat tinggal di sekitar Masjid Agung ini, namun saya jarang mengajak anak-anak untuk menikmati keindahan masjid ini, misalnya sampai naik ke tower masjid sambil menikmati keindahan Kota Surabaya dari ketinggian. Aktivitas yang biasa saya lakukan saat itu hanya beribadah bersama anak-anak dan jalan-jalan di sekitaran masjid. Namun setelah lama pindah ke kota lain, baru kali ini saya bisa menikmati indahnya beribadah disini sambil menikmati waktu disini.

Liburan Ke Kota Surabaya
Suasana Dalam Masjid Al Akbar

Karena kunjungan kami ke Masjid Al Akbar ini, akhirnya sambil berbagi pengalaman tentang traveling singkat ini, tidak ada salahnya saya berbagi cerita tentang masjid yang menjadi kebanggaan warga Surabaya dan warga Jawa Timur.

Masjid Nasional Al Akbar, masjid ini biasa disebut dengan Masjid Agung Surabaya, yang juga merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia. Masjid yang berkapsitas 59.000 jamaah ini berlokasi di samping Jalan Tol Surabaya-Porong, dengan ciri kubah yang besar didampingi 4 kubah kecil dan adanya menara setinggi 99 meter.

Liburan Ke Kota Surabaya
Suasana Dalam Masjid Al Akbar

Masjid ini dibangun tanggal 4 Agustus 1995 yang digagas oleh Walikota Surabaya, Bapak H. Soenarto Soemoprawiro dan selesai secara tuntas pada tahun 2001. Masjid Agung Surabaya ini memiliki luas 22.300 meter persegi dengan panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Satu hal yang unik pada masjid ini terletak pada kubah masjid, yaitu bentuk  kubah yang mirip setengah telur dengan diameter 1,5 layer dan tinggi 27 meter. Ciri lain yang menakjubkan dari masjid ini adalah pintu masuk ke dalam masjid ini, tinggi dan besar sedang mihrabnya adalah mihrab (bagian bangunan masjid yang digunakan sebagai tempat imam memimpin shalat berjamaah) merupakan mihrab masjid terbesar di Indonesia.

Liburan Ke Kota Surabaya
Suasana Dalam Masjid Al Akbar

Wisata Di Surabaya Yang Murah

Kalau anda mencari tempat wisata yang murah di Surabaya, maka di tempatlah ini tempatnya. Kalau anda seorang Muslim, anda bisa menikmati indahnya beribadah di masjid ini, dengan kedamaian hati dan tenangnya sholat di Masjid Agung Surabaya ini.

Selain itu, anda bisa melihat suasana Kota Surabaya, dari ketinggian dengan melihatnya melalui “Menara Masjid”. Menara ini selalu membuat penasaran putri saya, karena pada saat berkesempatan ke masjid ini selalu tidak memiliki kesempatan untuk naik dikarenakan waktu yang belum memungkinkan. Namun setelah sekian lama, baru akhirnya saya bersama keluarga bisa menikmati waktu untuk naik di menara ini. Tahukah kawan untuk membangun menara masjid ini digunakan teknologi Slip Form dari Singapura yang memerlukan waktun 2 bulan.

Wisata Di Surabaya Yang Murah
Tampak Masjid Al Akbar dilihat dari Menara
Wisata Di Surabaya Yang Murah

Tampak Kota Surabaya di lihat dari Menara

Event Hari Raya Idul Adha. Pada saat jalan-jalan ke Masjid Agung Surabaya kemarin, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Dan pada saat itu juga suasana masih Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Sehingga di halaman masjid di sisi selatan terdapat sapi dan kambing kurban, namun masih belum dilakukan penyembelihan.

Idul Adha adalah hari raya Islam, dan diperingati peristiwa kurban, saat Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Alloh, yang kemudian yang disembelih diganti oleh Alloh dengan domba. Dan Idul Adha itu jatuh pada tanggal 10 Bulan Dzulhijjah yang biasanya jatuh pada 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *