KULINER SURABAYA: LIMA KULINER KIKIL SAPI ENAK

Posted on

Kuliner masih menjadi sebuah hobi yang menarik untuk diperbincangkan, begitu juga dengan Kota Surabaya, yang memiliki banyak jenis dan ragam kuliner, mulai dari ragam kuliner tradisional sampai dengan kuliner kekinian. Pilihan kuliner di Kota Surabaya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dicoba, salah satu kuliner nikmat yang patut dicoba adalah kuliner kikil sapi. Begitu juga dengan artikel yang sengaja mengangkat ide “Kuliner Surabaya: lima kuliner kikil sapi enak” yang bisa anda coba. Kuliner kikil sapi di Surabaya memang tersebar di seluruh penjuru Surabaya, mulai dari yang menawarkan dagangannya dengan gerobak dorong sampai dengan warung atau depot kikil yang sering menjadi tujuan untuk menikmati kuliner.

Kikil sapi adalah bagian dari kaki sapi yang sengaja diolah untuk mendapatkan makanan lezat dengan tekstur yang kenyal. Pengolahan kikil sapi yang tepat akan membuat tekstur yang kenyal dan menjadikan makanan kikil sapi ini menjadi empuk. Sebenarnya kikil sapi merupakan tulang rawan yang terletak pada bagian kulit sapi.

Olahan kuliner kikil sapi, saat ini sangat disukai, selain rasanya yang enak, juga disebabkan kikil sapi memiliki kandungan nutrisi yang ada pada kikil sapi. Kandungan nutrisi tersebut, antara lain:

  • Protein, yang terdapat kikil sapi berbentuk kolagen.
  • Selenium, adalah jenis mineral yang sangat penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh.
  • Purin, kandungan ini merupakan senyawa organik yang biasanya ditemukan dalam berbagai jenis hewan, zat purin biasanya diproses dalam tubuh dan menghasilkan asam urat.

Selain, kandungan zat tersebut, anda yang menyukai kuliner kikil sapi harus berhati-hati, karena adanya kandungan kolesterol dalam kikil sapi.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Kikil Sapi

Kenikmatan kikil sapi Surabaya memang tidak ada tandingannya, apalagi dengan tambahan lontong dan taburan bawang prei yang nikmat, rasa segarnya menjadikan kita ingin menikmati sajian kuliner ini. Dari berbagai kuliner di Surabaya, sepertinya kuliner kikil sapi ini adalah kuliner yang wajib dicoba kalau anda sering berkunjung ke Surabaya.

Terdapat rekomendasi lima kuliner kikil sapi atau kuliner lontong kikil sapi yang empuk dan lumer dimulut yang wajib dicoba, antara lain sebagai berikut:

1.Kikil Sapi Waru Jaya. Kalau anda sering menuju ke Surabaya, dari arah Sidoarjo, tempat kuliner ini akan terlihat sebelum Pintu Keluar Terminal Bungurasih. Lokasi tepatnya berada di Jalan Letjen S. Parman, Waru, Sidoarjo. Tempat kuliner ini buka mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00. Kikil sapi Waru Jaya ini dikelola oleh keluarga Hj. Samsu yang telah berdiri sejak 27 tahun yang lalu. Kikil sapi ini sangat digemari, dikarenakan kikilnya yang empuk dan potongan kikilnya besar. Kunci merebus kikil sapi ini menurut Ny. Endang Fauzi, pemilik Kikil Sapi Waru Jaya, terletak pada kesabaran dalam mengolah kikil agar menjadi olahan nikmat, yang dibutuhkan waktu hingga 4 jam untuk merebus kikil (kuncinya adalah dalam merebus kikil harus lama, agar diperoleh kikil yang empuk).

KULINER SURABAYA: LIMA KULINER KIKIL SAPI ENAK
Kikil Sapi Waru Jaya (Sumber Gambar: instagram.com/horizonhoman)

2. Kikil Sapi Ria Cak Ratno. Lokasi Kikil sapi Cak Ratno berada di Wisata Kuliner Paguyuban Blimbing Ria, Stand No. 10, Jalan Embong Blimbing No. 6, dan buka mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 24.00. Dari berbagai sumber, Kikil Cak Ratno adalah kikil yang menjadi panutan cara mengolah kikil di Kota Surabaya. Kikilnya sangat empuk dan bumbunya sangat terasa. Istilahnya pas, baik rasanya yang tidak terlalu asin, kuahnya tidak terlalu kental, meskipun makanan ini adalah makanan bersantan. Dan kelebihan membeli kikil sapi Cak Ratno, adalah anda diberi kebebasan menambahkan daun bawang dan jeruk nipis di Kikil yang telah anda pesan.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Kikil Sapi
Kikil Sapi Ria Cak Ratno (Sumber Gambar: surabayarek.com)

3. Kikil Sapi Kutai Jaya. Kuliner kikil ini berlokasi di Jalan Kutai No. 42, Surabaya dan buka mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 23.00. Ada yang berbeda kalau anda menikmati lontong kikil di tempat kuliner ini, perbedaan yang mendasar terletak pada bumbu yang menjadi rahasia yang digunakan warung kikil ini, yang menggunakan “bumbu kacang”. Bumbu kacang ini menjadi resep yang dipakai selama warung Kikil Sapi Kutai Jaya mulai berdiri sejak tahun 1973. Cara memasaknya pun berbeda, untuk bumbu, kacang yang telah dihaluskan, ditambahkan rempah-rempah, baru kemudian dicampurkan ke dalam kaldu sapi, yang menghasilkan rasa yang enak dan gurih. Untuk sambal, yang digunakan pun adalah sambal kacang.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Kikil Sapi
Kikil Sapi Kutai Jaya (Sumber Gambar: www.instagram.com/horizonhoman)

4. Kikil Sapi Pak Said. Kuliner kikil ini terletak di Jalan Raya Pagesangan atau di depan pabrik korek PT. Pakabaja. Buka pukul 14.00 sampai dengan pukul 21.00. Ciri khas kikilnya terletak pada potongan kikil yang besar-besar dan sangat empuk. Rahasia empuknya kikil terletak pada proses perebusan yang panjang (2 kali perebusan), pada tahap pertama direbus selama empat jam, kemudian diiris dan direbus lagi bersama dengan kuah dan bumbu selama empat jam. Dan total lama perebusan kikil selama delapan jam. Untuk kuah, terdapat ciri khas yag berbeda dengan warung kikil lainnya, kuahnya tidak dari santan, namun dari kemiri dan campuran rempah-rempah.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Kikil Sapi
Kikil Sapi Pak Said (Sumber Gambar: wisatasidoarjo.com)

5. Kikil Sapi Lodoya. Tempat kuliner ini berada di Jalan Pucang Anom Timur No. 32 Surabaya, dan buka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 23.00. Tempat kuliner ini termasuk salah satu favorit tempat menikmati kuliner kikil sapi, meskipun baru buka tahun 2014, jadi terhitung masih baru, bila dibandingkan dengan tempat kuliner kikil lainnya di Surabaya. Ciri khas kikil sapi Lodoya terletak pada kuahnya yang segar, karena menggunakan campuran daun jeruk dan daun salam, sehingga menimbulkan rasa segar saat kuah kikil dinikmati.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Kikil Sapi
Kikil Sapi Lodoya (Sumber Gambar: instagram.com/moggymaulana)

Kuliner Surabaya Instagram

Itu dia beberapa kuliner andalan kikil sapi yang bisa menjadi rujukan kalau anda ingin menikmati kuliner di Kota Surabaya. Banyak sekali ulasan menarik tentang berbagai kuliner di Kota Surabaya, khususnya kuliner kikil sapi di Surabaya. Bahkan disalah satu media sosial, yaitu Instagram, banyak sekali ulasan yag memberikan ulasan positif tentang ragam kuliner ini. Anda tinggal memilih tempat kuliner mana yang ingin dikunjungi dan membuat daftarnya dan langsung menuju ke tempat kuliner yang anda inginkan.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *