KULINER PROBOLINGGO: “PEDASNYA SEBLAK CIPUT”

Posted on

Memilih sajian kuliner, pasti membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun berbeda ceritanya kalau sudah memiliki sajian kuliner pilihan. Begitu juga di Kota Probolinggo, membicarakan kuliner memang tiada habisnya, semakin berkembang, dan semakin muncul berbagai Kuliner Probolinggo baru yang bisa menjadi pilihan pecinta kuliner untuk menikmati kuliner.

KULINER PROBOLINGGO: “PEDASNYA SEBLAK CIPUT”
Seblak Ciput

Berbicara tentang kuliner, pasti berkutat pada makanan dan hal yang berhubungan dengan bidang ini. Salah satu jenis kuliner ini termasuk jenis kuliner variasi, dan masih bertahan sejak tahun 2014 dan pada awal kemunculannya membuat penasaran para pecinta kuliner di Kota Probolinggo.

Kuliner Enak Probolinggo

“Seblak”, tidak banyak yang tahu tentang jenis kuliner ini. Kebanyakan masyarakat mengetahui seblak dalam keadaan krupuk kering dan dikemas dalam kemasan modern. Namun kali ini, seorang penggiat kuliner dari Kota Probolinggo, sebut saja Poudji Yanti Subda atau biasa disebut dengan “Ciput”, membuat makanan bercita rasa pedas dan gurih dengan konsep basah, sehingga seblak yang biasanya dikenal dalam bentuk krupuk kering dalam kemasan, di tangan Mbak Ciput, seblak dimodifikasi lagi menjadi seblak basah.

Kuliner Enak Probolinggo
Seblak Ciput – Kedai Kita (Sumber: Facebook Poudji Yanti Subda)

Di tangan Mbak Ciput ini, seblak basah yang berasal dari krupuk aci (kerupuk dari bahan tepung singkong) dimodifkasi menjadi seblaa basah pedas yang enak, yang dimasak dengan sayuran dan beberapa bahan yang mengandung protein. Masih penasaran dengan makanan tersebut? Anda bisa mendapatkannya melalui nomor handphone dan nomor Whatsap dengan nomor 081–335–130–031. Atau bisa mendapatkannya langsung di “Kedai Kita” yang berlokasi di Jalan Pahlawan, Loji Ruko Belakang Kodim, Timur JNE, Probolinggo.

Kuliner Unik Probolinggo

Menikmati pengalaman kuliner baru memang menyenangkan, apalagi dengan sajian kuliner unik yang belum pernah dinikmati. Kembali ke pembahasan tentang seblak. Berdasarkan berbagai macam sumber yang didapat penulis, seblak ini adalah makanan asli Indonesia yang merupakan makanan khas Kota Bandung dan seblak ini adalah makanan jajanan yang cukup digemari di daerah Jawa Barat, bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein. 

Kuliner Unik Probolinggo
Seblak Ciput (Sumber: Facebook Poudji Yanti Subda)

Dari berbagai sumber, makanan yang bertekstur kenyal ini, ada yang mengatakan berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak ini mirip dengan makanan dari Sumpiuh, yaitu Krupuk Godog yang populer sejak tahun 1940-an. Namun kini, seblak menjadi jajanan kuliner yang digemari dari semua kalangan.

Kuliner Probolinggo Facebook

Inovasi dalam dunia kuliner menjadi kata yang begitu penting, terutama dalam mengembangkan bisnis kuliner. Sepertinya hal ini yang mendorong Mbak Poudji untuk menciptakan produk yang berbeda yang belum ada dalam dunia kuliner di Probolinggo, sehingga pada tahun 2014, mulai mengenalkan dan membuat seblak dengan cita rasa pedas. Kalau biasanya seblak dibuat dari bahan dasar kerupuk udang yang disiram dengan air panas, namun untuk seblak ciput ini dibuat dari krupuk aci.

Namun sayangnya, seblak ciput ini hanya bisa didapat secara online dengan memesannya terlebih dahulu, meskipin saat ini juga tersedia di Kedai Kita di Jalan Pahlawan, Probolinggo, ada baiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu atau memesannya dahulu. Seblak basah yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari seblak basah itu sendiri, seblak basah telor asin, seblak basah makaroni, seblak basah sosis baso, seblak komplit, seblak basah sayur, seblak mie ceker, dan berbagai macam variasi seblak basah.

Seperti gambar dibawah ini yang penulis ambil dari facebook Mbak Poudji tentang variasi seblak basah “Seblak Ciput”.

Kuliner Probolinggo Facebook
Seblak Ciput(Sumber: Facebook Poudji Yanti Subda)

Jadi, tidak ada salahnya mencoba menu baru, makanan baru, apalagi inovasi kuliner unik Probolinggo, khususnya seblak ciput. Semoga seblak Ciput dapat menambah kazanah kuliner di Kota Probolinggo.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *