KULINER PROBOLINGGO: MENU KOREA DI KOKAPE

Posted on

Menikmati kuliner masih menjadi aktivitas yang menyenangkan, apalagi menikmati sajian kekinian rame-rame bersama sahabat atau pun saudara. Begitu pula di Kota Probolinggo, sebagai kota yang mulai berkembang yang memberikan kesempatan bagi warganya untuk membuka usaha baru, salah satunya adalah tempat kuliner kekinian yang menyediakan kuliner kekinian ala Korea. Menu makanan Korea di Kota Probolinggo memang bisa dihitung dengan jari, salah satu diantaranya adalah Kuliner Probolinggo, menu Korea di Kokape.

KULINER PROBOLINGGO: MENU KOREA DI KOKAPE
KOKAPE – Korean Cafe Probolinggo

Bisa dibilang, pemilik gerai makanan Korea ini pintar memanfaatkan kesempatan, dikala menjamurnya dan senangnya anak muda pada K-Pop dan artis-artis Korea, hal ini mengakibatkan menu makanan Korea juga mulai digandrungi oleh para pecinta K-Pop. Peluang inilah yang ditangkap oleh pemilik Gerai Makanan Korea – Kokape di Kota Probolinggo. Hal ini terbukti dengan begitu banyaknya yang datang di gerai makanan Kokape.

Sebenarnya makanan atau masakan korea adalah makanan tradisional Korea yang dibuat dengan teknik dan cara memasak orang Korea. Ragam makanan Korea pun banyak sekali, mungkin karean belum terbiasa dengan penyebutan, menjadikan kita agak kesulitan untuk mengingat nama makanan Korea tersebut. Sebenarnya makanan Korea sudah trend di Indonesia sejak sekitar tahun 2000-an, namun baru terlihat ramai dan gencar, baru sekitar satu dua tahun ini. Rasa penasaran dan tahu tentang makanan Korea sebenarnya sudah dikenal sejak adanya drama Korea yang mulai menyelipkan budaya, khususnya kuliner tentang Korea.

Tempat Kuliner Probolinggo Ala Korea

Kota Probolinggo memang kota yang memiliki berbagai ragam sajian kuliner, bisa dikatakan semua kuliner ada di kota ini, meskipun tidak sebanyak di kota lain, misalnya Surabaya atau Malang. Khusus untuk makanan Korea, sepertinya baru satu gerai ini yang menyediakan khusus makanan Korea. KOKAPE – Korean Cafe, adalah sebuah gerai makanan Korea yang  berada di Jalan Imam Bonjol No. 39, Kota Probolinggo. Lokasi tepatnya dari Jalan Mayjen DI Panjaitan, anda bisa berbelok ke jalan Imam Bonjol baru di dekat perempatan sebelum SMP1 Kota Probolonggo, anda akan menemukan sebuah gerai makanan Korea. Tempatnya memang menjadi satu dengan toko alat tulis dan kantor, tapi untuk gerai makanan ini sudah terpisah dengan toko alat tulis.

Tempat Kuliner Probolinggo Ala Korea
Arah Menuju KOKAPE – Korea Cafe

Apabila anda agak kesulitan, anda bisa mengikuti Google Maps. Anda tinggal mengikuti arah yang ditunjukkan oleh penunjuk jalan Google. Atau kalau anda tidak mau mengantri bahkan malas keluar rumah atau keluar kantor, anda tinggal memesan melalui jasa pengantar online, misalnya Go-Food atau Grabfood.

Kuliner Unik Di Probolinggo –  Kenikmatan kuliner Korea di Kokape

Berbicara tentang menu, maka menu yang ditawarkan semuanya adalah menu masakan Korea,  bahkan untuk menu minuman pun menggunakan nama grup musik Korea. Saya sendiri pun tidak menyadari, karena yang tahu adalah anak-anak yang mengikuti tentang perkembangan musik korea. Untuk menu terdapat berbagai pilihan makanan yang ada di meja makan atau anda tinggal melihat papan petunjuk menu yang ada di atas meja pesan. Anda tinggal membaca berbagai pilihan menu.

Kuliner Unik Di Probolinggo –  Kenikmatan kuliner Korea di Kokape
Ragam Menu KOKAPE

Kalau anda belum terbiasa dengan makanan korea, alangkah sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tentang ragam masakan Korea, meskipun di Kokape sendiri sudah dipasang foto-kuliner yang disediakan.

Sebenarnya bisa dikatakan menu yang ditawarkan tidak sebanyak sepert diinternet, namun karena ragamnya dan cara penataannya yang bagus sehingga menu yang ditawarkan baik di foto dinding dan daftar menu di papan sangat terlihat banyak.

Kuliner Unik Di Probolinggo –  Kenikmatan kuliner Korea di Kokape
Kimchi

Wisata Kuliner Probolinggo – Ragam menu Korea

Bagi anda pecita kuliner Korea mungkin sudah hapal dengan berbagai nama masakan Korea, namun bagi anda yang baru mengenal artis K-Pop dan budaya serta kuliner Korea, rasanya anda harus datang ke gerai makanan Kokape ini. Mungkin anda pernah mendengar nama Kimchi, Jajangmyeon, Kimbab, Bibimbap dan banyak menu ala korea lain. Kalau anda sudah sering mendengar nama tersebut. Selamat anda bisa masuk ke Komunitas Para Pecinta Kuliner Korea.

Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Jajangmyeon dan Tteokpoki

Kokape sendiri sebagai gerai makanan Korea yang ada di Kota Probolinggo menyediakan semua makanan yang disebutkan di atas. Dibawah ini saya mencoba memberikan beberapa sajian makanan yang mugkin bisa mengingatkan anda kembali, tentang menu makanan Korea tersebut, antara lain:

  • Kimchi. Nama makanan ini sangat mudah diingat, karena sederhana dan hanya terdiri satu suku kata. Kimchi adalah sayuran yang telah difermentasi dengan bumbu khas Korea, yang memiliki rasa pedas dan asam. Bagi warga Korea sendiri,kurang lengkap kalau belum menikmati makanan kimchi ini.
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Kimchi
  • Jajangmyeon. Menu ini, pasti anda sering melihatnya saat melihat drama Korea. Makanan ini adalah mie dengan tambahan saus kedelai hitam, yang didalamnya terdapat sayuran dan potongan daging.
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Jajangmyeon (Menu Take Away)
  • Kimbab. Makanan ini sekilas hampir sama dengan sushi roll makanan dari Jepang. Kimbab adalah makanan khas dari Korea berupa nasi dan juga diisi dengan daging, telur, ikan dan sayuran. Dan juga dicampurkan dengan saus khas Korea.
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Kimbab
  • Ramyeon. Ramyeon atau biasa kita sebut dengan ramen sangat sering kita dengar.  Makanan ini merupakan makanan khas Korea berupa mie Korea, yang membedakan ramen Korea dengan ramen lainnya, adalah ramen korea disajikan di atas panci yang lengkap dengan tutupnya.
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Ramyeon
  • Tteokpoki. Makanan khas korea ini sangat enak. Di awal mungkin anda ragu-ragu untuk mencobanya.  Namun kalau sudah menikmati, anda akan memesan lagi. Tteokpoki adalah makanan khas korea yang menyerupai sosis, dengan ciri khas merah, pedas, manis dan bertekstur kenyal yang terbuat dari kue beras yang dicampur dengan daging.
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Tteokpoki

Sebagai pecinta K-Pop, maka sudah seharusnya anda mencoba makanan Korea. Apalagi bagi anda yang tinggal di Kota Probolinggo, wajib mencoba menu Korea yang disajikan di gerai makanan Korea Kokape ini.

Berbagai menu, bisa dibawa pulang, saya mencoba dua menu yaitu Jajangmyeon dan Tteokpoki, rasanya enak, apalagi dengan bungkus cupnya yang menarik.

Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Jajangmyeon (Menu Take Away)
Wisata Kuliner Probolinggo - Ragam menu Korea
Tteokpoki

SUMMARY REVIEW

  • Budget : Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 30.000 per porsi (tergantung jenis kuliner yang dipesan).
  • Parkir Kendaraan : Tersedia (Di sepanjang Jalan Imam Bonjol).
  • Wi-Fi : ada.
  • Cara pembayaran : Cash Only
  • Alamat : Jalan Imam Bonjol No. 39, Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  • Jam Buka: Mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB
  • Contact Person : 0811 3554 244.
Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *