KULINER PROBOLINGGO: ANGKRINGAN CAK KASAN

Posted on

KULINER PROBOLINGGO – Berbincang tentang kuliner rasanya tidaK pernah habisnya, apalagi tentang perkembangan kuliner di Kota Probolinggo. Saat ini kuliner di Kota Probolinggo berkembang cukup pesat hal ini ditandai dengan banyaknya makanan lokal, antara lain cafe, restoran, warung dan rumah makan baru yang mulai menjamur di kota ini.

KULINER PROBOLINGGO: ANGKRINGAN CAK KASAN
Angkringan Cak Kasan

Dari sekian tempat kuliner, salah satunya adalah tempat makan dan menikmati kopi dengan konsep perpaduan antara Jogjakarta dan Jawa Timur. Angkringan ini berada di tengah kota dan tempat ini seakan memberi warna akan kuliner di Kota Probolinggo.

Kuliner Unik di Probolinggo

“Angkringan Cak Kasan”, angkringan ini berlokasi di Jl. A. Yani No. 2 Ruko A. Yani, di Utara RSUD Dr. Moch. Saleh Probolinggo, Jawa Timur. 

Kuliner Unik di Probolinggo
Posisi Angkringan Cak Kasan

Dengan mengambil konsep perpaduan antara Jogjakarta dan Jawa Timur, rasanya angkringan ini bisa menambah pilihan kuliner di Probolinggo, dengan berlokasi di tengah kota dan alun-alun Kota Probolinggo, maka angkringan ini cocok juga digunakan sebagai tempat berkumpul bersama teman.

Angkringan ini memberikan kenyamanan untuk minum kopi dan makan dengan fasilitas duduk santai dengan alas dan tempat duduk di dalamnya. Untuk minum kopi para pecinta kuliner bisa duduk santai yang terletak didepan dan didalam ruko.

Kuliner Unik di Probolinggo
Angkringan Cak Kasan

Kuliner Enak di Kota Probolinggo

Untuk menu makanan dan minuman, tidak perlu kawatir karena sangat banyak pilihan. Berdasarkan informasi dari pengelola terdapat perbedaan untuk menu makanan pagi dan malam, dan untuk menu malam merupakan gabungan antara menu angkringan Jogja dan makanan Jawa Timur. Menu angkringan antara lain berbagai macam menu sate dan nasi bungkus.

Kuliner Enak di Kota Probolinggo
Angkringan Cak Kasan

Untuk menu angkringan, saat ini memiliki berbagai macam variasi menu untuk lauk dan nasi. Untuk menu nasi bungkus (menu lama) yaitu nasi bungkus lauk teri dan nasi bungkus lauk tempe dengan bungkus kertas.

Kuliner di Kota Probolinggo

Dan terdapat tambahan menu baru dengan bungkus daun pisang yang mungkin bisa membuat pengunjung sekalian untuk menghabiskan waktu di angkringan ini, yaitu nasi bungkus lauk oseng jamur, nasi bungkus lauk ikan tuna dan nasi bungkus lauk daging. Selain itu terdapat nasi gurih bakar ayam suwir yang akan membuat pecinta kuliner kangen untuk kembali ke Angkringan Cak Kasan.

Kuliner di Kota Probolinggo
Angkringan Cak Kasan
Wisata Kuliner Probolinggo

Memberikan kepuasan dalam menikmati kuliner rupanya menjadi tujuan utama pengelola Angkringan Cak Kasan, dengan memadukan rasa dan konsep beraroma Jawa, menjadikan angkringan ini menjadi lebih bermakna, tidak hanya menyediakan menu khas angkringan. Angkringan ini juga menyediakan berbagai macam menu nasi dengaN berbagai macam ciri khasnya, antara lain:

  • Nasi Sambal Daging. Untuk nasi sambal daging ini terdiri atas daging sapi, sayur buncis, lauk tempe yang diiris kecil yang telah dibumbui, serundeng (abon kelapa) dan tidak lupa sambal merah pedas. Dengan harga hanya sebesar Rp. 14.000 per porsi rasanya cukup murah untuk makanan nikmat ini.
Wisata Kuliner Probolinggo
Nasi Sambal Daging
  • Nasi Buk. Untuk nasi buk ini lebih condong pada nasi buk dari Malang atau lebih dikenal dengan Nasi Buk Malangan. Untuk isi nasi buk di angkringan ini terdiri atas nasi putih, serundeng, sambal, mendol tempe, dan tidak lupa lauk. Untuk lauknya, bisa memilih lauk paru sapi atau usus sapi goreng. Dengan harga cuma Rp. 12.000,- merupakan porsi murah meriah dan merupakan santapan yang menarik.
Wisata Kuliner Probolinggo
Nasi Buk
  • Nasi Ayam Kampung Goreng. Selain menyediakan beberapa makanan angkringan Jogja, angkringan ini juga menyediakan makanan alternatif lain yaitu “Nasi lalapan ayam kampung goreng”.
Wisata Kuliner Probolinggo
Nasi lalapan ayam kampung goreng
  • Nasi Macan. Angkringan Cak Kasan ini juga memberikan alternatif kuliner lain yaitu menu “Nasi Macan”. Nasi macan ini seperti nasi campur, namun di angkringan ini nasi macan terdiri atas nasi putih, sayur buncis, serundeng, irisan tempe, irisan mentimun,  sambal dan tidak lupa lauknya ayam suwir. Selain nasi macan ayam suwir, Angkringan Cak Kasan juga memberikan alternatif pilihan untuk nasi macan dengan menggunakan lauk daging sapi, harga nasi macan daging sapi ini sebesarRp. 14.000 per porsi. Cukup murah juga.
Wisata Kuliner Probolinggo
Nasi Macan
  • Nasi Gurih Bakar.Satu lagi menu pilihan dari Angkringan Cak Kasan yaitu Nasi Gurih Bakar. Nasi Bakar ini berisi nasi yang rasanya gurih dan didalamnya sudah terdapat ayam yang telah diiris kecil-kecil. Nasi bakar ini terdapat dua varian yaitu pedas dan tidak pedas. Dengan harga Rp. 6.000 saja, pecinta kuliner sekalian sudah dapat menikmati 1 porsi menu nasi bakar dan gratis sambal pedas.
Wisata Kuliner Probolinggo
Nasi Gurih Bakar
  • Kaki Ayam Pedas.Selain menu makanan berat di atas juga terdapat menu yang ringan, dan bisa digunakan untuk teman duduk santai atau pun lauk saat makan. Menu ini adala “Kaki Ayam Pedas”. Harga kakai ayam ini sangat murah dengan harga Rp. 6.000,- saja kita sudah mendapat isi 1 porsi yang terdiri atas 4 ceker atau bisa dicampur dengan kepala ayam.

Untuk minuman terdapat beberapa yang bisa menjadi pilihan:

  • Kopi Hitam.Berbicara kopi, mungkin saja sudah biasa untuk minuman kopi ini. Namun yang menjadi tidak biasa adalah rasa kopinya yang mantab, akan membuat pecinta kuliner sekalian ketagihan untuk datang lagi. Harga kopinya pun sangat merakyat dengan rasa bintang lima hanya sebesar Rp. 3.000 per cangkir kopi.
Wisata Kuliner Probolinggo
Kopi Hitam
  • Kopi Arang.Selain kopi hitam juga terdapat minuman spesial lain yang bisa menjadi pilihan. Namanya adalah “Kopi Arang” atau kalau di Jogja biasa dikenal dengan nama Kopi Joss. Harga kopi areng ini cukup murah hanya sebesar Rp. 4.000 per cangkir kopi. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menunda minum kopi di angkringan Cak Kasan.
  • Wedang Uwuh.Ada lagi minuman spesial yang bisa didapatkan di angkringan ini. Minuman dari Jogja ini menjadi idola di angkringan ini dan penyembuh rasa kangen akan minuman Jogja. Wedang uwuh,  merupakan minuman dari ramuan tradisional yang terbuat dari 100% rempah alami sejak zaman Raja-raja Mataram. Aroma minuman ini menyegarkan dengan cita rasa rempah herbal unik dan nikmat dan kaya khasiat untuk kesehatan. Harga wedang uwuh per gelas besar sebesar Rp. 6.000,-.
  • Susu Jahe Arang. Menurut pengelola angkringan ini, minuman ini adalah menu minuman baru. Disebut arang karena minuman susu jahe ini ditambah dengan arang panas. Harga per gelas hanya sebesar Rp. 6.000.
Wisata Kuliner Probolinggo
Susu Jahe Arang

Rasanya cukup perjalanan kuliner kali ini, untuk mendapatkan informasi tentang Angkringan Cak Kasan.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

One thought on “KULINER PROBOLINGGO: ANGKRINGAN CAK KASAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *