KULINER NUSANTARA

Posted on

Kuliner dan traveling, dua buah kata yang selalu kita dengar dalam kehidupan kita. Kata-kata ini sangat tidak asing dan menjadi bagian dari para pecinta kuliner dan traveling. Begitu juga dalam blog ini, lebih banyak berisi tulisan dan gambar tentang kuliner dan traveling. Kenapa saya memilih tema ini, hal ini dikarenakan kecintaan dan kesukaan penulis pada dua hal ini, terutama pada kuliner nusantara.

KULINER NUSANTARA
Nasi Pecel

Kuliner merupakan sebuah kata yang berhubungan dengan masakan, yaitu dari hasil pengolahan bahan makanan, dari  bahan mentah dan segar menjadi makanan yang lezat pilihan kita para pecinta kuliner, namun kuliner ini tidak sebatas hanya pada menu masakan berupa makanan namun saat ini berkembang menjadi minuman sebagai pelengkap dari makanan.

Perkembangan kuliner nusantara di Indonesia, saat ini berkembang dengan luar biasa, karena saat ini banyak sekali makanan lokal yang telah diangkat berdampingan dengan masakan mewah baik di hotel dan restoran. Berbagai macam masakan Indonesia telah naik kelas dari yang biasanya di jual di pinggir jalan, saat ini juga dijajakan di cafe, restoran dengan sajian yang sangat menarik.

Artikel Kuliner Nusantara

Berbicara tentang kuliner nusantara atau kuliner di Indonesia, hal ini tidak lepas dengan banyaknya artikel yang mengulas keberadaan dan keragaman kuliner tersebut. Dengan ulasan dan banyaknya tempat kuliner yang menjual makanan asli Indonesia, hal ini akan memunculkan informasi terbaru tentang keberadaan kuliner asli Indonesia sehingga tidak tenggelam karena jarang ada yang bisa mengolah sumber bahan mentah menjadi olahan matang khas Indonesia.

Artikel Kuliner Nusantara
Nasi Teri Petai Sambal Balado

Kuliner atau makananan tradisional memang sangat berbeda dibanding makanan modern yang mengutamakan kecepatan dan kemudahan dalam mengolahnya. Kuliner Indonesia yang berasal dari alam memang sangat kaya akan kandungan gizi dan vitamin, hal ini disebabkan adanyan bahan sayuran dalam olahan tersebut. Atau adanya bahan pengganti karbohidrat selain nasi, misalnya ubi, jagung, kentang dan lain sebagainya.

Ikon Kuliner Nusantara

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak budaya dan suku yang beraneka ragam menjadikan Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah, tentang  makanan tradisional. Dan pastinya, makanan yang dimiliki setiap daerah pun berbeda-beda dan memiliki kekhasan yang menarik.

Ikon Kuliner Nusantara
Nasi Gurih Bakar

Bahkan perkembangan kuliner nusantara Indonesia telah menjadi semacam ikon khusus yang sangat menarik bagi para wisatawan, dengan munculnya grup-grup kuliner di setiap kota yang meemberikan informasi tentang makanan, minuman bahkan tempat kuliner yang memberi nilai positif dalam perkembangan kuliner di suatu kota. Bentuknya pun bisa menjadi surga wisata kuliner yang menyenangkan bagi para penikmat kuliner.

Kuliner Nusantara di Indonesa

Kuliner tradisonal sebagai pondasi kuliner nusantara di Indonesia memiliki rasa dan selera yang berbeda, meskipun dengan penamaan yang berbeda, namun setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda. Dan hal ini yang menjadi daya tarik masyarakat untuk mempelajari, bahkan mencoba bisnis kuliner tradisional tersebut.

Apalagi dengan perkembangan informasi dengan cepat ditambah lagi dengan berkembangnya media sosial yang bisa memberikan informasi secara cepat tentang makanan tradisional Indonesia, ditambah lagi banyaknya komunitas dimasyarakat yang menggalakkan makanan tradisonal, hal ini menyebabkan kuliner tradisonal Indonesia mulai dikenal, yang juga memberikan efek positif dalam kesejahteraan masyarakat, yaitu munculnya lahan bisnis baru dikarenakan mulai banyaknya yang menjual makanan tradisional ini.

Kuliner Enak Nusantara

Berbicara tetang kuliner nusantara yang enak dan lezat, pastinya hal ini memberikan keuntungan bagi para pengusaha yang memiliki keberanian dan kreativitas dengan memunculkan ide bisnis kuliner tradisional, dan yang pasti menjadikan kuliner tradisional bisa bersaing dengan kuliner dari luar negeri yang mulai membanjiri kuliner Indonesia.

Hal ini jelas memberikan keuntungan postif bagi masyarakat yang mulai terjun di bisnis kuliner tradisional, dikarenakan kuliner tradisional cocok dengan selera masyarakat. Ditambah lagi, bahan masaknya sangat mudah dicari di pasar. Bahkan sekarang di pasar basah (sebutan untuk pasar tradisonal) sangat banyak dan melimpah, selain itu pasar modern pun mulai menjual bahan masak untuk kebutuhan ini. Hal ini berbeda bila kita mencoba memulai bisnis kuliner modern, yang pasti, soal rasa menjadi pertaruhan bisnis.

Event Kuliner Nusantara

Dengan semakin mudahnya mengakses informasi, baik dimedia, khususnya media sosial, tentunya hal ini mempermudah masyarakat untuk mendapatkan kuliner tradisional yang dibutuhkan. Saat ini juga sering sekali dilakukan event kuliner tradisional yang dilakukan untuk mendongkrak popularitas masakan tradisional. Sebut saja “Event Kuliner Tunjungan” di Surabaya tahun 2017 lalu, hal ini sangat menarik karena berusaha memunculkan sisi eksotik tradisonal kuliner misalnya angkringan dan menu makanan enak. Ditambah lagi dengan rasanya yang enak menjadikan masyarakat antusias untuk menikmati kuliner yang ditawarkan. Bahkan ada juaga “Event Kuliner Bango”yang disponsori sebuah perusahaan kecap nasional Indonesia untuk mendongkrak popularitas makanan tradisonal.

Contoh Kuliner Nusantara

Berbicara tentang kuliner nusantara yang bernuansa tradisonal, saya melihat disetiap daerah pasti memiliki kuliner unik yang menjadi ciri khasnya. Saya mencontohkan, Probolinggo, yaitu sebuah kota yang berada di pesisir utara Jawa Timur. Kuliner di kota ini pun berkembang dengan cepat dan menarik, apalagi ditunjang dengan tempat wisatanya yang luar biasa, misalnya Gunung Bromo, Air terjun Madakaripura, Rafting Songa dan tempat wisata lainnya.

Saat ini di Kota Probolinggo mulai bermunculan cafe, depot dan rumah makan. Cafenya pun tidak hanya menyediakan kopi namun juga makanan yang sangat menarik. Misalnya dengan kemunculan “Angkringan Cak Kasan”, sekitar September 2014, pada awalnya tempat ini dikonsep sebagai tempat untuk minum kopi, namun pada perkembangannya, tempat ini tidak hanya menjadi tempat nongkrong namun juga sebagai tempat makan. Makanan yang ditawarkan di awal berdirinya adalah nasi pecel (yaitu nasi yang diatasnya diberikan sayuran, baru kemudian disiram saus bumbu kacang yang sedap), nasi sambelan khas Pasuruan, nasi buk Kota Malang.

Tentang Artikel Kuliner Nusantara

Berbicara tentang menu kuliner tradisonal di Indonesia memang sangat bervariasi dan banyak jenisnya. Ambil misalnya di sebuah angkringan (Angkringan Cak Kasan) di Kota Probolinggo tersebut. Terdapat banyak ragam menu masakan lain yang ditawarkan yaitu nasi teri petai sambal balado dengan sambalnya yang pedas, pasti membuat kangen untuk makan di Angkringan Cak Kasan. Dengan nasi putihnya yang punel ditambah dengan ikan teri kecil yang gurih dan sayur petainya yang pedas menjadikan makanan ini disuka terutama buat pecinta kuliner yang senang akan cita rasa pedas.

Satu lagi makanan yang saat ini juga hits di kota lain dan ditawarkan  di Angkringan ini adalah nasi bakar gurih, dengan nasinya yang gurih, ditambah lagi didalamnya terdapat lauk, bisa isi ayam pedas, ayam tidak pedas, dan ikan tuna yang bisa menjadi pilihan pecinta kuliner.

Selain makanan di atas terdapat dua makanan yang sering dijumpai dan menjadi favorit harian masyarakat di Jawa Timur, antara lain “rawon”. “Rawon” ini adalah sebuah sup berwarna hitam dengan kaldu sapi dan daging sapi yang empuk sebagai lauknya. Sangat lezat dan menggoda untuk menikmatinya.

Contoh Kuliner Nusantara
Nasi Rawon

Selain nasi rawon, yang tidak kalah lezatnya adalah “soto”, “soto” adalah sejenis makanan berkuah yang berwarna kuning dengan kaldu didalamnya, lauknya pun bisa bervariasi, ada yang menambahkan daging ayam sebagai lauknya bisa juga daging sapi. Tergantung selera, namun di Indonesia sangat banyak pilihan soto tergantung daerahnya.

Tentang Artikel Kuliner Nusantara
Soto Ayam

Semoga ini blog ini bisa memberikan informasi tentang kuliner nusantara yang berkualitas bagi pecinta kuliner dan traveling sekalian.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *