KULINER SIDOARJO: KUE LUMPUR MAMAN KHAS SIDOARJO

Posted on

Menikmati traveling sambil mencari tempat kuliner menjadi aktivitas yang menarik. Banyak sekali aktivitas yang dilakukan saat traveling, mulai dari menikmati keindahan tempat atau sekedar mengabadikan tempat wisata yang kita kunjungi. Namun, selain aktivitas traveling, terdapat aktivitas lain yang menarik untuk dilakukan, yaitu menikmati kuliner yang menjadi ciri khas suatu daerah. Salah satu kota yang kami lewati adalah Kota Sidoarjo, sebenarnya banyak sekali kuliner di kota ini yang bisa kita coba, namun karena keterbatasan waktu, kami memilih beberapa sajian kuliner saja. Kuliner Sidoarjo, kue lumpur Maman khas Sdaorjo ini, berhasil merebut hati kami, selain kami sudah lama ingin mencoba jajanan khas Sidoarjo, juga rasa penasaran ingin mencoba.

Kue lumpur, sebenarnya adalah makanan ringan yang terbuat dengan bahan utama dari santan, tepung terigu, kentang dan telur. Untuk pewangi biasanya diberikan vanilla dan diberikan hiasan, berupa kismis atau kelapa muda yang diiris kecil pada bagian permukaan. Sebagai salah satu bagian dari ragam kue tradisional, kue ini memang selalu muncul atau dibuat saat dilaksanakan hajatan. Kue ini termasuk kue yang mampu bertahan dari gempuran kue modern saat ini.

Meskipun merupakan kue tradisional, memang tidak terdapat catatan detail tentang asal kue lumpur ini. Banyak dugaan yang disebutkan tentang kue lumpur ini. Ada yang menyatakan kue lumpur adalah turunan dari pastel Natal (pasteis de nata) yang berasal dari Lisbon, Portugal. Jenis adonan dari kue pasteis de nata termasuk kategori custard (susu dan kuning telur). Dan diperkirakan kue tersebut adalah kue yang dibawa orang Portugis yang datang ke Indonesia sekitar tahun 1511 – 1526. Dan di Indonesia sendiri bahan baku, berupa susu diganti dengan bahan santan.

Kuliner Andalan Sidoarjo – Kue Lumpur Khas Sidoarjo

Di Sidoarjo sebenarnya terdapat banyak sekali tempat kuliner dan berbagai sajian makanan khas Sidoarjo, namun kue lumpur ini sepertinya menjadi kue favorit yang dicari, sehingga sering menjadi salah satu oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Kue lumpur yang biasa kita temui, biasanya terdapat tiga jenis yaitu kue lumpur pandan, kue lumpur kentang dan kue lumpur lapindo.

KULINER SIDOARJO: KUE LUMPUR MAMAN KHAS SIDOARJO
Kue Lumpur – Maman

Diantara beberapa jenis gerai kue lumpur yang terkenal di Sidoarjo, saya mencoba “Kue Lumpur – Maman”. Maman merupakan singkatan dari “mantu idaman”. Saya mencoba kue lumpur ini, saat beristirahat di Rest Area Tol Km 735 Arah Surabaya. Memang dari dulu saat mampir ke rest area ini, ingin mencoba kue lumpur ini. Dan rasanya enak, empuk, dengan teksturnya yang lembut. Terdapat 4 (empat) jenis kue lumpur yang ditawarkan, antara lain kue lumpur original, kelapa muda, nangka dan campur.

Rekomendasi Kuliner Sidoarjo – Pilihan Oleh-oleh Khas Sdoarjo

Sebagai kota yang juga memiliki julukan kota lumpur, karena adanya lumpur Lapindo, sering yang terbayang adalah kue lumpur di kota ini dikareaka adanya lumpur Lapindo. Namun hal ini tidak berhubungan sama sekali. Salah satu yang menjadi perhatian di Kota Sidoarjo, selain kota dengan hasil laut, Sidoarjo juga memiliki kuliner kue lumpur, yang selalu membuat penasaran para pecinta kulier. Sama halnya dengan “Kue Lumpur Maman”, Kue lumpur ini memang dibuat dengan cara yang tradisional. Saya mencoba kue lumpur original dan kue lumpur kelapa muda yag disebut degan tambahan “degan”.

Rekomendasi Kuliner Sidoarjo – Pilihan Oleh-oleh Khas Sdoarjo
Rekomendasi Kuliner Sidoarjo

Untuk harga kue lumpur original per pcs hanya Rp. 3.000,-, sedangakan kue lumpur kelapa muda Rp. 3.500,- per pcs. Saya sangat merekomendasi kue lumpur ini dijadikan sebagai oleh-oleh, karena rasanya yang enak dengan tekstur yang lembut dibagian dalam (lumer dan lembut dilidah), berbeda dengan kue lumpur lainnya, hal ini disebabkan campuran telurnya yang lebih banyak .

Rekomendasi Kuliner Sidoarjo – Pilihan Oleh-oleh Khas Sdoarjo
Lumer di dalam

Untuk mendapatkan kuliner ‘Kue Lumpur Maman” ini, anda bisa langsung menuju ke gerainya atau menghubungi no. telpon 0838 7919 7738, antara lain:

  1. Gerai di Stadion Gelora Delta Kav. 32 A, Jalan Pahlawan Wismasarinadi, Sidoarjo.
  2. Rest aret tol Km 753 Arah Surabaya (di Stand Pujasera).
  3. Perum Graha Kota Blok 01, Burengan, Pesantren, Kota Kediri.  

Gambar Kuliner Sidoarjo – Kue Lumpur Maman

Gambar Kuliner Sidoarjo – Kue Lumpur Maman
Kelezatan kue lumpur Maman
Gambar Kuliner Sidoarjo – Kue Lumpur Maman
Kenikmatan kue lumpur original
Gambar Kuliner Sidoarjo – Kue Lumpur Maman
Kotak kue lumpur yang eksklusif dan informasi Gerai Kue Lumpur Maman

Foto diambil dengan Handphone ASUS Zenfone 2 Laser.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *