KOPI WONOSALAM, CITA RASA KOPI UNIK

Posted on

Kopi merupakan komoditas utama perkebunan dari Indonesia yang menjadi andalan. Kopi sudah menjadi hasil kebun yang menyokong ekonomi para petani kopi di Indonesia. Apalagi dengan perkembangan kopi yang luar biasa, dengan munculnya tempat minum kopi modern dan banyaknya wirausaha muda yang mengembangkan kopi secara modern, menyebabkan kopi dan petani kopi naik kelas. Tidak lagi menjadi sebuah minuman kampung yang hanya dinikmati di warung kopi biasa. Namun sudah menjadi minuman berkelas yang disuka para pecinta kopi dunia.

KOPI WONOSALAM, CITA RASA KOPI UNIK
Kopi Wonosalam – Merk “Bido Coffee Original”

Banyak sekali jenis kopi yang dikembangkan di Indonesia, sebagai sebuah negara agraris dengan alam dan cuaca yang sangat mendukung perkembangan kopi, menyebabkan kopi sangat cocok ditanam di Indoensia. Kalau dulu hanya beberapa saja yang ditanam di diperkebunan di Indonesia, sejak beberapa varian kopi bisa dibudidayakan di Indonesia, kopi-kopi seperti Kopi Arabica (Coffea Arabica), Kopi Robusta (Coffea Canephora), Kopi Liberika dan Kopi Excelsa (Cofee Excelsa) mulai ditanam dan menjadi sebuah produk unggulan dengan penamaan sesuai daerah tempat kopi ditanam.

Kopi Hitam – Nikmatnya Kopi Wonosalam

Diantara salah satu daerah yang bisa menghasilkan kopi adalah sebuah daerah pegunungan di Kabupaten Jombang. Daerah Wonosalam adalah merupakan daerah di Jombang sebagai penghasil perkebunan, yaitu durian, cengkeh, kopi, manggis dan hasil kebun lainnya. Namun sejak berkembangnya kopi dan ditambah dengan promosi melalui media sosial, kopi dari Wonosalam mulai dikenal.

Kopi Hitam – Nikmatnya Kopi Wonosalam
Kopi Hitam

Kopi dari Wonosalam merupakan sebuah tanaman komoditi perkebunan yang dibudidayakan sejak zaman Pemerintahan Hindia Belanda. Sebagai daerah yang berada di dataran tinggi Gunung Anjasmoro, Belanda mulai bisa melihat peluang untuk pengembangan kopi. Dari empat macam varian kopi yang ada, hanya kopi Excelsa yang paling banyak tumbuh di Wonosalam. Hal inilah yang menyebabkan banyak produksi kopi dari Wonosalam menggunakan Kopi Excelsa.

Salah satu produsen Kopi Hitam di Wonosalam yang memproduksi jenis kopi ini yaitu Kopi Excelsa dan Kopi Robusta adalah “UD. DEFARIE – Wonosalam” dengan Merk “Bido Coffee Original”, yang menawarkan dua jenis kopi untuk dinikmati yaitu Excelsa Wonosalam dan Robusta Wonosalam.

Kopi Indonesia  – Kopi Pilihan Para Pecinta Kopi

Kopi Excelsa – Berbicara tentang kopi Excelsa, sangat menarik untuk mengetahui perkembangan kopi ini. Sebagai bagian dari kelompok Liberoid, yang berasal dari Afrika Barat. Coffea Exelsa  atau disebut juga dengan Coffea dewevrei, adalah keluarga dekat dari kopi liberika, sehingga saat ini sering disebut sebagai Coffea liberica var. Dewevrei atau Coffea liberica var. Excelsa.

Kopi Indonesia  – Kopi Pilihan Para Pecinta Kopi
Kopi Excelsa Wonosalam

Rasa dan aroma kopi excelsa sangat unik, kopi ini memiliki aroma yang sangat kuat dan memiliki rasa yang pahit. Dari pengalaman menikmati kopi, baru kopi Excelsa dari Wonosalam ini yang memiliki rasa yang enak, kopi ini memiliki aroma seperti nangka, maka diantara para petani, banyak yang menyebut kopi ini, dengan kopi nangka.

Untuk harga, harga kopi Excelsa agak lebih mahal sedikit dibandingkan kopi robusta yang banyak beredar di masyarakat. Apalagi jumlah tanaman kopi Excelsa yang masih produktif sangat susah ditemui, dengan menurunnya produktivitas tanaman yang makin langka ini, menyebabkan harga kopi Excelsa menjadi lebih tinggi dibandingkan jenis kopi lainnya.

Kopi Robusta – Selain Kopi Excelsa, para petani di Wonosalam juga membudidayakan kopi Robusta. Nama kopi robusta berasal dari kata “robust” yang berarti kuat. Kopi robusta merupakan turunan dari species kopi Coffea canephora.  Wonosalam sebagai daerah tropis yang berkarakter basah, menyebabkan daerah ini juga cocok untuk ditanami kopi robusta.

Kopi Indonesia  – Kopi Pilihan Para Pecinta Kopi
Kopi Robusta Wonosalam

Untuk rasa dan aroma, Kopi Robusta memiliki aroma yang tidak sekuat kopi arabica, yang memiliki kekentalan sedang sampai dengan berat, dan memiliki cita rasa yang pahit. Selain itu kandungan kafein yang terkandung dalam kopi robusta lebih banyak dua kali lipat dibandingkan kopi arabica.

Dari sekian ulasan tentang kopi Wonosalam, kopi Excelsa dan kopi Robusta yang diproduksi oleh UD. Defarie, seolah memberikan bayangan, bahwa kalau anda tidak bisa datang ke Wonosalam untuk menikmati kopi nikmat ini, anda tinggal menikmati seduhan kopi hitam dari pabrikan kopi ini. Kalau anda memiliki waktu luang dan kesempatan, maka menikmati kopi di daerah Wonosalam bisa menjadi penghibur anda sambil menikmati wisata kopi dan wisata kuliner di Wonosalam Jombang, Jawa Timur.

SUMMARY REVIEW

  • Nama Produk : Kopi Excelsa dan Kopi Robusta
  • Produsen: Bido Coffee Original (UD. DEFARIE)
  • Budget dan Harga : Kopi Excelsa Ukuran 200 gram sekitar Rp. 25.000,- dan Kopi Robusta Ukuran 200 gram sekitar Rp. 20.000,-.
  • Cara pembayaran  : Cash dan Transfer Only
Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

2 thoughts on “KOPI WONOSALAM, CITA RASA KOPI UNIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *