KOPI LINTONG SUMATERA KOPI NIKMAT DARI “SINGLE O”

Posted on

Kopi masih menjadi sajian nikmat bagi para pecinta kopi. Begitu banyak jenis kopi yang ada di Indonesia, apalagi Indonesia adalah negara yang menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Keberadaan dan nama kopi di Indonesia tersebar di seluruh penjuru daerah di Indonesia yang menambah keanekaragaman kopi Indonesia, baik kopi jenis arabika maupun jenis robusta. Namun, diantara berbagai jenis kopi, saya diperkenalkan dengan salah satu jenis kopi dari Sumatera dari jenis kopi Arabika. Dan kopi Lintong Sumatera, kopi nikmat dari “Single O”, menjadi sebuah topik kopi yang akan kita ulas.

Berbeda dengan biasanya, sambil menikmati suasana sore, saya mencoba menikmati kopi dari Danau Toba Sumatera Utara. Kopi ini disebut dengan Kopi Lintong. Jenis kopi arabika Lintong ini menjadi jenis kopi yang diharapkan menjadi kopi khas daerah Lintong. Kopi jenis Lintong ini menjadi salah satu merk kopi arabika terkenal di Sumatera, selain Mandheling dan Gayo. Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa menikmati kopi arabika sangat sering mencoba kenikmatan kopi ini, karena pasti sudah hapal dengan jenis dan taste dari Kopi Lintong ini.

Kopi Arabika Lintong  Jenis Kopi Khas Dari Danau Toba

Bagi seorang penikmat kopi, menikmati kopi single origin menjadi salah satu pilihan nikmat yang harus dinikmati. Single origin memang sebutan bagi kopi berdasarkan daerah asalnya. Begitu pula dengan Kopi Lintong, kopi ini sudah sangat dikenal, apalagi kopi arabika Lintong memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis kopi dari daerah lain, memilki aroma yang khas, beraromah rempah, spicy dan kacang atau coklat. Kopi ini berasal dari daerah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menarik sekali mempelajari asal kopi dan jenis kopi arabika di daerah Danau Toba ini. Kopi di daerah Kabupaten Humbang Hasundutan ini sudah ada sejak sekitar tahun 1800an, yang dibawa oleh Pemerintah Kolonial Belanda. Bibit kopi arabika ini bisa tumbuh dengan baik dengan ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut.

Kopi Arabika Lintong  Jenis Kopi Khas Dari Danau Toba
Kopi Arabika Lintong Sumatera

Nama kopi Lintong atau yang juga dikenal dengan arabika Lintong ini diambil dari nama Kecamatan Lintong Nihuta. Sebenarnya kopi Lintong bukanlah nama varietas kopi, namun merupakan sebuah merek dagang untuk kopi pada perdagangan internasional, yaitu untuk jenis kopi dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Kenikmatan Kopi Arabika Lintong Sumatera – Si Hitam Nikmat Dari “Single O”

Kopi arabika Lintong sebagai salah satu kopi terbaik dari Sumatera, menjadi kopi favorit yang disukai para pecinta kopi di Indonesia, bahkan tidak hanya di Indonesia, pecinta kopi dari luar negeri juga sangat menyukai jenis kopi arabika Lintong ini. Di luar negeri, kualitas kopi arabika Lintong sangat terkenal, bahkan lebih dikenal dengan nama “Sumatra Linthong Arabica Coffee“.

Kenikmatan Kopi Arabika Lintong Sumatera - Si Hitam Nikmat Dari “Single O”
Kopi Lintong Sumatera dari “Single O”

Salah satu produsen kopi yang juga memproduksi secara manual kopi ini, yaitu “Single O” mencoba memproduksi jenis kopi Lintong ini, dengan rasanya yang khas, dengan kekentalan dan keasaman yang seimbang, ditambah lagi dengan rasa coklat dan rempah, menjadikan kopi buatan “Single O” menjadi sebuah pilihan nikmat kopi Lintong.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *