KOPI LAMPUNG ROBUSTA, SEBUAH KENIKMATAN SINGLE ORIGIN DARI LAMPUNG

Posted on

Kopi masih menjadi sebuah minuman yang membius para pecintanya. Bau harum kopi seakan menjadi sebuah kata yang wajib untuk dinikmati setiap pagi. Dengan kekuatan kafein yang terkandung dalam kopi, memberikan suntikan semangat untuk memotivasi pagi sebelum beraktivitas. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan secangkir kopi di pagi hari. Kopi Lampung robusta, sebuah kenikmatan single origin dari Lampung ini ternyata menggoda saya untuk mencobanya.

Penasaran, itu kata pertama saat ditawari jenis kopi robusta yang berasal dari Lampung ini, karena kebanyakan yang kita nikmati adalah jenis single origin dari kopi arabika. Setelah mencari informasi dari berbagai sumber, ternyata Lampung menjadi salah satu daerah penghasil kopi robusta terbaik.

Siapa yang mengira di daerah seperti Lampung ini, menjadi sebuah daerah dengan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Selain sebagai penghasil kopi terbesar, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi petani kopi Lampung, yang membuat Lampung terkenal menjadi pengekspor kopi Robusta.

Kopi Robusta Lampung Barat, Kenikmatan di Secangkir Kopi

Kopi robusta memang memiliki cita rasa yag berbeda dengan jenis kopi arabika. Coffea canephora atau yang biasa disebut dengan kopi robusta, memang lebih banyak ditanan oleh petani kopi di Lampung. Keberadaan kopi robusta di Lampung sendiri sudah ada sejak tahun 1900-an, kopi robusta ini tidak murni dari Lampung, namun dibawa oleh para kolonial yang dibudidayakan di Lampung.

KOPI LAMPUNG ROBUSTA, SEBUAH KENIKMATAN SINGLE ORIGIN DARI LAMPUNG
Kopi Lampung Robusta

Dari luasan lahan di Lampung maka Lampung Barat menjadi daerah di Lampung yang memiliki kebun kopi paling luas, dengan luasan lahan sekitar 56.611 hektar. Dengan kenikmatan kopi Robusta Lampung yang mampu menembus pasar internasional, hal ini ditunjang dengan kondisi iklim dan letak geografis yang mendukung tumbuh suburnya kopi Lampung Robusta.

Kopi Lampung Robusta atau Arabika, sebuah pilihan sulit untuk memilih kopi nikmat

Sebagai seorang pecinta kopi yang sudah terbiasa dengan kenikmatan kopi arabika, terkejut juga saat menikmati kopi Lampung robusta, karena memiliki rasa yang berbeda dengan rasa kopi robusta lainnya. Dan apa yang disampaikan Ndharu Alisaputra, seorang barista dari Lampung ternyata ada benarnya juga, yang mengatakan bahwa kopi robusta Lampung memiliki keunikan dalam hal tingkat kepahitan kopi bila dibandingkan dengan kopi robusta lainnya.

Secara umum, kopi arabika memiliki rasa yang asam dengan tekstur yang halus dan kental, berbeda dengan kopi robusta yang memiliki sedikit aroma coklat dengan campuran aroma tanah dan kacang-kacangan.

Kopi Lampung Robusta dari Kedai Cangkir Luwak Situbondo

Sebagai penikmat kopi, menikmati kopi menjadi hal yang menyenangkan, salah satu kopi Lampung Robusta ini saya dapatkan dari Kedai Cangkir Luwak Situbondo, yang menyediakan berbagai kopi single origin, sesuai asal kopi itu didapatkan, sama halnya dengan Kopi Lampung Robusta ini.

Kopi Robusta Lampung Barat, Kenikmatan di Secangkir Kopi
Secangkir Kopi Robusta Lampung

Rasanya yang pahit dan disajikan dalam kopi tubruk, menjadi kesegaran pahit kopi Lampung robusta menjadi lebih terasa. Untuk mendapatkan kopi Lampung Robusta, anda tinggal menghubungi Kedai Cangkir Luwak, yang memproduksi kopi single origin yang berlokasi di Jalan PB., Sudirman, Karangasem, Patokan Sitobondo, Jawa Timur, dengan nomor handpone untuk pemesanan kopi di nomor 0852 1538 5231.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *