KOPI BLEND, SENSASI NIKMAT RACIKAN KOPI DARI BEBERAPA JENIS KOPI

Posted on

Bius kopi masih tertancap nikmat di seluruh penjuru Indonesia, khususnya bagi anda seorang pecinta kopi. Banyak sekali jenis kopi yang ada di Indonesia, yang memungkinkan anda bisa menikmati jenis kopi tersebut. Tentunya semua jenis kopi memiliki ciri khas masing-masing. Apalagi dengan berkembangnya ide dan cara menikmati kopi, bahkan segala teknik dilakukan untuk mendapatkan sensasi rasa kopi yang nikmat. Kopi blend, adalah sensasi  nikmat racikan kopi dari beberapa jenis kopi, menjadi hasil dari pencarian rasa yang selama ini dilakukan.

Rasa menjadi hal dominan yang memungkinkan orang memilih jenis kopi yang disukainya. Begitu juga dengan kopi, setelah mencoba beberapa jenis kopi mulai single origin atau pun single blend, anda akan memilih kopi favorit yang sering anda nikmati, baik di kedai kopi atau pun di rumah. Setiap kopi memilki kelebihan dan kekurangan.

Saat ini terdapat dua tipe kopi yang sering kita jumpai yaitu, kopi single origin dan kopi blend. Bagi anda yang menyukai kopi single origin, cara ini menjadi cara terbaik bagi anda yang fanatik dan juga cara terbaik untuk menikmati satu karakter kopi yang lebih spesifik. Namun berbeda bila anda tidak menyukai rasa otentik pada kopi single origin, maka cara yang dilakukan adalah meminta kopi racikan atau kopi blend untuk mendapatkan rasa yang pas.

Kopi House Blend Pilihan Minum Kopi Nikmat

Apa yang dimaksud dengan kopi house blend?.  Kopi house blend merupakan kopi yang dihasilkan dari mencampur atau meracik kopi, dari beberapa jenis kopi, baik dari varietas maupun kopi single origin. Dalam hal ini, kopi blend adalah kopi hasil dari campuran dua atau lebih kopi yang berasal dari single origin, dengan tujuan untuk mendapatkan rasa yang kompleks.

KOPI BLEND, SENSASI NIKMAT RACIKAN KOPI DARI BEBERAPA JENIS KOPI
Kopi Blend

Dari berbabagai referensi tentang kopi, kopi house blend adalah sebuah signature yag disematkan pada sebuah kedai kopi atau produk untuk membentuk sebuah ciri khas kopi. Bahkan berdasarkan sejarah, nama kopi house blend lebih merujuk pada hal yang sangat eksklusif, seperti house wine.

Resep Kopi Blend

Seperti kita ketahui, kopi blend merupkan suatu proses untuk membuat kombiasi antara beberapa tipe biji kopi untuk menambah cita rasa kopi. Dengan adanya proses ini, kopi akan memiliki taste yang kompleks, dan juga untuk menyeimbangkan rasa antara dua jenis kopi. Bagaimana cara membuat kopi blend ini?. Banyak sekali pendapat yang beredar tentang cara membuat kopi blend, namun saya mencoba mengambil dua pendapat tentang cara membuat kopi blend, yaitu sebagai berikut:

Resep Kopi Blend
Kopi Blend dari Kedai Cangkir Luwak – Situbondo
  • Pendapat pertama, yang menyampaikan bahwa proses blending dilakukan sebelum roasting, teknik ini diyakini bisa menghasilkan rasa yang unik secara bersama.
  • Pendapat kedua, yang menyatakan bahwa proses blending dilakukan setelah proses roasting per origin, karena setiap origin memiliki karakter yang berbeda ketika di roasting secara bersamaaan. Dengan mengambil teknik yang berbeda, yaitu  me-roasting sendiri kopi tersebut sebelum di blend, maka rasa kopi akan menjadi lebih maksimal.

Begitu juga dengan kopi blend, saya mencoba karakter kopi blend hasil roasting dan grinding dari Kedai Cangkir Luwak di Situbondo, yang fokus pada penyediaan kopi single origin, yang berlokasi di Jalan PB. Sudirman, Karangasem, Patokan Sitobondo, Jawa Timur, dengan nomor handphone untuk pemesanan kopi di nomor 0852 1538 5231.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *