KOPI ARABIKA JAVA DIENG, KENIKMATAN DAN SENSASI KOPI DARI DIKOPIAN

Posted on

Sebagai pecinta kopi, pasti kita memiliki kopi favorit yang ingin dinikmati dan juga pernah mencoba berbagai jenis kopi yang ada. Begitu juga dengan saya, yang sering mencoba berbagai jenis kopi, namun kebanyakan yang saya nikmati adalah kopi instan dan kopi buatan pabrik. Namun, begitu mulai mengenal jenis kopi, entah itu kopi robusta atau pun jenis kopi arabika, pola menikmati kopi pun mulai berubah. Akhirnya pilihan menikmati kopi pun lebih sering menikmati kopi arabika, karena lebih cocok dengan rasa asamnya yang pas. Dan kopi arabika Java Dieng, kenikmatan dan sensasi kopi dari Dikopian Bandung ini, menjadi salah satu pilihan untuk menikmati kopi arabika.

Sejak mengenal kopi Arabika memang terdapat perubahan dalam menikmati kopi. Pandangan tentang kopi arabika yang memandang kopi ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding kopi lainya, ternyata benar. Hal ini dibuktikan dengan harga kopi arabika yang lebih mahal dibanding jenis kopi lain. Namun meskipun kopi arabika menjadi favorit saya, namun saya juga sering mencoba berbagai jenis kopi lain untuk lebih mengenal rasa dan mencoba kenikmatan kopi lainnya.

Pada awalnya kopi arabika atau sering disebut dengan coffea arabica ini berasal dari hutan di pegunungan di Ethiopia, Afrika. Pada habitat asalnya, kopi arabika tumbuh dibawah hutan tropis yang sangat rimbun, dan tumbuh di ketinggian diatas 500 meter dari permukaan laut. Dan untuk menghasilkan buah kopi dengan kualitas bagus  tanaman kopi membutuhkan waktu pada periode kering sekitar 4 sampai 5 bulan dalam satu tahun.

Kopi Arabika adalah Sebuah Kenikmatan Kopi yang Sensasional

Sensasi?. Mungkin itu pertanyaan dibenak anda saat membaca sub judul tersebut, namun menurut saya, tidak juga, karena kopi telah naik kelas, dengan kelas yang sungguh bergengsi. Hal ini dapat kita lihat begitu banyak acara yang memang memberikan penghargaan yang tinggi terhadap komoditi ini. Bahkan, karena bergengsi harga kopi arabika memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding kopi yang lain.

KOPI ARABIKA JAVA DIENG, KENIKMATAN DAN SENSASI KOPI DARI DIKOPIAN
Kopi Arabika Java Dieng dari Dikopian

Dikopian Coffee Store” atau “Dikopian” menjadi tempat memesan kopi arabika yang saya inginkan. Kafe yang juga memproduksi kopi ini, berlokasi di Jalan Raya RT. 03 RW.02, Kamasan, Banjaran, Bandung, Jawa Barat. Dan untuk kafe buka mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu, mulai pukul 18.00 sampai dengan 23.00. Anda pun bisa menghubungi untuk memesan kopi yang diproduksi dalam bentuk bean  atau ground di nomor handphone 0812 2249 207.

Pada awalnya, sejak mengenal kenikmatan kopi arabika, saya sering mencoba berbagai jenis kopi dari berbagai daerah, termasuk diantaranya jenis kopi buatan Dikopian, meskipun kopi arabika yang saya pilih adalah jenis bubuk.

Kopi Arabika adalah Sebuah Kenikmatan Kopi yang Sensasional
Menikmati Kopi Arabika Java Dieng di sebuah angkringan

Kopi Arabika Terbaik Java Dieng dari Dikopian

Banyak sekali sajian kopi yang diproduksi oleh Dikopian mulai dari robusta, sampai dengan jenis kopi arabika dari seluruh Indonesia. Namun diantara berbagai pilihan, saya memilih kopi arabika Java. Terdapat 4 (empat) jenis kopi Arabika Java yang diproduksi oleh Dikopian ini, mulai dari roasting sampai dengan brewing, antara lain Java Lembang, Java Ciwidey, Java Dieng dan Java Raung.

Kopi Arabika Terbaik Java Dieng dari Dikopian
Secangkir kopi arabika

Sebenarnya tidak ada alasan mengapa saya harus memilih Arabika Java Dieng, hanya rasa penasaran dan keinginan untuk mencoba berbagai jenis kopi, khususnya arabika. Kopi Dieng adalah jenis kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi Dieng, yang ditanam pada ketinggian 1700 sampai dengan 200 meter di atas permukaan laut.

Merk Kopi Arabika Java Dieng Pilihan Kopiku Saat Ini

Sebagai penikmat kopi arabika, jenis kopi single origin ini memang begitu memukau. Menikmati kopi arabika tanpa gula jelas lebih mantap, apalagi dengan kenikmatan krema atau crema yang begitu nikmat. Sebagai penghasil kopi arabika dari dataran tinggi Dieng, kopi arabika yang dihasilkan memang memiliki kualitas yang bagus.

Merk Kopi Arabika Java Dieng Pilihan Kopiku Saat Ini
Kopi dan Laptop

Berbicara tentang crema, maka kenikmatan kopi arabika akan menjadi kopi nikmat apabila terdapat crema di atasnya. Krema atau disebut dengan mahkota kopi adalah sebuah penanda bahwa kopi arabika yang anda seduh adalah kopi yang berkualitas, yang berbentuk lapisan padat berwana coklat.

Bagi saya, kenikmatan kopi arabika belum lengkap kalau kopi arabika yang diseduh belum mengeluarkan crema, dan baru di Java Dieng, kenikmatan kopi arabika, bisa saya temukan.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *