KOPI ACEH GAYO, KENIKMATAN KOPI ARABIKA

Posted on

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki berbagai macam komoditas yang memiliki nilai bisnis yang sangat tinggi. Salah satunya adalah kopi, kopi adalah tanaman perkebunan yang tersebar diseluruh Indonesia, dan di setiap daerah penghasil kopi, kopi yang dihasilkan memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya adalah kopi Aceh Gayo. Kopi aceh gayo, kenikmatan kopi arabika menjadi sebuah tema yang menarik perhatian kami untuk sedikit mengulas tentang kenikmatan rasa dan keunikan yang dimiliki kopi dari Gayo ini.

Kopi jenis Arabika Gayo adalah salah satu jenis varietas kopi terbaik di dunia. Karena memiliki rasa yang nikmat, kopi ini sangat digemari oleh para pecinta kopi dari Indonesia dan juga dari luar negeri. Hal ini disebabkan kopi Gayo memiliki aroma dan cita rasa yang unik.

Berbicara tentang asal usul kopi Gayo, persebaran kopi ini dibawa pertama kali oleh Belanda pada abad ke 17, yang membawa biji Arabica Mocca dari Arab Saudi, dan persebaran kopi mencapai kawasan dataran tinggi Gayo dan di Kabupaten Aceh Tengah. Kekuasaa Belanda yang hadir sekitar tahun 1904 di Tanah Gayo memberikan suasana baru dengan dibukanya lahan perkebunan kopi pada ketinggian 1000 – 1700 mdpl. Dan sekitar tahun 1925 sampai dengan tahun 1930, masyarakat mulai membuka kebun kopi, yang dibuka di lahan yang dekat dengan perkebunan Belanda tersebut. Dan sekitar tahun 1930 sudah ada 4 kampung yang berdiri di kawasan perkebunan Belanda, yang berada di Belang Gele, yaitu Kampung Belang Gele, Paya Sawi, Pantang Peseng dan juga Atu gajah. Hal ini dibuktikan juga dengan adaya sisa pabrik pengeringan kopi di desa Wih Porak, kecamatan Silih Nara, yang menunjukkan kopi sudah menjadi komoditas ekonomi yang penting saat itu.

Kopi Aceh Gayo adalah sebuah pilihan nikmat kopi arabika

Sebagai pilihan kenikmatan kopi, maka Kopi Aceh Gayo menjadi kopi arabika yang menjadi favorit para pecinta kopi. Kopi Aceh Gayo sangat disukai karena kopi gayo memiliki karakter dengan body dan aroma yang kuat, dengan tingkat keasaman yang rendah. Selain disukai di Indonesia sendiri, kopi Aceh Gayo ini digemari juga oleh para pecinta kopi di Amerika Serikat dan Eropa, karena kopi ini memiliki rasa yang kuat dan tidak pahit.

KOPI ACEH GAYO, KENIKMATAN KOPI ARABIKA
Secangkir kopi arabika Aceh Gayo

Terdapat banyak varietas dan berbagai jenis rasa kopi Gayo di pasaran, namun jenis yang banyak dijual dan ditanam adalah timtim dan red bourbon. Metode memproses biji yang digunakan oleh para petani menggunakan metode kering (dry process), proses ini yang menjadi salah satu faktor yang membuat rasa kopi Gayo memilki rasa cenderung manis. Namun ada pula Kopi Aceh Gayo yang diproses dengan cara natural fermentasi sehingga kopi Aceh Gayo memiliki rasa seperti wine, sehingga disebut dengan “Kopi Aceh Gayo Wine”.

Kopi Aceh Gayo Terbaik

Proses untuk mendapatkan kopi Aceh Gayo terbaik harus dengan proses yang disiplin, dan hal ini diterapkan oleh petani kopi di Dataran Tinggi Gayo, yang memahami dengan benar prosedur petik pilih, yang hanya memilih warna merah sempurna saja. Hal inilah yang menyababkan kopi Gayo memiliki kualitas dan itensitas aroma yang kuat.

Kopi Aceh Gayo Terbaik
Kopi Aceh Gayo dari Kedai Cangkir Luwak-Situbondo

Untuk mendapatkan kopi berkualitas Kopi Aceh Gayo, anda sekarang tidak perlu repot, karena di Jawa Timur sendiri sudah terdapat gerai kopi yang menyediakan dan mengolah kopi Aceh Gayo, yaitu Kedai Cangkir Luwak di Situbondo, yang fokus pada penyediaan kopi single origin, yang berlokasi di Jalan PB. Sudirman, Karangasem, Patokan Sitobondo, Jawa Timur, dengan nomor handpone untuk pemesanan kopi di nomor 0852 1538 5231.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *