FILOSOFI KOPI QUOTES: NIKMATNYA KOPI JOSS

Posted on

Filosofi Kopi Qoutes – Kopi… Bisa dibilang kopi ini adalah sebuah barang konsumsi istimewa, meskipun hanya sekedar sebuah minuman, namun bisa menghangatkan suasana. Bagi penikmat kopi, bahkan bisa seorang kopi addict, mereka bisa membedakan mana kopi Arabika dan mana kopi Rosbuta, bahkan yang paling ekstrem, para pecinta kopi ini bisa membedakan mana kopi asli dan mana kopi campuran yang biasa dijual dan dijajakan di warung umum.

FILOSOFI KOPI QUOTES: NIKMATNYA KOPI JOSS
Kopi Joss

Pernah dengar sebuah quotes di sebuah film yang membahas tentang kopi, bahwa “Kopi yang enak akan menemukan penikmatmya”. Apa yang tersirat dengan kata-kata ini?. Yang pasti kualitas akan mengalahkan segalanya, begitu juga dengan kopi, kopi dengan kualitas sangat baik pasti memiliki harga yang sangat tinggi. Dan kopi yang enak pasti ditemukan penikmatnya, maka tidak salah kalau ada semboyan “ada harga ada kualitas”. Dan satu hal yang pasti didalam kopi terdapat dua tingkatan yang membedakan yaitu peminum kopi dan penikmat kopi. Seorang penikmat kopi, akan menikmati kopi terbaik dengan sensasi yang berbeda. Sedangkan peminum kopi, hanyalah orang-orang yang ingin meinum kopi saja, ya meminum kopi dengan sekedarnya, dengan kata lain, yang penting minum kopi.

Quotes tentang Filosofi Kopi

Kopi, bisa dikatakan memiliki filosofi hidup yang berbeda dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Kopi memiliki filosofi yang bermakna “kesabaran”, kenapa bisa dikatakan sabar?. Karena untuk membuat biji kopi berkualitas dibutuhkan proses yang panjang, mulai dari pemilihan kopi sampai dengan proses rosting sampai brewing.

Bahkan untuk menikmati kopi yang enak memiliki cara tersendiri untuk meminumnya. Cara nikmat menikmati kopi adalah dengan menyeruput kopi, yaitu meminum dengan menghirup kopi disertai dengan tegukan kopi di kerongkongan.

Filosofi kopi adalah kopi yang selalu menginspirasi. Berbicara inspirasi, maka berbicara tentang kreatifitas, karena pahitnya kopi selalu menjadi inspirasi bagi kita. Tahu akan filosofi kopi berarti tahu akan kenikmatan kopi.

Quote Filosofi Kopi Tubruk

Sebelum tahu tentang berkembangnya kopi menjadi lebih beraneka ragam, di awal perkembangannya lebih dikenal dengan nama “kopi hitam” atau biasa disebut dengan “kopi tubruk”. Dan mengapa disebut “kopi tubruk”?. Sebenarnya kopi tubruk adalah kopi hitam yang ditubruk atau disiram dengan air panas. “Kopi tubruk” sebenarnya adalah kopi hitam dengan tingkatan yang paling sederhana. “Kopi tubruk” adalah kopi tradisonal yang selalu dinikmati masyarakat.

Quotes tentang Filosofi Kopi
Kopi Joss

Cara membuat kopi ini pun sangat sederhana, tidak perlu alat yang mahal untuk memproduksinya, hanya butuh tempat pengering di lahan yang luas dan disangrai dengan sederhana. Cara sajinya pun sangat mudah, dengan menumbuk kopi bisa dengan cara yang halus atau agak kasar, sesuai selera, baru diseduh dan disiram dengan air panas yang masih mendidih.

“Kopi Tubruk”, memiliki filosofi yang menarik, yaitu lugu, sederhana, tapi sangat memikat kalau kita mengenalnya lebih dalam.

“Kopi Joss” Arang

Kali ini saya akan membahas tentang pengembangan dari sajian minuman kopi hitam, di Yogyakarta yang biasa disebut dengan “Kopi Joss”,  atau disebut juga dengan kopi arang, dan disebut juga dengan Charcoal Coffee.

Kopi Joss…Sering mendengar tentang kopi jenis ini?. Yang pernah ke Yogyakarta pasti pernah mendengarnya. Begitu pula bagi anda para pecinta kopi. Kopi ini adalah salah satu sajian kopi khas Kota Yogyakarta. Kopi ini sebenarnya adalah kopi hitam biasa atau “kopi tubruk” yang diberikan campuran arang yang masih membara.

Sejarah Kopi Arang, pun tidak lepas dari sebuah “angkringan” atau tempat nongkrong di Yogyakarta. Pada awalnya kopi joss ini berasal dari angkringan yang merupakan tempat nongkrong, tempat untuk ngopi bagi semua kalangan di Yogyakarta. Sebut saja Lek Man, seorang pedagang dari Klaten, Jawa Tengah yang pertama kali meracik kopi arang ini. Angkringan Lek Man yang sangat legendaris ini berada di kawasan Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri saat ini sangat banyak penjual “Kopi Joss” yang bertebaran di hampir seluruh Kota Yogyakarta.

Kopi Dicampur Arang

Meskipun biasanya kita hanya sekedar menikmati kopi arang ini, namun tidak ada salahnya kalau mengetahui cara pembuatan kopi arang ini. Cara membuat kopi arang ini sangat mudah, namun yang terpenting disini adalah pilihlah kopi terbaik dan arang yang bagus sebagai bahan kopi arang ini.

Pada saat tulisan ini disusun, kami tidak sedang dalam keadaan nongkrong di Kota Jogja, namun kami menikmati “Kopi Joss” ini disalah satu angkringan yang ada di Kota Probolinggo.

“Kopi Joss” Arang
Kopi Joss

Kopi yang dipakai sebagai bahan “Kopi Joss” ini dibuat dari Kopi Robusta yang di oven sehingga akan menimbulkan aroma harum kopi yang berbeda dari kopi lain.

Membuat “kopi joss” ini pun sangat mudah, setelah bubuk kopi dicampur dengan sedikit gula, baru dituang air panas yang sudah mendidih ke dalam gelas atau cangkir kopi. Baru kemudian dicampur dengan arang membara yang sudah dibersihkan dari bekas debu arang. Arang ini kemudian dicelupkan ke dalam gelas atau cangkir kopi, baru kemudian diaduk lagi. Jangan khawatir untuk arang ini, karena arang yang digunakan hanya digunakan sekali dalam penggunaannya.

Khasiat Kopi Arang

Sama halnya dalam menikmati kopi, kopi arang ini sangat nikmat apabila dinikmati dalam keadaan panas serta ditambahkan arang yang masih dalam keadaan membara dengan suhu di atas 2500 celsius, yang dapat merubah arang menjadi karbon aktif yang sangat berguna untuk mengikat polutan dan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Pertanyaannya…masih khawatir untuk meminum kopi joss, atau masih menganggap manfaat kopi joss hanya mitos? Tahukah kawan, keberadaan kopi arang atau “kopi joss” ini sebenarnya ditemukan oleh mahasiswa Universitas Gajah Mada yang sering hang out atau nongkrong di angkringan atau tempat ngopi di Jogjakarta.

Amankah Kopi Arang

Berdasarkan tulisan Dede Ariyanto di Kompassiana yang juga mengulas tentang “Kopi Joss”, disampaikan bahwa “Apabila Kopi Arang ini dapat membahayakan setelah mengkonsumsi dikarenakan kopi yang didalamnya dicelupkan arang, maka sejak dahulu Dinas Kesehatan di Jogjakarta pasti sudah melarang “Kopi Joss” ini dijual. Namun pada kenyataannya, sejal awal dijual tahun 1970-an sampai sekarang, kopi joss tetap disuka para pecinta kopi joss.”

Filosofi Kopi Arang

Mungkin bagi sebagian orang, menikmati kopi rasanya biasa saja. Tapi bagi pecinta kopi atau coffee lover, menikmati kopi tidak hanya meminum kopi namun memiliki sensasi tersendiri yang hanya bisa dirasakan para pecinta kopi.

Kopi arang juga memiliki makna yang mendalam yang patut dipahami bagi penikmat kopi. Kopi arang memiliki makna “penghargaan terhadap budaya tradisional”, apalagi kopi arang atau “kopi joss” yang berasal dari Kota Yogyakarta yang penuh dengan nuansa tradisonal.

Pada umumnya menikmati kopi joss biasanya dilakukan di angkringan atau warung kopi yang berkonsep Jogja. Menikmati kopi ini paling enak dilakukan dengan nongkrong bareng teman-teman sambil ngobrol dan ditemani dengan menu sajian yang ada di angkringan.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

One thought on “FILOSOFI KOPI QUOTES: NIKMATNYA KOPI JOSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *