DIGITAL MARKETING, CARA PRAKTIS MELEDAKKAN OMSET

Posted on

Dunia bisnis adalah dunia yang penuh dengan perubahan. Siapa saja yang tidak siap dengan perubahan maka akan tertinggal, begitu juga dalam dunia bisnis. Di era teknologi yang semakin canggih, teknologi menjadi semakin berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembeli dalam membeli suatu produk.

Perubahan ini menyebabkan berubanya perilaku konsumen yang mengakibatkan berubahhnya harapan atas kebutuhan keinginan konsumen dalam memenuhi kebutuhan atas suatu produk. Bagi perusahaan yang mendasarkan kehidupan dan nyawa bisnisnya pada ketergantungan atas konsumen maka penjualan dan pemasaran menjadi faktor yang sangat penting dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Salah satu cara yang digunakan dalam memasarkan produk adalah dengan menggunakan salah satu unsur 4P dalam pemasaran yaitu promosi. Promosi ini menjadi cara yang bisa dilaksanakan suatu perusahaan untuk mendorong konsumen membeli barang yang ditawarkan oleh perusahaan sebagai produsen.

Di era digital ini, teknologi informasi memiliki peran penting dalam memasarkan produk sehingga baik langsung mapun tidak langsung mempengaruhi kehidupan bisnis. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meraih simpati calon pembeli salah satunya dengan melaksanakan digital marketing yang saat ini menjadi senjata ampuh bagi perusahaan untuk memasarkan produknya.

DIGITAL MARKETING, CARA PRAKTIS MELEDAKKAN OMSET
Kekuatan Sosial Media (Sumber Gambar: Internet)

DIGITAL MARKETING, SEBUAH ERA PROMOSI SIAP SAJI

Telah kita ketahui bersama bahwa pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dengan cara mendapatkan laba. Dalam konsep ini terdapat hal utama yang harus kita pahami bahwa penjualan merupakan bagian dari pemasaran, dan penjualan merupakan suatu kegiatan penyampaian produk kepada konsumen yang juga bagian dari kegiatan promosi, dan promosi merupakan bagian dari pemasaran. Oleh karena itu apabila pemasaran bertujuan untuk melayani konsumen, maka penjualan bertujuan untuk melayani keinginan perusahaan.

Salah satu cara dalam mengenalkan produk yang akan kita jual adalah dengan melakukan promosi. Promosi harus segera dilakukan oleh suatu usaha, meskipun itu usaha yang baru berdiri atau start up. Saat ini fungsi promosi menjadi hal yang sangat penting sehubungan dengn ketatnya persaingan dalam memenangkan pasar.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, yang saat ini dunia masuk pada era digital, maka perkembangan digital marketing menjadi hal yang sangat berperan. Secara karakteristik konsep promosi dengan digital marketing masuk pada bagian dari promotional mix, yang mencakup pada; perikalanan, personal selling dan promosi penjualan.

Pada perkembangan terakhir, digital marketing menjadi solusi cepat untuk bisa masuk dalam benak konsumen. Digital marketing adalah suatu cara untuk melakukan penetrasi pasar secara cepat dan tepat dengan biaya yang lebih murah dibandingkan cara-cara konvensional. Bagi suatu usaha yang melakukan penetrasi pasar dengan cara memasarkan produknya secara online dengan menggunakan digital marketing, promosi bisa dilakukan setiap waktu 24 jam, tanpa henti. Dan bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah, baik melalui gadget ataupun laptop yang dibantu dengan berbagai macam situs pencari misalnya google, yahoo dan lain-lain.

Saat ini jasa digital marketing memberikan andil yang luar biasa pada terbentuknya image atas produk pada konsumen, jasa ini merupakan jasa profesional yang sudah tersebar di Jakarta, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya, pekerjaan yang dilakukan mulai dari pembuatan Websiate untuk perusahaan pengiklan, memberikan Aplikasi Search Engine Marketing, SEO dan  Social Media Marketing.

DIGITAL MARKETING DAN OMSET PENJUALAN

Sub judul ini sangat menarik bagi saya, karena berhubungan sekali dengan usaha kecil yang sedang saya rintis bersama keluarga. Sebagai seorang start up, yang memulai usaha dari nol, proses setelah mendirikan usaha adalah bagaimana para pembeli dengan segera dan dengan kesadaran sendiri mau datang dan membeli produk yang kami jual. Proses menarik pembeli sehingga mau dan dengan kesadaran sendiri datang ke gerai kuliner kami menjadi tantangan yang luar biasa bagi kami sebagai pendatang baru di bisnis yang kami lakukan saat ini.

Tantangan…kenapa saya menyebut menarik pembeli sebagai tantangan? Hal ini dikarenakan proses tersebut sangat berhubungan dengan terbentuknya omset atas usaha yang telah didirikan. Omset adalag sebuah kunci utama untuk mengembangkan usaha, dengan kata lain meningkatnya omset penjualan di dalam sebuah gerai yang kami dirikan akan menunjukkan potensi sukses bisnis kami.

Menggunakan teknik pemasaran digital menjadi hal menarik terutama dalam mempromosikan merk produk yang kita jual dengan menggunakan media digital, dan mengapa media digital ini menjadi menarik karena media bisa menjangkau konsumen tepat waktu, lebih personal dan sangat relevan.

Memang pada awalnya, konsep digital ini belum terasa manfaatnya bagi usaha kami, dan akhirnya kami memutuskan menggunakan promosi secara bersamaan antara promosi online dan off line. Bagi saya, dua alat promosi ini memang harus dilakukan secara beramaan, secara biaya mungkin saja merupakan biaya sia-sia. Namun bagi kami, kami yakin bahwa layaknya sebuah sawah, sawah tersebut harus disiangi dulu dari beberapa rumput, setelah rumput itu hilang baru diairi untuk menggemburkan tanahnya, baru bisa ditanami. Begitu pula dengan sebuah usaha, untuk mewujudkan omset yang luar biasa, diawal diperlukan usaha yang luar biasa, salah satunya dengan melakukan promosi agar dikenal dan terbawa dalam benak bawah sadar para konsumen. Namun pada kurun waktu selanjutnya, promosi on line lebih banyak dilakukan selain efisien juga biaya yang lebih murah.

Sebagai bagian dari digital marketing, promosi menjadi hal utama, terutama dengan menggunakan social media yang saat ini menjadi kebutuhan masyarakat di Indonesia. Facebook, Instagram, Twitter, Path, Linkedin dan sosial media lainnya menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, dan hal ini menjadi peluang bagi pebisnis off line dan online untuk memasarkan produknya. Sosial media yang saat ini lebih banyak digemari terutama dalam memasarkan produk adalah Instagram, aplikasi ini lebih banyak membagikan foto yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mengambil foto dan membagikannya di sosial media lainnya.

Melalui tulisannya Krusita Ramanda di https//toffeedev.com/memanfaat-instagram-untukberbisnis/ yang menyampaikan bahwa 78% dari konsumen membuat keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh media sosial suatu merek, 70% dari pengguna Instagram telah melakukan pencarian merek melalui Instagram. Yang menarik dengan menggunakan Instagram, masih menurut Krusita disampaikan, bahwa pada tahun 2017 ini akan banyak pengusaha yang serius mengembangkan bisnisnya melalui media sosial, dan pemasaran online dengan menggunakan Instagram akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada penjualan produk dan pembelian dari konsumen secara online.

Sebagai bagian dari dunia digital marketing, Instagram memberikan efek yang berbeda dibanding sosial media lainnya. Kenapa Instagram memberikan efek yang berbeda dibandingkan yang lain? Hal ini disebabkan pengguna sosial media ini berkembang menjadi lebih banyak seperti kekuatan snow ball, dimana di seluruh dunia, terdapat 500 juta pemakai instagram menggunakan dan membagikan rata-rata 95 juta foto dan video per harinya. (Sumber: Aulia Rezeki dalam tofeedev.com).

Yang menyebabkan hal berbeda berkaitan dengan peningkatan kinerja bisnis terutama dalam menaikkan omset ini adalah para pemakai isntagram lebih menyukai hal-hal yang berkaitan dengan merek.

Kembali pada konsep digital marketing, pada intinya untuk menaikkan omset diperlukan suatu cara yang berbeda dibanding usaha yang lain. Digital marketing menjadi salah satu cara dalam mengenalkan produk, namun untuk memenangkan persaingan diperlukan strategi khusus yang berbeda dibanding pemilik usaha lainnya. Sehingga dengan strategi yang tepat terutama dengan digital marketing diharapkan bisa menaikkan omset dari usaha yang kita miliki.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *