COLD BREW, PILIHAN KOPI TERBAIK DI POINT CAFE

Posted on

Menikmati kopi masih menjadi senjata andalan untuk mengurangi rasa kantuk, apalagi saat menyetir mobil. Minum kopi menjadi salah satu pilihan wajib, kalau istirahat sejenak belum bisa dilakukan. Banyak sekali jenis kopi yang bisa menjadi pilihan, mulai dari espresso, latte, kopi tubruk, sampai dengan yang terbaru adalah cold brew. Begitu juga dengan saya, saat sedang dalam perjalanan mudik, karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk membuat kopi sendiri, maka membeli kopi  bisa menjadi pilihan. Cold brew, pilihan kopi terbaik di Point Cafe, menjadi salah satu pilihan untuk menikmati kopi. Cold brew adalah salah satu jenis kopi yang menjadi salah satu icon menu kopi disebuah cafe yang ada di salah satu supermarket yang menyediakan kopi untuk bisa dibawa pulang.

Sebagai pilihan dalam menikmati kopi, kebanyakan orang menganggap sama antara es kopi dengan cold brew. Yang membedakan adalah cara mengolah kopi sehingga menjadi minuman dingin, kalau es kopi adalah minuman dingin yang berasal kopi yang telah diseduh dengan air panas, baru kemudian didinginkan dengan cara biasa baru ditambahi es batu. Hal berbeda untuk cold brew, minuman ini diperoleh dengan es kopi yang dilakukan fermentasi.

Cold Brew, Kopi Nikmat Masa Kini

Sebagai salah satu pilihan kopi nikmat, cold brew menjalani berbagai proses panjang sebelum bisa disajikan kepada para pecinta kopi. Hal inilah yang membedakannya dengan es kopi biasa. Untuk mendapatkannya, biji kopi tersebut ditumbuk dengan kasar, diseduh dengan air biasa, bukan dengan air panas, dengan suhu ruangan yang didiamkan didalam botol kaca. Saat proses fermentasi selesai dilakukan, baru disaring untuk memisahkan kopi dengan ampas kopi.

COLD BREW, PILIHAN KOPI TERBAIK DI POINT CAFE
Cold Brew dari Point Cafe

Untuk mendapatkan cold brew dengan rasa terbaik, maka harus berasal dari biji kopi terbaik. Selain dari pemilihan biji kopi terbaik, faktor lain yang mempengaruhi rasa dari cold brew adalah teknik atau cara dalam menyeduh bubuk kopi hitam dengan air dingin tersebut, teknik yang bisa dilakukan untuk mendapat rasa terbaik adalah mendiamkannya dengan air dingin (atau pada air suhu ruangan) dalam waktu antara 12 sampai dengan 24 jam.  Atau cara yang lain adalah merendam digelas dari kopi yang telah diseduh kemudian didiamkan dan dilakukan penyaringan, dengan menggunakan alat seduh kopi, misalnya frech press atau cold drip.

Hasil dari penyeduhan kopi dingin ini nantinya akan menghasikan konsentrat kopi yang pekat. Kopi dalam bentuk konsentrat ini bisa langsung diminum atau ditambahkan susu, gula dan bahan lainnya untuk membuat kreasi kopi.

Point Cafe dari Indomaret, Coffee Shop dengan Konsep Grap & Go

Memiliki ide yang berbeda dibanding merk yang sama dikelasnya akan membuat produk tersebut menjadi andalan dalam proses pemasaran produk kopi. Hal ini yang menjadi ide untuk mengembangkan bisnis atau bisa dikatakan diversifikasi produk dari supermarket seperti Indomaret dengan membuat cafe yang berbeda dibanding supermarket lainnya yang telah memiliki gerai kopi.

Point Cafe dari Indomaret, Coffee Shop dengan Konsep Grap & Go
Cold Brew Original

Point Cafe adalah sebuah coffee shop dengan menggunakan konsep “Grab & Go” dan menyajikan kopi terbaik dengan fresh quality coffe. Yang menarik di Point Cafe adalah, kopi yang digunakan adalah biji kopi lokal yang merupakan biji kopi asli dari Indonesia, yang diproses dengan menggunakan mesin kopi terbaik. Point cafe ini didirikan pertama kali pada tanggal 30 Mei 2016, hingga saat ini telah memiliki 203 outlet di Indonesia di 44 kota besar di Indonesia.

Cold Brew dari Point Cafe Pilihan Kopi Terbaik

Sebagai pilihan untuk tempat nongkrong, maka kopi yang disajikan disini menjadi kopi terbaik yang menjadi pilihan para pecinta kopi. Diantara berbagai pilihan kopi yang disajikan pada menu kopi, maka cold brew masih menjadi kopi dengan aura yang menggoda. Untuk cold brew terdapat berbagai pilihan jenis rasa, antara lain palm sugar, caramel, hazelnut dan original.

Cold Brew dari Point Cafe Pilihan Kopi Terbaik
Disediakan es batu apabila menginginkan

Selain cold brew sebagai pilihan kopi kesukaan saya, sebenarnya juga terdapat pilihan kopi lainnya yang bisa dipilih, untuk espresso tersedia berbagai pilihan jenis espresso, antara lain latte, coffee dolce, espresso long black mocha. Selain kopi juga terdapat varian minuman lain misalnya teh, dengan berbagi pilihan lemon tea, brewed tea dan green tea latte.

Cold Brew dari Point Cafe Pilihan Kopi Terbaik
Cold Brew dengan Palm Sugar

Untuk harga sangat terjangkau. Sebotol cold brew di tawarkan dengan harga Rp. 20.000 per botol, namun karena promo saya mendapatkan harga Rp. 30.000 untuk dua botol cold brew.

Resume:

Jenis cafe: Point Cafe

Jenis minuman: Cold Brew

Harga: Rp. 15.000 per botol (masa promo)

Lokasi Point Cafe (Pembelian): di Rest Area Km 725, Jalan Tol Sumo (Surabaya – Mojokerto) Gresik.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *