BIJI KOPI TERBAIK UNTUK COLD BREW

Posted on

Kopi masih menjadi minuman favorit saat ini. Banyak sekali jenis kopi yang ada, dengan nama yang berbeda, tergantung dari asal nama daerah tempat menanam kopi tersebut. Pada awalnya minuman kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang diseduh yang telah dilakukan proses sangrai, kemudian dihaluskan dan menjadi sebuah bubuk kopi. Jika biasanya kopi dinikmati dalam keadaan panas, saat ini mulai dan banyak dikembangkan minuman kopi dalam keadaan dingin, baik dalam bentuk es kopi maupun dalam bentuk cold brew. Dibutuhkan jenis biji kopi terbaik untuk Cold Brew, untuk mendapatkan sensasi kenikmatan.

Dilihat dari jenis kopi, sebenarnya hanya terdiri dari dua jenis varietas yang beredar dipasaran, yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Kedua jenis ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan keunikan yang berbeda pula, selain itu harga jenis kopi tersebut juga berbeda-beda antara satu kopi dengan kopi yang lain.

Kopi memang biasa dinikmati dalam keadaan panas, atau biasa disebut dengan hot coffee, namun dalam kondisi cuaca yang panas, menikmati minuman kopi dalam kondisi dingin mungkin lebih masuk akal. Yang terbayang adalah minuman es kopi. Dengan brkembangnya minuman es kopi, saat ini juga mulai muncul minuman yang juga berasal dari kopi yang disebut dengan cold brew. Minuman ini sama-sama segar, namun apa yang menjadi perbedaan diantara kedua jenis minuman ini?.

Es kopi adalah minuman dari kopi yang dilakukan penyeduhan secara biasa dengan menggunakan air panas. Baru kemudian dibiarkan dingin, dan diberikan es batu, selanjutnya minuman ini disajikan dalam keadaan dingin. Berbeda dengan cold brew. Cold brew adalah es kopi yang didapatkan dari proses fermentasi. Untuk mendapatkan minuman lezat ini berasal dari proses biji kopi yang ditumbuk dengan kasar, kemudian diseduh, yang membedakan adalah minuman ini tidak diseduh dengan air panas, namun diseduh dengan air dengan suhu ruangan, baru kemudian didiamkan dalam botol kaca. Setelah proses fermentasi, dilakukan proses penyaringan untuk memisahkan kopi dari ampas. Baru disajikan sesuai dengan selera, bisa dicampur air atau diberikan es batu.

Biji Kopi Terbaik Untuk Kopi Seduh Dingin

Untuk mendapatkan cold brew terbaik, dengan rasa terbaik, harus dilakukan penggilingan biji kopi dengan ukuran yang tepat antara biji kopi dengan rasio air yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan biji kopi terbaik, memang tergantung dari selera anda, karena pemilihan rasa adalah subyektif, dan setiap orang memiliki selera yang berbeda.

BIJI KOPI TERBAIK UNTUK COLD BREW
Biji Kopi Terbaik (Sumber Gambar: kansascity.com)

Untuk mendapatakan cold brew coffee yang lezat, anda bisa menggunakan biji kopi dari Jawa atau biasa disebut dengan Kopi Java Arabica. Biji kopi dari jenis ini menghasilkan rasa yang lezat dengan asam yang rendah, dengan taste minuman kopi yang halus.

Tipe Biji Kopi Terbaik Untuk Cold Brew

Untuk mendapatkan cold brew dengan rasa yang lezat, salah satu jenis bahan yang bisa anda gunakan adalah biji kopi dari Indonesia, yaitu kopi Arabica Bali Kintamani. Biji kopi Bali Kintamani merupakan bahan yang tepat untuk mendapatkan sajian minuman cold brew ini.

Salah satu pembuat cold brew, yaitu Bootstrap, memang sengaja membuat cold brew untuk menarik minat para pecinta kopi. Sebagai sajian kopi yang disajikan dalam kondisi dingin, untuk mendapatkannya harus melewati proses cold drip selama 18 jam, termasuk dengan proses penyaringan yang harus dilakukan. Cold brew dengan biji kopi Arabica Bali Kintamani ini memiliki rasa yang smooth, dengan kadar asam yang rendah, manis dan sangat menyegarkan.

Kelebihan  cold brew buatan Bootstap ini adalah tidak menggunakan pengawet, dan hanya menggunakan campuran kopi dan air, dan yang pasti membuat minuman ini lebih segar, apalagi dikemas dalam botol sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *