AYAH EDY, TOKOH PARENTING INDONESIA

Posted on

Mendidik anak menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan berkeluarga saat ini. Di tengah gempuran media sosial dan berbagai pengaruh pergaulan yang cukup mempengaruhi anak-anak, maka sangat diperlukan sebuah upaya untuk memahami kehidupan anak. Salah satu panutan dalam dunia parenting adalah Ayah Edy, Tokoh Parenting Indonesia. Ayah Edy memiliki nama asli Edy Wiyono, yang juga pernah berkarir di banyak perusahaan ini, akhirnya menemukan panggilan hati untuk menekuni dunia parenting.

Berawal dari sebuah diskusi dengan seorang profesor dibidang Ilmu Sosiologi dan Anthropologi yang pernah tinggal di Indonesia, dengan pembahasan utama adalah tentang pendidikan, akhirnya Ayah Edy memilih dunia parenting ini sebagai panggilan hidupnya.

Ayah Edy Parenting, “Konsep Strong From Home”

Dunia parenting yang ditekuni Edy Wiyono, memang diawali dari sebuah diskusi mendalam tenteng pendidikan, khususnya sistem pendidikan, dan untuk membenahi kualitas manusi di Indonesia, harus dimulai dari pembentukan bibit yang baik. Ide untuk kembali dan menekuni dunia parenting inilah, yang menjadikan ayah Edy merasa mendapat panggilan jiwa untuk menekuni dunia pendidikan.

AYAH EDY, TOKOH PARENTING INDONESIA
Ayah Edy (Sumber Foto: http://motivatorindonesia.net/)

Akhirnya, Ayah Edy menekuni dan mempelajari dunia parenting, yang merupakan basis pembentukan karakter seorang anak. Menurut Ayah Edy, “Pekerjaan membentuk fondasi pembentukan karakter anak ini, adalah sebuah pekerjaan yang harus dilakukan satu generasi, dan mungkin baru terlihat hasilnya dalam jangka waktu 30 tahunan. Meskipun dia (Ayah Edy) belum menikmati, minimal dia pernah die with smile”.

Setelah kembali ke Indonesia, suami dari Ibu Sri Yuliani ini tidak lagi bekerja di perusahaan seperti sebelumnya, namun lebih fokus pada menyebarkan sebuah konsep parenting yang telah dipelajarinya. Awalnya sebutan ayah, berawal dari panggilan di rumah yang memang dipanggil ayah oleh anak-anak. Panggilan Ayah Edy saat ini sepertinya juga menjadi sebuah identitas, sehingga ditambahkanllah “Ayah” didepan namanya.

Sebuah ide yang menarik, yang diusung Ayah Edy, adalah sebuah konsep “Strong From Home”. Yaitu sebuah konsep bagaimana membangun Indonesia sebagai negara dan bangsa yang berasal dari keluarga. Kunci utama dari konsep ini adalah mengubah pola pikir yang selama ini salah, bahwa kesuksesan diukur dari uang, dan mengajarkan akhlak dan etika yang baik, sejak anak masih dalam usia dini.

Ayah Edy Menjawab, tentang Cara Mengasuh Anak

Mendidik anak memang susah-susah gampang. Anak memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga cara menghadapi mereka pun berbeda pula. Pertanyaan yang sering dilontarkan kepada Ayah Edy, tetang pola pengasuhan anak adalah bolehkah menghadapi mereka dengan “marah”?. Marah adalah sebuah keadaan yang biasa terjadi karena setiap orang memiliki rasa emosi. Yang bisa dilakukan untuk menghadapi marah adalah dengan mengendalikan penyebab marah.

Ayah Edy Menjawab, tentang Cara Mengasuh Anak
Ayah Edy, Tokoh Parenting (Sumber Gambar: blog.mizanstore.com)

Menurut Ayah Edy cara mengendalikan marah, adalah dengan”beristirahat sejenak”. Apabila anda pulang setelah bekerja, hendaknya jangan berinteraksi terlebih dahulu dengan anak, karena anda bisa terpancing untuk marah. Menurut Ayah Edy, sebaiknya anda beristirahat terlebih dahulu. Pola yang dilakukan oleh Ayah Edy dan keluarga, yang mungkin bisa dicontoh dan diterapkan di keluarga anda adalah dengan menerapkan “Sift 1,2, 3 dengan asisten rumah”. Maksudnya, apabila Ayah Edy beristirahat selama satu jam, maka istri dari Ayah Edy yang akan menggantikan perannya untuk bermain dengan anak-anak. Dan selanjutnya secara bergantian, istri Ayah Edy yang beristirahat.

Ayah Edy Parenting Cara Mendidik Anak

Pola pengasuhan dan mendidik anak menjadi kunci rahasia berhasilnya sebuah keluarga, Begitu pula dengan Ayah Edy yang menggunakan keluarganya sebagai laboratorium hidup untuk konsep parenting yang sedang dijalankannya. Untuk itu mari memulai sejak dini konsep parenting yang dimulai dari rumah.

Yang menarik dari pengasuhan Ayah Edy pada kedua anaknya adalah dengan memberikan pendidikan tersendiri pada anaknya dengan memberikan pendidikan homeschooling, yang lebih memfokuskan pada etika dan perilaku. Menurut ayah Edy, pola parenting untuk mendidik anak dengan konsep homeschooling yang ideal, adalah tidak hanya memindahkan lokasi belajar dari sekolah ke rumah, dengan mata pelajaran terpisah. Namun juga pendidikan dengan kurikulum dari alam dan keseharian hidup yang dijalani sehari-hari.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *