Destinasi Wisata Trenggalek

Kali ini ada yang berbeda dengan artikel dan ulasan blog traveling ini. Kalau selama ini, kita mengulas tentang informasi secara keseluruhan yang berkaitan dengan traveling. Namun kali ini, kita akan membahas sebuah tujuan traveling yang berada di selatan Jawa Timur, Indonesia. Saya tertarik untuk mengulas salah satu dari daerah Jawa timur ini, agar anda tidak terfokus  hanya ke Bali kalau mengingat perjalanan ke Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Trenggalek. Terdapat Destinasi Wisata Trenggalek yang bisa anda pilih, apalagi Trenggalek memiliki wisata alam yang sangat indah.

Trenggalek, adalah sebuah daerah dataran rendah dengan wilayah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan dekatnya Kabupaten Trenggalek dengan Samudera Hindia, hal ini memberikan keuntungan bagi daerah ini, dengan keindahan alamnya yang menberi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk datang. Dengan keunggulan atas wisata alamnya menjadikan pariwisata di Trenggalek menjadi sektor yang diunggulkan.

Pembangunan pariwisata di Kabupaten Trenggalek terus ditingkatkan sejak Dr. Emil Elestianto Dardak, MSc masih menjadi Bupati Trenggalek (saat ini menjadi sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur). Dengan keindaahan wisata alamnya, menjadikan Pemerintah Kabupaten Trenggek terus melakukan pengembangan pariwisata dan kawasan selatan Trenggalek.

Destinasi wisata pantai Trenggalek
Destinasi wisata pantai Trenggalek (Sumber gambar: vezziger.blogspot.com)

Event Menarik di Trenggalek

Sebagai daerah yang berada di pesisir Selatan di Jawa timur, Trenggalek berada di daftar atas destinasi wisata tersebut. Bagi anda yang masih asing dengan Trenggalek, mungkin hal yang wajar, karena selama ini yang anda kenal adalah tempat wisata utama di Indonesia, misalnya Bali, Toraja, Raja Ampat, dan Yogyakarta. Untuk itu, sengaja dalam kesempatan ini kami mencoba mengenalkan beberapa daerah yang bisa menarik anda untuk penasaran dengan berbagai daerah di Indonesia.
Banyak sekali event pariwisata menarik, yang bisa anda nikmati saat di Trenggalek, anda bisa mencari tahu tentang Trenggalek, event dan juga tujuan wisata yang bisa aada kunjungi, bisa melalui internet atau travel agen yang anda percaya.

Baca Juga:
Event yang diadakan adalah event budaya, salah satunya adalah “Festival Jaranan”  atau (seni tari kuda) yang dilaksanakan di Pantai Prigi. “Seni turonggo yakso” adalah seni jaranan asli Kabupaten Trenggalek. “Jaranan” adalah sebuah pertunjukan seni tari kuda, dengan menggunakan anyaman yang terbuat dari bambu, maupun dari kulit dengan menirukan gerak kuda sebagai tari penyamaran.

Destinasi Wisata Spesial di Trenggalek

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur. Trenggalek adalah salah satu daerah yang memiliki bentang alam yang sangat memukau, apalagi dengan kontur alam berupa pegunungan di bagian utara dan pesisir laut dibagian selatan, sehingga Trenggalek memiliki spot destinasi menarik yang harus anda kunjungi.

Banyak sekali tujuan wisata di daerah Trenggalek yang masih alami dan banyak juga wisatawan maupun traveler yang belum mengunjungi spot terbaik di Trenggalek ini. Kami mencoba mengumpulkan dua belas spot tempat wisata yang menarik dan mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk menikmati wisata di Jawa timur, sebagai berikut:
  1. Goa Lowo.
  2. Air terjun dan Gua Ngerit.
  3. Ecowisata Mangrove
  4. Pantai Prigi.
  5. Kawasan Wisata Banyunget.
  6. Pantai Karanggongso.
  7. Galeri Batik Terang Galih.
  8. Pantai Kili-kili
  9. Bukit Banyon.
  10. Pantai Pelang.
  11. Jurug Terbang
  12. Kedung Maron.

1. Goa Lowo

“Goa Lowo” atau diartikan sebagai Gua Kelelawar adalah gua terpanjang dan terbesar se-Asia dengan panjang dua kilometer. Namun rute yang hanya bisa dilalui para pengunjung hanya 900 meter. Didalamnya, terdapat satu ruangan besar lengkap dengan tempat duduk dan tempat untuk beristirahat. Suara air sungai bawah tanah, menjadikan suasana Goa Lowo menjadi makin syahdu.

Goa Lowo;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Goa Lowo (Sumber gambar: visit.trenggalekkab.go.id)
Gua ini diresmikan untuk menjadi sebuah obyek wisata pada tahun 1984. Saat musin liburan, banyak sekali pengunjung yang datang, dan bahkan bisa meningkat sampai 300% dibanding hari biasa.
Goa Lowo, berlokasi di Kambe, Watuagung, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dan dibuka mulai pukul 08.00 am – 5.00 pm.

2. Air Terjun dan Gua Ngerit

Kompleks wisata alam Air Terjun dan Gua Ngerit ini menawarkan spot menarik yaitu rumah batu. Rumah batu ini merupakan sebuah ceruk  yang berada di atas tebing bebatuan raksasa. Dari rumah batu tersebut  akan terlihat pemandangan pegunungan di Kabupaten Trenggalek.

Air Terjun dan Gua Ngerit;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Air Terjun dan Gua Ngerit (Sumber gambar: faktualnews.co)
Gua Ngerit berlokasi di Area Hutan, Senden, Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dan dibuka mulai pukul 08.00 am – 5.00 pm.

3. Ecowisata Mangrove

Lahan bakau ini  memiliki luas 10 hektar, di area ini juga terdapat kera hasil penangkaran. Dengan pemandangan yang bagus dengan latar pegunungan dan view berbagai jenis bakau ini menjadikan keindahan untuk berfoto.

Ecowisata Mangrove;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Ecowisata Mangrove (Sumber gambar: indonesia-tourism.com)
Ecowisata Mangrove ini berlokasi di Jalan Pantai Cengkrong, Tirto Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dan buka mulai pukul 08.00 am – 9.00 pm.

4. Pantai Prigi

Obyek wisata ini merupakan obyek wisata pantai andalan KabupatenTrenggalek. Pantai ini memiliki panjang empat kilometer yang memberikan pemandangan laut biru, dengan pulau kecil di kanan dan kiri pantai. Lokasi pantai ini memiliki jarak 48 kilometer dari pusat kota.

Pantai Prigi;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Pantai Prigi (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Tempatnya yang indah, sangat cocok sebagai destinasi wisata. Berlokasi di Jalan raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia.

5. Kawasan Wisata Banyunget

Kawasan wisata Banyunget adalah sebuah tempat wisata yang masih sangat alami. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati suasana santai dan relaks. Di dalam kawan wisata ini terdapat kolam air hangat alami dari belerang. Juga terdapat air terjun Urang Kambu dengan tinggi 20 meter, selain air terjun, juga terdapat batu payung dan Gua Grojok (yaitu gua dengan air terjun didalamnya).

Kawasan Wisata Banyunget; Destinasi Wisata Trenggalek ;
Kawasan Wisata Banyunget (Sumber gambar: wisatabaru.com)
Kawasan wisata ini berada di Area Hutan, Dukuh, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dan dibuka mulai pukul 07.00 am – 5.00 pm.

6. Pantai Karanggongso 

Pantai Karanggongso biasa dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih, dengan gugusan pulau di pantai ini. Laut yang biru, dan pohon kelapa disepanjang pantai, ditambah dengan pasirnya yang putih memberikan keindahan Pantai Karanggongso. Dengan ombaknya yang tenang akan memberikan anda kenikmatan untuk berenang.

Pantai Karanggongso
Pantai Karanggongso (Sumber gambar: jejakbocah.com)
Kawasan wisata ini berada di Pasir Putih Biru, Karanggongso, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Dan dibuka mulai pukul 08.00 am – 5.00 pm.

7. Galeri Batik Terang Galih.

Galeri Batik Terang Galih ini adalah store khusus untuk koleksi batik khas Trenggalek. Koleksinya sangat lengkap, mulai dari kain sampai fashion dengan desain yang stylish.

Galeri Batik Terang Galih
Galeri Batik Terang Galih (Sumber gambar: news.detik.com)

8. Pantai Kili-kili

Pantai Kili-kili atau disebut juga dengan Pantai Taman Kili-kili adalah pantai yang terletak di Dusun Bendogolor, Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek. Siapa yang mengira pantai yang jarang terdengar ini adalah sebuah konservasi penyu di Jawa Timur, bahkan di tepi pantai juga telah dibangun sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat pengembangbiakan penyu. Adapun penyu yang ada di Pantai Taman Kili-kili, antara lain penyu lekang, penyu belimbing, penyu hijau, penyu abau-abu dan juga penyu sisik.

Pantai Taman Kili-kili;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Pantai Taman Kili-kili (Sumber gambar: www.panggulku.com)
Pantai Kili-kili selain memiliki pesona dari adanya konservasi penyu, juga pantai ini memiliki keindahan yang bisa menarik pengunjug, yaitu suasana sunset maupun suasana sunrise.

9. Bukit Banyon

Salah satu tempat wisata menarik yang harus anda kunjungi adalah Wisata Bukit Banyon, yang juga sering disebut dengan “Negeri di atas Awan”. Bukit ini berada di perbatasan antara Desa Widoro dan Desa Karanganyar, Kecamatan Gandusari, Trenggalek.

Wisata Bukit Banyon;Destinasi Wisata Trenggalek
Wisata Bukit Banyon (Sumber gambar: visit.trenggalekkab.go.id)
Yang menarik, dari perbukitan Banyon ini, anda bisa menikmati empat keindahan alam, yaitu matahari terbit, negeri di atas awan, matahari tenggelam, dan juga negeri bintang. Anda yang menyukai  berswafoto, tempat ini adalah tempat yang cocok untuk mengambil foto.

10. Pantai Pelang

Sebagai salah satu tempat tujuan wisata, Pantai Pelang ini memiliki objek wisata yang lengkap, yang merupakan perpaduan antara pantai, gua, air terjun, perbukitan dan juga hutan. Pantai Pelang berada di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek. Pantai ini memiliki relief yang landai dengan pasir yang berwarna coklat. Yang menarik, Pantai Pelang memiliki pulau batu yang berada di bibir pantai. Anda bisa menemukan sebuah air terjun, yang disebut dengan  Grobogan Sewu dengan ketinggian 25 meter. Selain itu juga terdapat gua yang bisa anda kunjungi, yaitu Gua Pelang. Sayang, karena gua ini belum dikembangkan sehingga tidak ada yang berani menyusuri gua tersebut.

Pantai Pelang;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Pantai Pelang (Sumber gambar: sharetempatwisata.com)
Baca juga: Top Destinasi Wisata Pacitan.

Pantai Pelang memiliki garis pantai dengan panjang 2 kilometer dengan luas 10 hektar. Karena belum dikembangkan, sehingga banyak larangan yang dipasang di sekitar pantai, misalnya untuk berenang, meskipun ombaknya relatif tenang, selain itu karena tidak adanya petugas yang berjaga.

11. Jurug Terbang

Jurug Terbang adalah nama air terjun yang berada di Desa Karang Rejo, Kecamatan Kampak, Trenggalek. Selain itu juga disebut denga Jurug  Tingkat, karena bentuk air terjun ini yang bertiongkat. Adapun ketinggian jurug, pada tingkat pertama memiiki ketinggian 30 meter dan pada jurug kedua mencapai 20 meter.

Jurug Terbang;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Jurug Terbang (Sumber gambar: tripjalanjalan.com)
Jurug Terbang termasuk salah satu air terjun yang sangat mempesona, dibawah air terjun juga terdapat kolam, yang memungkinkan anda untuk mandi dan bermain air.

12. Kedung Maron

Kedung Maron adalah sebuah wisata sungai yang terletak di Desa Salam Wates, Kecamatan Dongko, Trenggalek. Tempat wisata ini selalu ramai baik hari biasa maupun musim liburan. Kedung Maron memiliki panorama yang indah, yang merupakan perpaduan antara sawah dan juga Sungai Maron yang bersih dan alami.

Kedung Maron;Destinasi Wisata Trenggalek ;
Kedung Maron (Sumber gambar: yangrame.com)
Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, khususnya anda yang ingin melakukan destinasi wisata Trenggalek. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel