KULINER SURABAYA: ENAM KULINER NASI BABAT ENAK

Surabaya, bisa dikatakan kota ini memiliki berbagai kekayaan traveling dan kuliner yang luar biasa. Bahkan kalau membahas tentang kuliner, rasanya kuliner di Kota Surabaya tidak habis untuk dibahas. Banyak sekali sajian kuliner yang membuat kita tertarik untuk mencoba dan menikmati sajian kuliner di kota ini. Seperti saya, yang sangat menyukai berbagai sajian kuliner berbahan dasar dari sapi, seperti kikil sapi, babat atau bahkan jerohan sapi, semuanya sangat enak dan nikmat. Kali ini saya akan mencoba membahas salah satu sajian kuliner Surabaya, enam kuliner nasi babat enak, yang bisa menjadi referensi untuk menikmati sajian wisata kuliner di Kota Surabaya.

Berbicara tentang babat, bagi warga Jawa Timur, tidak asing mendengar nama babat. Babat sering menjadi sajian kuliner seperti soto babat, nasi babat dan berbagai sajian kuliner lainnya. Babat yang dimaksud disini adalah babat sapi, yang merupakan bagian dalam yaitu bagian akhir dari perut sapi. Pada umumya babat sapi memiliki tiga bagian yaitu rumen (selimut atau babat halus), retikum (saku babat) dan omasum (babat daun). Babat sapi yang juga merupakan bagian dari jeroan sapi, bila diolah bisa menjadi makanan yang sangat lezat.

Sebagai olahan kuliner yang lezat, khususnya dalam nasi babat. Babat sapi kaya akan gizi, misalnya protein, vitamin, lemak dan mineral. Namun bagi anda yang sangat menyukai jenis kuliner babat ini, harus berhati-hati karena babat mengandung kolesterol dan purin yang tinggi, sehingga tidak aman bagi yang memiliki penyakit asam urat. Dalam 100 gram babat, mengandung kolesterol 122 mg dan purin 470 mg.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Nasi Babat

Di Kota Surabaya sendiri terdapat banyak sekali kuliner nasi babat yang enak, yang tersebar di seluruh penjuru kota Surabaya, yang pasti cacatan dibawah ini adalah hasil referensi dari berbagai sumber, antara lain sebagai berikut:

1. Nasi Babat Cak Yasin. Kuliner ini berlokasi di Jalan Raya Dukuh Kupang No. 30, Surabaya Barat. Biasanya buka mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00. Dahulu nasi babat Cak Yasin hanya buka saat malam saja. Menu nasi babat Cak Yasin sangat sederhana, dengan potongan babat yang telah digoreng dan disajikan dengan nasi putih, ditambah lagi dengan daun kemangi dan mentimun. Selain itu juga terdapat tambahan sambal korek untuk menambah kenikmatan nasi babat ini. Rasanya yang gurih, dan lembut menjadikan anda ingin mencoba lagi nasi babat ini. Menurut Mat Yasin, rahasia membuat babat tidak berbau dan tidak alot terletak pada cara pengolahannya, yaitu sebelum digoreng, babat tersebut dicuci, baru kemudian direbus. Proses tersebut diulang tiga kali agar tekstur babat menjadi lembut. Baru kemudian babat direbus dengan bumbu selama 5 jam.

Kuliner Khas Surabaya – Kenikmatan Kuliner Nasi Babat
Nasi Babat Cak Yasin (Sumber Gambar: hersyafrontoneinnsurabaya.com)
2. Nasi Babat Bu Hamina. Nasi babat ini berlokasi di Jalan Pegirian, Surabaya, dan buka mulai 07.00 sampai dengan pukul 18.00. Nasi babat ini mulai buka sejak tahun 2007. Selain nasi babat sebagai sajian menu favorit di tempat kuliner ini, juga terdapat menu khas masakan Madura. Khusus untuk menu nasi babat, disajikan bersama nasi putih dan babat disiram dengan bumbu kuning yang gurih, ditambah dengan mie, serundeng dan sambal korek. Berbeda dengan tempat kuliner lainnya, pengolahan babat yang dilakukan Bu Hamina juga berbeda, setelah dua kali proses pembersihan dan perebusan, babat dimasak dengan bumbu kuning khas Madura, yang direbus empat sampai lima jam.

Nasi Babat Bu Hamina (Sumber Gambar: food.detik.com)
Baca Juga: Lima Kuliner Kikil Sapi Enak di Surabaya.

3. Nasi Babat Pak Lurah. Lokasinya berada di Jalan Arjuno No. 148B , tepatnya sekitar 500 meter dari lampu merah Jalan Raya Arjuno dan buka hanya waktu malam saja mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 24.00. Yang menarik nama Pak Lurah, dikarenakan suami pemilik warung nasi babat ini memang menjabat sebagai Pak Lurah di Sawahan Surabaya. Berbeda dengan nasi babat lainnya. Nasi babat Pak Lurah menggunakan sambal dabu-dabu yang menjadi ciri khas disini. Sambal ini berbahan ulekan cabai rawit yang segar dan juga tidak digoreng.

Nasi Babat Pak Lurah (Sumber Gambar: Motorrio.com)
4. Nasi Babat Mbok Lemu. Tempat kuliner ini berlokasi di Jala Raya Darmo Permai I No. 33, Surabaya dan buka mulai pukul 20.00 sampai dengan pukul 24.00. Tentunya babat menjadi kuliner favorit disini, namun juga disediakan sajian kuliner lainnya, antara lain paru dan usus goreng. Sajian khas babat disajikan saat hangat, apalagi dengan babatnya yang tebal, dan juga disajikan dengan serundeng, lalapan dan sambal khas Madura yang terkenal pedas.

Nasi Babat Mbok Lemu (Sumber Gambar: sasmitaedo)
5. Nasi Babat Cak Poer. Kuliner ini berada di Jalan Kedungdoro No. 183A Surabaya, dan buka mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 22.00. Kalau anda kebingungan dengan lokasi nasi babat ini, anda bisa melihat warung yang menggunakan motor roda tiga, yang juga disediakan kursi plastik dan lesehan sederhana. Yang menarik, di nasi babat ini disediakan dua jenis nasi yaitu nasi jangung dan nasi putih. Sajian utama nasi babat disajikan bersamaan dengan sambal bawang dengan campuran tomat. Menurut Yazid Machmudi, memiliki cara yang berbeda dalam mengolah babat, dengan cara, babat tersebut direbus dalam panci presto selama dua jam, kemudian direbus lagi bersamaan dengan bumbu yang telah dihaluskan, bumbu yang dipakai untuk merebus sama dengan bumbu untuk menggorang bebek.

Nasi Babat Cak Poer (Sumber Gambar: Nur Rochmah - ‎Grup Kuliner Surabaya)
6.  Nasi Babat Ngagel Jaya. Lokasinya berada di Jalan Ngagel Jaya Selatan No. 141, Barata Jaya, Surabaya dan buka mulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 24.00. Berbeda dengan sajian kuliner nasi babat di tempat lainnya, nasi babat yang disajikan memiliki ciri khas dengan cita rasa manis. Dalam satu porsi terdapat nasi babat manis, ditambah dengan serundeng, bumbu kuning dan sambal.

Nasi Babat Ngagel Jaya (Sumber Gambar: sbykulinerinfo)

Kuliner Surabaya 2019

Dengan berbagai pilihan sajian kuliner yang ada di Surabaya, menjadikan kita bisa memilih sajian kuliner mana saja yang sesuai dengan selera. Nasi babat saat ini memang menjadi pilihan kuliner menarik yang bisa dinikmati, khususnya anda yang akan dan ingin menikmati wisata kuliner di Kota Surabaya. Setidaknya anda sudah memiliki informasi yang pas untuk memilih tempat kuliner yang enak dan nikmat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel