KULINER NUSANTARA: “RENYAHNYA KERIPIK SINGKONG”

Kali ini kita akan mencoba menggambarkan kuliner yang ada di kehidupan kita sehari-hari, yang sering kita nikmati dan kita makan. Sebenarnya bisa dikatakan bukan sebagai makanan utama namun hanya sebagai camilan. Camilan ini berasal dari singkong, yang kalau dijual dalam bentuk mentah harganya sangat murah, namun kalau berubah bentuk menjadi barang jadi hasil olahan menjadi memiliki nilai tambah.

“Keripik Singkong”, keripik ini adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diolah berbentuk irisan tipis yang kemudian digoreng. Keripik yang beredar di pasaran biasanya memiliki rasa asin dan gurih. Meskipun saat ini terdapat modifikasi dan variasi keripik singkong dengan rasa pedas, manis pedas (rasa bumbu balado), namun banyak yang masih suka dengan ras original yaitu rasa asin gurih beraoma bawang.

KULINER NUSANTARA: “RENYAHNYA KERIPIK SINGKONG”
Keripik Singkong

Usaha Kuliner Nusantara – Olahan Singkong

Saat ini olahan keripik cukup berkembang dan bahkan dikemas secara modern dengan menggunakan desain dan kemasan yang menarik, dan menjadikan rasa penasaran untuk menikmatinya, bisa disebut antara lain, Maicih, Karuhun, Keripik King Kong, Kusuka dan berbagai keripik dengan berbagai merek yang beredar di warung atau toko modern disekitar kita.

Usaha Kuliner Nusantara – Olahan Singkong
Keripik Singkong
Secara umum keripik dari singkong dibuat dengan tahapan yang hampir sama, yaitu mulai dari tahap penggorengan (sebelumnya ada yang memakai proses penjemuran), baru kemudian pencampuran dengan bahan rasa sesuai selera.

Baca Juga : Keripik Singkong Kusuka.

Kuliner Jajanan Nusantara – Gurihnya Keripik Singkong

Di Kota Probolinggo juga terdapat jenis olahan rumah tangga yang bisa dinikmati, misalnya Keripik Singkong dengan merek “Ayes”. Keripik ini dibuat dengan cara tradisonal dan sistem pemasarannya dengan dititipkan ke toko-toko atau warung-warung. Dan ternyata memang keripik singkong ini merupakan produk makanan ringan yang digemari para konsumen. Rasanya yang renyah dan harganya murah, seperti produk keripik AYES ini dibandrol dengan harga Rp. 4.000 per bungkus.

Usaha Kuliner Nusantara – Olahan Singkong
Keripik Singkong merek “Ayes”
Dengan harga yang murah dan rasanya yang renyah memang cocok sekali untuk menemani kita diwaktu santai sambil  minum teh atau kopi.

Untuk Keripik Singkong “Ayes” saat ni bisa dibeli di Angkringan Cak Kasan di Jl. DI. Panjaitan No. 7 Ruko Panjaitan Palace, Kota Probolinggo, dengan harga Rp. 4.000,- per bungkus.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel