KOPI SINGLE ORIGIN JAVA TAMAN DADAR SEBUAH KENIKMATAN KOPI DARI SITUBONDO

Posted on

Aroma harum kopi di pagi hari selalu membuat hati kita bersemangat, secangkir nikmat kopi serasa membuat adrenalin kita terpacu untuk melakukan aktivitas terbaik di pagi itu. Sebagai pecinta kopi, tentunya menyeduh kopi sendiri, serasa membelai bayi yang sedang bangun dan senyumnya yang menghiasi bibirnya, membuat kita menyayangi kopi seperti kenikmatan kopi tiada akhir. Satu lagi jenis kopi yang berhasil saya dapatkan dari sebuah kota di timur Propinsi Jawa Timur, membuat saya bisa mencoba suguhan kopi nikmat tersebut. Kopi single origin Java Taman Dadar sebuah kenikmatan kopi dari Situbondo menjadi sebuah ide menarik di artikel blog ini.

Banyak sekali jenis kopi yang beredar di pasaran, terutama di Indonesia, kopi menjadi sebuah minuman menarik yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat. Di masyarakat, kopi yang beredar adalah kopi kemasan, juga kopi instan sachet buaatan pabrik, selain harganya murah, dan cepat dalam proses pembuatan. Berbeda dengan kopi yang dinikmati para pecinta kopi yang kebanyakan adalah kopi asli atau disebut juga dengan kopi single origin, kopi jenis ini menjadi favorit bagi mereka yang mengidolakan kopi single origin.

Kopi Single Origin Adalah Kopi Nikmat Para Pecinta kopi

Kopi single origin, saat ini menjadi kopi pilihan para pecinta kopi, sebutan kopi single origin ini lebih mengarah pada asal mula kopi dan tempat pertama kali kopi tersebut berasal. Single origin berarti kopi yang didapatkan dari satu wilayah atau kopi yang ditanam di suatu wilayah geografis yang sama. Tidak terdapat aturan baku tentang label kopi, khususnya tentang kopi single origin, apalagi setiap daerah penghasil kopi memiliki kopi dengan karakter yang berbeda-beda, dan memiliki taste kopi yang berbeda juga.

KOPI SINGLE ORIGIN JAVA TAMAN DADAR SEBUAH KENIKMATAN KOPI DARI SITUBONDO
Kopi Java Taman Dadar & Goat Mug

Bagi saya, kopi single origin menjadi sebuah pilihan nikmat dalam menikmati kopi, apalagi Indonesia memiliki daerah penghasil kopi yang luar biasa banyaknya, sehingga kita bisa mencoba berbagai jenis kopi tersebut. Kopi single origin sebenarnya bisa berasal dari satu perkebunan kopi, atau bisa juga dari beberapa perkebunan kopi namun masih dalam satu daerah, atau kopi yang dihasilkan oleh perkebunan kopi di negara yang sama.

Kopi Single Origin Terbaik, Kopi Java Taman Dadar dari Situbondo

Kali ini saya mencoba jenis kopi baru yang saya pesan dari seorang teman yang kebetulan memiliki usaha roasting dan cafe di daerah Situbondo. Kalau biasanya saya menikmati single origin Arabika Toraja atau pun single origin arabika, seperti Java Arabika, Mandheling, Lintong atau beberapa kopi single origin lainnya, kali ini saya mendapatkan kesempatan mencoba satu kopi dari Situbondo.

Kopi Single Origin Terbaik, Kopi Java Taman Dadar dari Situbondo
Kopi Java Taman Dadar

Kopi Single Origin Taman Dadar ini adalah kopi yang ditanam di perkebunan rakyat, yang saat ini telah dikembangkan dengan luas lahan 1.029 hektar. Dan jenis kopi yang ditanam adalah jenis kopi Arabika yang telah dikembangkan mulai tahun 1994, karena kopi arabika sangat sesuai ditanam pada ketinggian 600 sampai dengan 1500 meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan 1300 –  200 mm/tahun, yang dimiliki oleh dataran perkebunan di Desa Kayumas dan Desa Curah Tatal. Jenis kopi arabica tersebut memang mendominasi hamparan perkebunan di Desa Kayumas dan Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo.

Kopi Single Origin Java Taman Dadar memiliki cita rasa manis dengan sedikit aroma rempah, namun tetap memiliki taste khas kopi arabica dengan rasa sedikit asam. Untuk mendapatkan Kopi Single Origin Java Taman Dadar, anda bisa mendapatkan kopi hasil roasting dan grinding dari Kedai Cangkir Luwak di Situbondo, yang fokus pada penyediaan kopi single origin, yang berlokasi di Jalan PB. Sudirman, Karangasem, Patokan Sitobondo, Jawa Timur, dengan nomor handphone untuk pemesanan kopi di nomor 0852 1538 5231.

Gravatar Image
Seorang pecinta kuliner, penikmat kopi, sedikit traveling dan senang pada entertainment dan life styles. Juga menulis tentang entrepreneur pada web blog yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *